Ciri ciri kucing sakit demam

Kucing Gak Mau Makan Jangan Jangan Dia Kena Penyakit Ini

Posted on

Sebelumtidur.com – Kamu punya kucing di rumah? Dia gak mau makan? Atau mungkin dia terlihat lemas terus dan gak mau gerak? Waspadai kucing kamu kena penyakit yaa. Bisa saja kucing kamu terkena demam, Kamu harus tau yaa Ciri Ciri Kucing Sakit Demam.

Kucing demam bisa saja dia terinfeksi penyakit toxoplasma, nahh penyakit ini ada di usus kucing yang berupa parasit parasit jahat. Kamu harus hati hati karena penyakit ini bisa menular kepada manusia. Media penularan bisa berupa bulu, tinja, dan tempat makan kucing.

Kalau kamu gak tau ciri ciri kucing mau mati atau minimal ciri ciri kucing sakit demam kamu gak tau kalau sebenarnya dia terkena penyakit.

Duhh padahal sudah disayang sayang ternyata bawa penyakit. Kucing sakit keluar air liur itu tanda yang paling mudah yaa.

Ciri Ciri Kucing Sakit Demam

Kucing sakit tidak mau makan karena merasakan badannya tidak normal, ada beberapa gangguan di dalam tubuhnya. Penyakit yang ada pada kucing tidak akan menular ke tubuh kamu kalau kamu tau dengan betul ciri ciri kucing mau mati atau sakit demam, yukkk simak ulasannya disini,

1. Badan Kucing Panas

ciri ciri kucing mau mati
Ciri ciri kucing mau mati

Ciri ciri kucing sakit demam yang paling mudah dikenali yaitu badan kucing terasa panas, suhu badan tidak seperti biasanya. Suhu badan untuk tubuh kucing yang normal yaitu sekitar 36-39 derajat celcius, tapi ketika dia terkena demam suhu akan naik sampai diatas 39,1 derajat celcius.

Untuk mengetahui suhu pastinya bisa gunakan termometer jadi bukan cuma dirasa rasa saja yaa. Seperti pada manusia umumnya yaa, kalau terkena demam maka badan akan panas semua tapi yang merakasan atau pasien malah merasa kedinginan.

Jika suhu badan kucing kamu sudah mencapai diatas 39,1 lebih baik kamu bawa dia ke dokter hewan. Penanganan dengan cepat saat kucing sakit juga menguntungkan untuk diri sendiri yaa, biar tidak ada yang tertular penyakit penyakit aneh dari kucing jika ternyata dia mengidap penyakit tersebut.

2. Pup-nya Cair atau Encer/ Kucing Diare

Penyebab demam pada kucing salah satunya yaitu pencernaan yang bermasalah. Gejala yang timbul dari pencernaan yang tidak sehat yaitu kucing akan mencret dan mengeluarkan pup yang cair. 

Pencernaan yang terganggu berasal dari makanan yang dia makan, jika kucing mu makan makanan yang biasa kamu beri setelah memakannya dia mencret berarti dia terkena demam. Tapi jika kamu mengganti makanan kucing lalu dia menjadi mencret kemungkinan karena makanan yang kamu beli itu tidak cocok buatnya.

Agar kucing kamu gak rewel dengan masalah makanan kalau dia sudah cocok dengan satu jenis makanan jangan diganti ganti yaa, tapi kalau kucing sudah malas memakannya mungkin dia bosen, barulah kamu ganti makanannya.

3. Badan Kucing Lemas

Kucing yang mengalami demam akan berperilaku lemas dan tidak lincah seperti hari hari biasanya. Walaupun kamu beri dia mainan yang biasa digunakan untuk menarik perhatiannya dia tidak akan bergerak dari tempatnya, terkesan ogah ogahan buat main.

Penyakit demam salah satu penyebab kucing jadi tidak aktif, dia merasakan tidak nyaman pada dirinya. Jika dia sudah terlihat seperti ini dan tenaganya seperti habis segera bawa dia ke dokter hewan yaa.

