bagian-bagian hati manusia, bagian-bagian hati dan fungsinya, fungsi hati manusia

Bagian-bagian Hati Dan Fungsinya Ini Wajib Kamu Tahu!

Posted on

Bagian-bagian Hati dan Fungsinya Ini Wajib Kamu Tahu, adalah sebagai topik pembahasan kita kali ini. Pembahasan kali ini tentu tidak kalah pentingnya dengan pembahasan tentang 7 nama penyakit yang berhubungan dengan darah dan jantung. Pembahasan seputar kesehatan ini akan kita semua semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan bagi tubuh kita. Sehingga membuat kita untuk terus menerapkan pola hidup sehat setiap saat.

bagian-bagian hati manusia, bagian-bagian hati dan fungsinya, fungsi hati manusia

Hati adalah salah satu organ penting bagi kelangsungan hidup manusia. Hati merupakan kelenjar terbesar yang berada dalam tubuh terletak dalam rongga perut sebelah kanan tepatnya di bawah diafragma. Berat hati sekitar 1300-1550 gram. Hati berwarna merah kecoklatan, terdapat pembuluh darah yang banyak dan bersifat lunak.

Bagian-bagian Hati Manusia

Hati manusia terbagi ke dalam empat bagian atau sering dikenal dengan lobus. Hati terdiri dari empat bagian atau lobus. Ada dua lobus utama yaitu lobus kanan dan lobus kiri. Lobus kanan lebih besar dari lobus kiri. Sedangkan dua lobus lagi yaitu lobus ekos dan lobus kuadrat. Dalam setiap lobus ini dibagi lagi ke dalam bagian-bagian fungsional yang lebih kecil, yang disebut dengan lobulus. Sebagian hati memiliki antara 50.000 sampai dengan 100.000 lobulus.

Fungsi Hati Pada Manusia

Setelah kita mengenal bagian-bagian hati maka selanjutnya kita akan bersama-sama mempelajari apa sih fungsi-fungsi hati yang kita miliki ini. Adapun fungsi-fungsi hati manusia diantaranya adalah,

1. Mengatur Gerakan Darah. Hati akan membuat aliran darah dalam tubuh berjalan dengan lancar dan aktivitas fisiologis semua organ serta jaringan tergantung padanya. Dalam mengatur gerakan darah lebih detailnya yaitu:

  • Memperlancarkan sirkulasi darah dan metabolisme cairan tubuh.
  • Membantu Limpa dan Lambung mencerna makanan. Hati mampu mengendalikan aktivitas limpa dan lambung serta menjamin tercapainya keseimbangan yang harmonis antara fungsi limpa dan lambung, sehingga pencernaan yang normal dapat berlangsung.
  • Mengatur Aktivitas mental. Keadaan normal ekspresi mental dapat berbentuk gembira, marah, takut, dan lain-lain. Aktivitas ini dikomandoi oleh jantung namun berhubungan erat dengan fungsi hati. Aktivitas mental sangat tergantung pada kecukupan darah dan kelancaran aktivitas darah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa hati dapat memperlancar aktivitas darah.
  • Mengatur Menstruasi Pada Perempuan. Masalah haid, kehamilan dan persalinan erat hubungannya dengan darah. Hati mengatur aktivitas darah sehingga darah dapat mengalir ke uterus dan memenuhi kepentingan mentruasi, kehamilan dan persalinan.

2. Menyimpan dan mengontrol Darah. Hati memerlukan darah untuk menghidupi dirinya sendiri. Dengan nutrisi yang cukup, akan ada kecukupan cairan hati, sehingga bisa menghidupi jaringan dan organ seluruh tubuh sehingga aktivitas fisiologi organ dan jaringan menjadi terjamin.

3. Detoksifikasi (mengeluarkan racun). Hati mampu memusnahkan racun seperti obat tidur, alkohol. Namun keracunan obat pada dosis besar dapat merusak hati, termasuk bahan kimia lainnya.

4. Menguasai Tendon. Karena hati mengatur jumlah darah dalam peredaran, maka hati juga mengendalikan nutrisi otot tendon dan ikatan sendi tulang, menjamin pergerakan lembut dari persendian dan sambungan.

5. Memelihara dan Memberi Nutrisi Mata. Peran hati dalam mengatur jumlah aliran darah di dalam sirkulasi dan salah satu pembuluh kecil dari meredian hati memasuki mata. Jika fungsi hati lemah, maka mata akan kering, berpasir, pandangan buram dan ada noda. Meski demikian banyak organ lain yang mempengaruhi mata, sehingga tidak semua permasalahan mata disebabkan oleh hati.

Demikianlah uraian bagian-bagian dan fungsi hati kita. Dengan mengetahui hal ini akan membuat kita untuk semakin berhati-hati dalam memelihara hati kita. Karena ternyata keberadaan hati ini sangatlah vital dalam tubuh kita. So, pesan dari Sebelumtidur.com tetap terapkan pola hidup sehat ya, pertahankan dan tingkatkan kawan. Salam sehat buat kita semua,, 🙂

Topik Bahasan:

Cari bagian bagian hati, fungsi lobus kanan dan kiri pada hati, Bagian hati, bagian bagian hati dan fungsinya, bagian hati dan fungsinya, fungsi lobus kanan, fungsi lobus hati, fungsi lobus kanan pada hati, bagian bagian hati manusia, fungsi bagian bagian hati. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?