ciri ciri neraka
Ciri ciri neraka

6 Ciri Ciri Neraka dalam Al Quran, Gambaran Neraka, Bikin Merinding

Posted on

Sebelumtidur.com – Rukun iman yang kelima yaitu percaya pada hari kiamat. Nahh setelah dunia kiamat apa yang akan terjadi? Ada surga dan neraka disana, ciri ciri neraka itu seperti apa yaa? Apakah benar ada api yang menyala nyala?

Memang kita sebagai manusia biasa belum pernah melihat surga maupun neraka, tapi kita wajib meyakini bahwa keduanya ada. Kali ini kita akan membahas tentang neraka.

Manusia dan batu menjadi bahan bakar yang utama untuk menyalakan api neraka. Siksa neraka Jahanam yang tiada tertandingi akan membuat tubuh terkoyak dan terpanggang.

Neraka menurut Islam yaitu tempat yang diperuntukan bagi orang orang kafir dan orang orang yang berdosa untuk membersihkan diri. Neraka berisi api yang dinyalakan beribu ribu tahun lamanya, bukan lagi api berwarna merah tapi menghitam karena panasnya sudah tak terukur lagi.

Ciri Ciri Neraka

Setiap neraka memiliki tingkatan siksaan yang berbeda sesuai dengan dosa yang ada, setiap neraka pula diisi oleh kaum yang berbeda. Ciri ciri neraka akan kita bahas berdasarkan jenis jenis neraka yaa, yukk simak selengkapnya.

1. Neraka Hawiyah

ciri ciri neraka
Ciri ciri neraka

Neraka hawiyah adalah neraka yang tingkatannya paling rendah dan siksanya paling ringan. Seringan ringannya siksa dalam neraka yaitu ketika kaki menginjak neraka maka otak manusia akan mendidih. Neraka ini diperuntukan orang orang muslim yang melanggar syariat.

Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka dia dilemparkan ke neraka hawiyah. Tahukah engkau apakah neraka hawiyah itu? Yaitu api yang sangat panas,” (QS. Al-Qori’ah: 8-11)

Orang orang munafik juga akan tinggal di neraka hawiyah, wanita yang tidak memakai jilbab, lelaki yang memakai emas dan sutera, makan harta riba, dan lain sebagainya.

2. Neraka Jahim

Peganglah dia lalu belenggu tangannya keleher. Kemudian masukkanlah dia kedalam api yang menyala-nyala (Neraka Jahim).(QS:Al-Haqqah:30-31)

Orang yang tinggal di neraka jahim yaitu orang yang suka bermewah mewahan dalam hidupnya. Orang syirik yang menyembah selain Allah SWT dan orang orang yang berbuat dosa besar lainnya yang masuk dalam neraka jahim.

Baik laki laki maupun wanita disini, jadi hati hati yaa, siksa neraka bagi wanita sangat pedih.

3. Neraka Saqar

Neraka saqar sangatlah mengerikan, orang orang yang diazab disini siksaannya dengan menghancurkan tubuh orang tersebut lalu mengembalikannya ke bentuk semua lalu menghancurkannya kembali dan utuh kembali begitu seterusnya.

“Tahukah kamu apa neraka Saqar itu?Saqar itu tidak meniggalkan dan tidak membiarkan.” (Q.S. Al Muddatshir: 27-28)

Orang yang masuk ke neraka saqar bisa disebut orang yang dzalim, saat dalam keadaan banyak rejeki selalu dimudahkan jalnnya maka orang tersebut akan menganggap semua dari usahanya, tapi ketika dia sedang di bawah kekurangan dalam segala hal maka dia akan menyalahkan Allah SWT tidak sayang padanya.

4. Neraka Lazza

siksa neraka jahanam
Siksa neraka jahanam

Neraka lazza akan menyiksa para penghuninya dengan mengelupaskan kulit kepala manusia ditambah dengan api yang menyala nyala. Neraka yang penuh dengan jeritan kesakitan dan penuh kehinaan.

Panasnya api neraka 70 kali dari api dunia, bayangkan saja ketika tersengat puntung rokok sakitnya sudah luar biasa apalagi dengan 70 kali nya, badan hancur lebur dengan api tersebut. Rosulullah SAW bersabda,

Tetapi sungguh api neraka 69 lebih panas dibandingkan api dunia, yang masing maisng bagian sama panasnya dengan api di dunia.(H.R. Abu Hurairah)

5. Neraka Huthamah

Neraka huthamah siksaannya berupa penghuninya dikuliti sampai habis lalu dipanggang dengan api neraka lalu dikuliti lagi, begitu seterusnya sampai dosa dosanya habis. Kenali ciri ciri orang yang masuk neraka semua bisa terlihat sejak dia hidup di dunia.

Neraka menurut Islam memang tempat untuk orang orang yang berdosa, di neraka huthamah penguhinya berasal dari orang yang mengumpulkan banyak harta tapi tidak mau bersedekah, memasang wajah yang tidak enak ketika berpapasan dengan orang miskin.

Semua harta yang dikumpulkan itu akan dibakar lalu disiramkan pada penghuni neraka tersebut. Sungguh mengerikan siksa di neraka.

6. Neraka Jahanam

Siksa neraka jahanam memang siksa yang paling mengerikan, dihun orang orang yang melanggar syariat agama, gemar melakukan disa, tidak mau mendengar dan berfikir padahal bisa mendengar dan berfikir. Neraka jahanam adalah lambang dari kehinaan.

Gigi geraham penghuni neraka sebesar gunung uhud. Bisa dibayangkan?? Betapa besar mereka, jarak perjalanan dari pundak kanan ke pundak kiri sama dengan 3 hari lamanya.

 

Sungguh mengerikan keadaan neraka yaa sobat sebelumtidur.com, ciri ciri neraka itu sesuai dengan dosa yang telah dia perbuat. Semoga kita selamat dari siksa neraka jahanam.

Neraka menurut Islam, terdiri dari 70.000 bagian, setiap bagian terdapat 70.000 kampung, setiap kampung ada 70.000 rumah, setiap rumah ada 70.000 bilik, setiap bilik ada 70.000 kotak, setiap kotak ada 70.000 pohon zaqum yang bila dimakan maka rontok seluruh tenggorokan dan itu adalah makanan penghuni neraka.

Belum lagi ditambah dengan setiap zaqum ada 70.000 rantai, dan masing masing rantai ada 70.000 malaikat yang menyeretnya. Naudzubillah.

Yukk banyakin bertaubat yaa sobat…

Topik Bahasan:

Cari ciri ciri neraka dalam al quran. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?