Apalagi dia masih bayi dan gak ada induknya, kamu harus tau cara merawat anak kucing yang benar. Karena salah rawat dia bisa mati.

4. Nafsu Makan Turun Drastis

kucing sakit tidak mau makan
Kucing sakit tidak mau makan

Kucing sakit tidak mau makan berasal dari berbagai alasan, bisa jadi karena tidak cocok dengan menunya, tapi bisa juga dia terkena demam. Bila kucing tiba tiba tidak mau makan dan badannya terlihat lemas dan dirasa panas berarti dia terkena demam.

Kucing yang demam kemungkinan terkena penyakit faline panleukopenia virus (FPV) jika diserta dengan ciri lain seperti muntah muntah, lemah, diare yang disertai darah.

Jika kucing mengalami gejala seperti itu segera bawa ke dokter hewan karena selain kucing bisa mati dengan mendadak karena kekurangan cairan penyakit pada kucing ini bisa menular pada manusia dengan perantara cairan cairan yang keluar dari si kucing.

5. Telinga, Mata, Mulut, dan Hidung Mengeluarkan Cairan

Saat demam akan memproduksi cairan yang lebih banyak, cairan ini dikeluarkan kucing sebagai cara untuk mengobati dirinya sendiri. Kucing berusaha menghilangkan virus dan bakteri yang ada di dalam dirinya melalui sistem kekebalan tubuh.

Cairan kekebalan tubuh ini akan terus keluar karena masih tahap pengobatan. Cairan yang dihasilkan akan keluar melalui beberapa lubang tubuh kucing, seperti mata, telinga, mulut, dan hidung. Kamu pasti akan merasa jijik kalau melihatnya.

Tapi kamu harus menolong dia yaa, kan dia lagi berjuang buat sehat. Cairan tersebut akan tercium sangat bau tapi lebih baik kamu bersihkan, bisa dengan tisu basah atau kapas yang kamu basahi. Dan jangan lupa cuci tangan setelah melakukannya, kenakan masker bila perlu.

6. Kucing Muntah Muntah

Kucing muntah berarti dia sedang mengalami masalah pada pencernaannya, muntah yang terjadi karena dia kesulitan untuk mencerna makanan yang masuk ke tubuhnya. Mungkin sebenarnya dia kelaparan tapi makanan yang masuk tidak dapat diproses dengan baik.

Ternyata gak cuma tanda tanda ibu hamil trimester pertama saja yaa yang muntah muntah, kucing demam juga ternyata muntah muntah.

Yaa kalau kucing muntah muntah bisa jadi masuk ciri ciri kucing sakit demam. Dengan keadaan dia yang muntah muntah dia akan mulai banyak minum untuk mengganti cairan dalam tubuhnya. Ternyata kucing memang paham dengan kondisi badannya yaa.

Demam yang dia derita akan membuat tenggorokannya menjadi kering dan terasa panas. Jadi dia akan bolak balik untuk minum. Karena tidak ada yang bisa dia cerna selain air, bahkan terkadang dia tetap muntah muntah walaupun cuma minum air.

7. Bulu Banyak yang Rontok

Kucing yang demam dia akan kesusahan untuk makan dan dia akan sering minum untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Dengan minum terus terusan akan membuat mulutnya menjadi bau karena juga panas dalam tubuhnya yang selalu meninggi.

Kekurangan makan pada kucing ini akan membuat dirinya kekurangan nutrisi yang berguna untuk menyeimbangkan dirinya. Efek yang terjadi yaitu bulu bulu kucing akan rontok.

Memang sihh kucing juga memang sering rontok bulunya tapi kalau kucing sedang demam, rontok bulu akan semakin bertambah banyak. Hati hati yaa rontokan bulu kucing bisa masuk ke hidung kamu, hati hati kalau kucing kamu kena sakit.

Begitu yaaa tentang ciri ciri kucing sakit demam, karena berawal dari demam kucing bisa jadi terkena berbagai penyakit yang berbahaya, segera cek ke dokter hewan yaa.

Safe Meong….

 

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?