Cara mengobati demam berdarah
Cara mengobati demam berdarah

7 Cara Mengobati Demam Berdarah dengan Tradisional dan Ampuh

Posted on

Sebelumtidur.com – Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini sangat berbahaya jika tidak mendapatkan penanganan dengan segera. Cara mengobati demam berdarah tidak hanya lewak obat kimia loo, bisa juga dengan cara alami dan tradisional.

Ternyata demam berdarah bisa disembuhkan dengan istirahat yang cukup, banyak minum air putih, dan banyak makan buah. Bisa juga dengan bahan kimia obat, tapi obat kimia kita tau sendiri yaa banyak efek sampingnya. Obat tradisional demam berdarah menjadi solusinya.

Cara mengobati DBD secara alami biasanya orang orang memberi penderitanya untuk makan buah jambu biji. Yaa khasiat jambu biji memang bisa meringankan penderita sakit demam berdarah, tapi ternyata ada bahan alami lainnya loo yang bisa jadi obat tradisional demam berdarah.

Cara Mengobati Demam Berdarah

Selain perlu memeriksakan ke dokter, untuk mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah pasien bisa mengkonsumsi beberapa obat herbal berikut ini,

1. Buah Jambu Merah

obat tradisional demam berdarah
Obat tradisional demam berdarah

Cara mengobati demam berdarah yang pertama yaitu dengan jambum merah. Jambu merah mengandung serat, vitamin C, asam folat, antioksidan, dan lainnya.

Nahh ada penelitian juga yang menyatakan bahwa kandungan vitamin C pada buah jambu merah lebih besar 4x lipat dari jeruk.

Buah jambu merah memiliki antioksidan tinggi sehingga bisa menangkal berbagai jenis penyakit yang berbahaya. Dengan kandungan fitonutrein bisa membantu memelihara organ prostat. Jambu merah juga kaya dengan vitamin A.

Vitamin A dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga serta merawat sel sel tubuh. Jambu merah juga membantu penyerapan nutrisi pada usus karena mengingat kesehatan tubuh tergantung dari seberapa maksimal nutrisi yang bisa diserap tubuh.

2. Daun Pepaya

Daun pepaya terkenal dengan rasanya yang pahit, yaa rasa pahit tersebut dikarenakan ada kandungan senyawa alkaloid karpain. Sebenarnya kandungan ini bisa membantu untuk menurunkan demam, bisa juga untuk membunuh mikroba penyebab berbagai penyakit, dan menurunkan tekanan darah.

Wahh ternyata ada udah dibalik bakwan he he, ada manfaat yang luar biasa dibalik rasa pahit daun pepaya. Daun pepaya muda bisa untuk mengobati tekanan darah yang rendah, yaa pasien demam berdarah pasti tekanan darahnya menjadi turun.

Tapi untuk ibu hamil lebih baik jangan mengkonsumsi daun pepaya dalam bentuk apapun, karena bisa berbahaya untuk janinnya. Walaupun kadang saat awal kehamilan kadang ibu tidak paham kalau dirinya hamil. Nahh tanda tanda kehamilan sebelum telat menstruasi ini bisa jadi pertimbangan.

3. Temu Ireng

Cara mengobati demam berdarah selanjutnya yaitu dengan temu ireng. Temu ireng memiliki rasa pahit yang tajam dan juga bersifat dingin. Temu ireng sudah banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dengan bahan alami.

Beberapa khasiat temu ireng diantaranya membantu meluruhkan kentut, nahh yang gak bisa kentut bisa mengkonsumsi temu ireng yaa.

Temu ireng bisa meningkatkan nafsu makan anak, meluruhkan dahak, serta dapat membantu membersihkan darah dan rahim setelah proses melahirkan.

Menggunakan temu ireng untuk pengobatan dapat dilakukan dengan mudah yaitu menggunakan rimpang temu ireng lalu memotong motongnya, lalu dikeringkan. Agar kandungan minyak atsiri yang ada di temu ireng tidak hilang maka cukup diangin anginkan saja. Setelah itu bisa diseduh dengan air hangat. Mudah kann..

