aplikasi sosial media paling populer
aplikasi sosial media paling populer

5 Aplikasi Sosial Media Paling Populer Yang Menjadi Trend Dunia

Posted on

Sebelumtidur.comAplikasi sosial media paling populer saat ini banyak dicari dan dipakai masyarakat umum di belahan dunia. Namun terkadang sosial media digunakan sebagai alat kejahatan sosial di dunia maya atau yang disebut dengan cyber crime.

Cyber crime adalah sebuah tindakan kejahatan di dunia maya yang banyak merugikan pengguna sosial media. Kebanyakan pelaku cyber crime memiliki motif coba-coba dalam melakukan tindakannya.

Tindakan cyber crime  yang biasanya terjadi yaitu  hacking, cracking, spamming, defacing, phising, dan  carding. Kejahatan di dunia maya ini akan kita bahas selanjutnya.

Aplikasi Sosial Media Paling Populer

Secara umum sosial media dapat diartikan sebagai sebuah saluran atau sarana untuk pergaulan sosial yang dilakukan secara online melalui jaringan internet.

Para pengguna sosial media disebut sebagai user bisa melakukan komunikasi berupa berbalas pesan, mengirim gambar, mengirim audio, dan saling berbagi yang membuat suatu jaringan.

Okeee langsung kita bahas macam macam sosial media dan penjelasannya.

1. Facebook

aplikasi sosial media paling populer

Facebook salah satu layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada Februari 2014. Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna Facebook dapat membuat profil pribadi, menambahkan foto profilnya, menambahkan pengguna lain, dan melakukan perpesanan.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg yang merupakan mahasiswa Univercity of Harvard. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada khalayak umum yang minimal berusia 13 tahun. Entertainment Weekly menempatkan Facebook sebagai sosial media terbaik.

Bisa disebut memang Facebook adalah sosial media yang bisa digunakan untuk apa saja, seperti mengintip profil orang lain, membagikan kenangan, mengingat ulang tahun teman, membuat acara, dan lain sebagainya yang mungkin tidak dimiliki sosial media lainnya.

2. Twitter

Aplikasi sosial media paling populer selanjutnya yaitu Twitter. Sudah tidak asing lagi dengan sosial media yang satu ini. Pengguna Twitter saat ini sudah mencapai 500 juta lebih yang terus bertambah setiap harinya. Jack Dorsey adalah orang yang pertama kali memperkenalkan Twitter di perusahaan Odeo.

Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest. Pengguna Twitter meningkat dari 20 ribu kicauan per hari menjadi 60 ribu kicauan pada saan acara tersebut. Logo Twitter diber nama “Larry the Bird” yang diluncurkan pada tanggal 5 Juli 2012.

Twitter masuk dalam 10 web yang paling sering dikunjungi oleh penduduk di seluruh dunia. Berita ini muncul pada trafik web analisis Alexa. Pada bulan Maret 2009 Twitter sebagai situs yang tumbuh tercepat dalam kategori Komunitas Anggota.

Twitter memiliki pertumbuhan bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008 menjadi 7 juta pada Februari 2009.

3. Whatsapp Messenger

aplikasi sosial media paling populer

Whatsapp didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton yang sebelumnya bergabung di Yahoo selama 20 tahun. Whatsapp bergabung dengan Facebook pada tahun 2014, tetapi beroperasi sebagai aplikasi yang terpisah.

Salah satu aplikasi sosial media terbaru 2016 yang sudah mengalami pembaruan di tahun 2017 ini yaitu whatsapp.

Lebih dari 1 miliar orang di lebih dari 180 negara menggunakan whatsapp. Whatsapp menawarkan kemampuan mengirim pesan dan melakukan panggilan yang sederhana, aman, dan reliabel. Whatsapp juga tersedia untuk telepon di seluruh dunia.

Whatsapp saat ini mendukung untuk mengirim dan menerima berbagai macam media, seperti teks, foto, video, dokumen, dan lokasi, whatsapp juga melayani panggilan suara dan voice call.

Whatsapp membawa tujuan agar orang-orang dapat berkomunikasi dimanapun di seluruh dunia tanpa ada batasan.

4. Instagram

Yang suka membagikan foto-foto pribadi maupun foto keseharian atau foto unik nyentrik dan penuh dengan sensasi, sosial media Instagram adalah salah satu pendukungnya.

Instagram saat ini ramai digunakan untuk media marketing, karena kemudahan dalam memposting gambar yang dapat diedit secara langsung memalui Instagram. Fenomena yang muncul setelah adanya sosial media Instagram ini yaitu orang-orang ramai mempromosikan akunnya agar mendapat follower yang banyak.

Ketika seseorang sudah memiliki banyak follower dapat dikatakan bahwa orang tersebut memiliki reputasi yang menarik sehingga akan banyak vendor yang berniat memasang iklan di akun tersebut.

Instagram bisa disebut juga aplikasi sosial media terbaru yang mengusung konsep memudahkan praktisi fotografi dalam membagikan karya-karyanya.

Pengguna Instagram harus siap dengan kuota yang besar jika terus berselancar di sosial media ini karena foto dan video yang diunggah biasanya memiliki kapasitas yang besar dan memakan kuota.

5. Line

aplikasi sosial media paling populer

Macam macam sosial media selanjutnya yaitu Line. Keunikan pada sosial media Line yaitu ketika kita mau memberikan tanggapan pada postingan orang lain, bukan menggunakan tanda love, jempol atau lainnya, melainkan dengan emoticon Line itu sendiri.

Line populer di smartphone android, tab, iPhone, dan di BB juga bisa menggunakan Line.Para pengguna Line membutuhkan data internet yang cukup tinggi, mengapa begitu??

karena ketika kita menggunakan data internet yang rendah lalu melakukan chatting maupun video call akan terganggu dan tidak stabil, jadi disarankan menggunakan data internet tinggi seperti 3G, 4G, LTE, maupun WIFI.

Line menyediakan tema-tema lucu maupun emoticon yang banyak untuk memberikan rasa asik ketika chatting atau video call. Tidak lupa Line juga menyediakan free call tanpa pulsa melainkan menggunakan data internet.

 

Pasti kalian sudah punya ke 5 aplikasi sosial media paling populer itu, yukkk share apa kalian pernah kena Penipuan lewat sosial media itu ??

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?