Cara melatih otak kanan dan kiri agar seimbang
Cara melatih otak kanan dan kiri agar seimbang

7 Cara Melatih Otak Kanan dan Kiri Agar Seimbang, No.7 Superrr Bangettt

Posted on

Sebelumtidur.com – Membahas otak emang bikin pusing yaa he hee, tapi kamu harus tau nihh kalau ternyata di otak itu banyak sekali rahasia yang belum terungkap. Otak kanan dan otak kiri yang satu tapi ternyata jauh beda fungsinya. Cara Melatih Otak Kanan dan Kiri agar Seimbang bisa jadi solusi kebingungan kamu.

Cara melatih otak kiri dan kanan emang jarang dipelajari orang, kenapa? Yaa masih banyak yang beranggapan otak kanan aja yang perlu dikembangin, kalau otak kiri sudah berkembang dari sononya ha haa. Gak begitu yaa, semua harus dilatih agar seimbang.

Permainan melatih otak kanan sudah banyak juga nihh, tapi tau gak kalau otak kiri itu cemburu kalau kita fokus sama otak kanan terus? Yaa semua harus diseimbangkan yaa.

Cara Melatih Otak Kanan dan Kiri agar Seimbang

Ada penelitian ilmiah bahwa kalau kita sering melatih otak akan semakin cepat pula otak berkembang dan beroperasi pada tingkatan yang lebih tinggi. Namun semua tergantung pada diri sendiri yaa. Yukk kita simak cara melatih otak kiri dan kanan,

1. Latihan Ned Herman

cara melatih otak kiri dan kanan
Cara melatih otak kiri dan kanan

Melatih keseimbangan otak kanan dan otak kiri bisa dilakukan dengan cara yang terpisah, mulanya kita melatih otak kanan dulu yaa, caranya:

  • Memahami perasaan hewan
  • Bermain dengan tanah liat
  • Bermain dengan anak anak tapi mengikuti permainan yang mereka ciptakan
  • Menyisihkan waktu 10menit tiap hari untuk mendengarkan perasaan
  • Menyesatkan diri pada suatu jalan lalu berusaha menemukan jalan tembusnya

Ada juga yaa cara menyehatkan otak kanan agar lebih cemerlang. Kanan dan Kiri sama sama memiliki fungsi yang penting yaa.

Setelah belajar otak kanan yang unik sekarang kita latih otak kiri dengan cara:

  • Belajar bahasa asing
  • Mengusahakan tepat waktu setiap hari
  • Mengisi teka teki silang
  • Tidak menggunakan kalkulator
  • Mengatasi masalah masalah dengan analisa yang cermat

2. Latihan Raymond Dart

Menurut Raymond Dart salah satu ilmuwan yang mempelajari otak, beliau menganggap kalau melakukan aktivitas secara seimbang selama sehari maka secara tidak langsung sudah melatih otak kanan maupun otak kiri.

Koordinasi dua sisi tubuh akan semakin meningkat kesatuannya dan menjaga keseimbangan penggunaan dua belah otak. Cara yang bisa dilakukan:

  • Mencoba menulis dan menggambar dengan kedua tangan secara serempak
  • Mencoba menulis di depan cermin
  • Menulis dengan menggunakan tangan yang biasany tidak dipakai untuk menulis

3. Latihan Doug Hall

Doug Hall memberikan 2 metode untuk menyeimbangkan fungsi otak kanan maupun fungsi otak kiri, metode tersebut yaitu:

  • Mengungkapkan ide

Ungkapkan ide dengan arah yang benar dan diperinci untuk merealisasikan ide tersebut. Bila perlu melakukan pengujian ide tersebut sebelum diajukan. Ide bisa muncul dimana saja dan kapan saja tapi harus mampu menjabarkan ide tersebut.

  • Mengumpulkan stimulasi

Mengumpulkan stimulasi atau segala sesuatu yang merangsang otak yang berkaitan dengan masalah diri. Bisa juga dengan mengumpulkan stimulasi yang tidak berkaitan dengan masalah.

4. Latihan Tombol Imbang

permainan melatih otak kanan
Permainan melatih otak kanan

Cara melakukan latihan yaitu dengan menyentuh pusar selama 30 detik dan tangan satunya menyentuh belakang telinga, cukup masing masing 2 jari saja. Lakukan secara bergantian antara satu tangan dengan tangan lainnya.

Selama melakukan kegiatan kepala tetap menghadap ke depan dan gerakan yang dilakukan membuat rileks dan nyaman.

Manfaat melakukan ini yaitu melatih kewaspadaan, memusatkan perhatian, berkonsentrasi, berlatih berfikir asosiatif, dan membantu dalam mengambil keputusan.

Melatih otak kanan dan kiri secara seimbang ternyata jadi Rahasia cara mendidik anak agar cerdas sejak dini ehh juga rahasia jenius. Otak memang menjadi pusat pemerintahan dalam tubuh kita yaa.

5. Latihan Specific Crawl

Selanjutnya cara melatih otak kanan dan kiri agar seimbang yaitu dengan latihan specific crawl. Gerakan tangan kiri dengan kaki kanan, lalu dibalas dengan gerakan tangan kanan serentak dengan kaki kiri. Dilakukan berulang ulang yaa.

Seharusnya siku tangan menyentuh lutut. Iringi pula dengan lagu favorit. Tujuan gerakan ini yaitu menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan kanan. Gerakan ini dapat membantu pikiran untuk membuka pikiran terhadap hal hal yang baru.

Gerakan ini bisa kamu coba selama 10 menit setiap harinya, lakukan sebanyak 15 gerakan yaa.

6. Latihan Thumb Game

Permainan melatih otak kanan dan kiri dengan cara mengacungkan jempol tangan kanan dan kelingking tangan kiri, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kiri.

Lalu acungkan jempol tangan kiri dan kelingking tangan kanan sambil menyorong kedua belah tangan ke arah kanan.

Apa sih fungsinya? Permainan ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. Lakukan permainan ini 2 menit setiap hari, bisa dilakukan setelah selesai makan siang.

7. Latihan Pengisi Energi

Latihan pengisi energi dapat dilakukan dengan duduk di kursi yang nyaman. Kedua lengan bawah dan dahi letakan pada meja. Tangan di taruh di depan bahu dengan jari jari menghadap sedikit ke dalam.

Tarik nafas secara perlahan dan rasakan nafas mengalir ke garis tengah. Angkatlah dahi lalu tekuk dan terakhir punggung atas. Tetap buka diafragma dan dada tetap terbuka dan batu tetap rileks.

Manfaat melakukan kegiatan ini yaitu mengembalikan vitalitas otak setelah melakukan kegiatan yang melelahkan. Bisa menghilangkan stress dan bisa meningkatkan konsentrasi. Bisa juga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan berfikir rasional.

 

Cara melatih otak kanan dan kiri agar seimbang akan sangat efektif kalau dilakukan dengan sering yaa. Kamu harus coba yaa karena kalau punya otak yang encer kan kamu sendiri yang untung.

Bagaimana sobat sebelumtidur.com tentang cara melatih otak kiri dan kanan enak juga kalau melakukan permainan melatih otak kanan dan kiri dilakukan bersama teman teman yaa.

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?