4. Air Kelapa

cara mengobati dbd secara alami
Cara mengobati DBD secara alami

Ada kepercayaan Jawa yang mengatakan kalau ibu hamil minum air kelapa dengan teratur bisa membuat janin di dalam rahimnya menjadi bersih dari bulu bulu halus. Entah benar atau tidak belum diketahui, kalau kamu tau share yaa di kolom komentar tentang hal tersebut.

Pasien demam berdarah akan merasakan dirinya seperti dehidrasi yang akut nahh air kelapa ini bisa menghilangkan dehidrasi. Air kelapa bisa menggantikan mineral dan cairan tubuh yang hilang karena penyakit demam berdarah. Minum air kelapa bisa juga untuk orang yang memiliki aktivitas padat.

Saat ini sudah banyak produk minuman yang menggunakan air kelapa sebagai bahan dasarnya, tapi kalau bisa minumlah air kelapa yang asli bukan yang dalam kemasan, yaa karena kalau sudah dikemas berarti kandungan air kelapa sudah tidak murni, ada pengawet di dalamnya.

5. Jus Jeruk

Siapa yang gak kenal dengan buah jeruk, semua kalangan dari anak anak sampai dewasa pasti kenal dengan buah jeruk ini. Buah jeruk ini sudah populer karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan membantu tubuh melawan berbagai penyakit.

Jeruk yang kaya vitamin C dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan menjadi pertahanan yang baik. Khasiat jeruk lainnya saat di buat jus ternyata jus jeruk memiliki sifat penyembuhan. Jeruk juga dapat mengobati anemia, nahh penyakit demam berdarah terlihat seperti anemia.

Jus jeruk menyediakan kuantitas vitamin C yang tinggi yang mampu meningkatkan penyerapan zat besi untuk dialirkan ke seluruh tubuh, dengan begitu kebutuhan nutrisi penderita dapat terpenuhi. Jus jeruk memang bisa jadi cara mengobati DBD secara alami.

6. Daun Kemangi

Daun kemangi biasa dikenal untuk lalapan, kalau makan ayam goreng atau ayam bakar atau lainnya biasanya daun kemangi tidak pernah absen untuk menemani. Daun kemangi kaya dengan nutrisi penting, mineral, dan vitamin, selain itu daun kemangi tidak mengandung kolesterol.

Tau sendiri yaa kolesterol menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung, gejala penyakit jantung harus diketahui sejak dini karena jika lalai bisa menyebabkan kematian di usia muda. Daun kemangi juga memiliki kandungan phytochemical.

Kandungan tersebut berfungsi untuk membantu secara alami mencegah kanker pada kulit, hati, paru paru, dan lidah. Daun kemangi mampu melancarkan aliran darah dan membantu pembuluh darah serta jantungnya secara rileks. Kandungan magnesiumlah yang membuat daun kemangi memiliki fungsi tersebut.

7. Daun Meniran

Cara mengobati demam berdarah yang terakhir dengan daun meniran. Merasa asing dengan daun meniran? Ciri ciri yang menonjol dari daun meniran yaitu daunnya mirip dengan putri malu, ada biji biji kecil yang ada di bawah daunnya. Meniran biasa tumbuh di tanah yang berair dan juga berpasir.

Daun meniran dapat menurunkan deman, caranya yaitu dengan menyeduh adun meniran dengan air hangat lalu diminumkan pada penderita, selain untuk dewasa bisa juga untuk anak anak.

Daun meniran juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh yang akan membuat orang menjadi lebih tahan terhadap penyakit.

 

Nahh itu tadi cara mengobati DBD secara alami, ada obat obat tradisional demam berdarah yang bisa ditemui dengan mudah disekitar kita, selain aman juga tidak memiliki efek samping yaa.

Semoga bermanfaat

Topik Bahasan:

Cari tips sabar dlm islam, kta cinta aku wes ra butoh jnjimu, kebiasaan rosul allah sebelum tidur, kata mutiara suami kepada istri, kata kata bahasa jawa buat diri sendiri, hadist tentang istri yang taat kepada suami com, geguritan singkat dengan makna, ciri ciri hamil duluan, buat buku pengeluaran xlx, arti bahasa jawa whatapp. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?