9 Software Open Source Linux Penting untuk Desain dan Video Editing

2210 views

Sebelumtidur.Com – Mahalnya software-software asli memang kadang membuat kita nangis batin. Mau nge-crack, sudah pasti enggan sebab tidak berkah. Maka, semoga  info 9 Software Open Source Linux Penting untuk Desain dan Video Editing bisa lebih melegakan.

Hanya ya memang, namanya alternatif itu:

  • Tidak 100 % sama dengan kualitas software versi windowsnya, akan tetapi ketika benar benar paham cara menggunakannya. Software open source bahkan bisa meng-ungguli hasil yang di generate oleh pemakai software utamanya sekalipun

    9 Software Open Source Linux Penting untuk Desain dan Video Editing

    Tabel Software Windows dan Open Sourcenya

  • Ada keterbatasan fitur di software open source, kadang tidak selengkap versi windows. Tapi kadang juga malah lebih lengkap sih. Biasanya malah saling melengkapi, di versi windows tidak ada, di versi opensource malah ada
  • Fokus ke hasil akhirnya, meski langkah kerjanya berbeda. Tentu saja software windows kadang kita sudah biasa menggunakannya. Jangan dipaksakan versi open sourcenya kudu ada. Kita harus secara fair menempatkan versi open source ya sesuai penempatannya.
  • Gratisan / Open Source bukan berarti tidak berkualitas. Apapun softwarenya, yang penting adalah man behind the software. Kualitas orangnya. Ada banyak designer pakai software open source tetapi hasilnya sangat sangat berkualitas
  • Yang jelas halal. Tanpa crack, tanpa beli alias bayar bayar. Asal pilih yang updatenya aktif, itu software bakal sangat bernilai buatmu. Syukur ikut kirim donasi buat pengembangannya.

Apa Saja Software Windows dan Alternatif Open Sourcenya Full di Linux untuk dunia desain dan Video Editing?

Saya garis bawahi dulu. Meski disini dibahasakan pemisahan jadi dua, versi windows dan versi linux, akan tetapi beberapa software biasanya juga support selain dari dua itu. Misalnya bisa dipakai di mac (meskipun konon awalnya mac dibangun dari linux juga dulunya).

Baik, mari kita kupas satu satu. Apa saja softwarenya:

  • Alternatif untuk software Adobe After Effect = Natron
  • Alternatif untuk software Adobe Photoshop= Gimp
  • Alternatif untuk software Adobe Premiere = Lightworks
  • Alternatif untuk software Adobe Lightroom= Raw Therapee
  • Alternatif untuk software Adobe Dreamweaver= Blue Fish
  • Alternatif untuk software Coreldraw = Inkscape
  • Alternatif untuk software 3DsMax = Blender
  • Alternatif untuk software Ms Office = Libre Office
  • Alternatif untuk software AutoCAD = OpenSCAD

Detailnya googling aja nama nama itu. Anda bisa langsung download dan menggunakannya secara gratis, halal, tanpa harus bayar mahal mahal.

Whats, Lalu apakah kalau sudah pakai opensource kita tak perlu beli yang versi Windows?

Sesuai kebutuhan dan budget yang dirimu mampu. Diluar software di atas, sebenarnya ada sarana untuk desain tanpa harus ribet memikirkan detail teknisnya. Pakai saja Canva.com yang akan sangat membantumu menyelesaikan aneka tugas desain desain.

Meskipun canva ada versi berbayarnya, hanya kita gunakan versi gratisan saja aslinya sudah jauh lebih dari cukup. Atau kalau buat sekedar editing dasar, kita bisa mempergunakan software seperti Photoscape dan Pixlr.

Software asli versi windows memang kadang lebih istimewa, bisa jadi karena memang kita sudah terlanjur sejak awal memulai pakai itu saja. Ketika kita sungguh sungguh, memakai software software open source, insya Allah tetap bisa berkarya dengan hasil yang maksimal.

Semoga postingan 9 Software Open Source Linux Penting untuk Desain dan Video Editing bisa menginspirasi Anda. Ingat di sharekan ya ke rekan rekanmu, agar mereka bisa memetik banyak manfaatnya. Anda sendiri bisa dapat amal jariyah.

Advertisements

Tags: #Alternatif Adobe After Effect #Alternatif Adobe Photoshop #Alternatif CorelDraw #Software Open Source

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?