metode menghafal alquran semudah tersenyum
Metode menghafal Alquran semudah tersenyum

6 Metode Menghafal Alquran Semudah Tersenyum, Serius Dijamin Hafal

Posted on

Sebelumtidur.com – Sekarang sudah menjadi trend yaa menghafalkan Alquran dengan mudah. Sebenarnya bukan trend aja tapi memang menghafalkan Alquran adalah kebutuhan dari masing masing umat muslim. Saat ini sudah banyak metode menghafal Alquran semudah tersenyum.

Yaa. Semudah saat kita tersenyum, menghafal Alquran memang begitu mudahnya. Beberapa diantaranya adalah cara menghafal Quran dengan jari dan menghafal Al quran dengan otak kanan. Nahh kali ini kita akan membahas metode menghafal Alquran semudah tersenyum.

“Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu.” (QS. Al-Maidah: 48)

Metode Menghafal Alquran Semudah Tersenyum

Berikut ini ada beberapa metode menghafal Alquran yang bisa dipraktekan, sungguh Allah akan memudahkan jalan orang orang yang ingin mendekat pada-Nya. Yaa apalagi balasan bagi orang orang yang berbuat sholeh itu tidak terkira di dunia ini, karena jaminannya adalah surga.

1. Metode Yaqra

menghafal al quran dengan otak kanan
Menghafal Al quran dengan otak kanan

Metode yaqra artinya metode yang berkelanjutan, yaitu membaca ayat Alquran dengan terus menerus dan diulang ulang. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Membaca ayat minimal 7 kali
  • Memahami terjemah ayat tersebut
  • Mengingat kata awal dari ayat tersebut
  • Mengingat huruf pertama dari ayat itu
  • Mengulangi mambaca sambil memahami artinya

2. Metode Azam

Metode azam mengunggulkan keonsistensi dalam menghafal. Jadi begini yaa sobat kalau sudah niat untuk menghafal Alquran maka hafalkan sedikit sedikit tapi secara berkelanjutan. Jangan tiba tiba menghafal banyak lalu melupakannya dan mengulang lagi.

Kuatkan hati untuk menghafal Alquran, niat yang ikhlas dan semangat yang tinggi akan membantu mempermudah menghafal Alquran. Cara menghafal dengan metode ini yaitu:

  • Berkonsentrasi dengan penuh
  • Bernafas dengan teratur dan temukan kenyamanan
  • Bersikap rileks
  • Memulai membaca ayat demi ayat dan mengulangnya hingga hafal

3. Metode Talqin

Pada metode talqin dilakukan pendiktean bacaan untuk memastikan kebenaran bacaan. Pada metode ini membutuhkan orang lain untuk mendiktekan, bisa ustadz bisa siapa saja. Jadi ketika ada bacaan yang salah bisa langsung dibenahi.

Metode talqin terkenal juga dengan metode menghafal Al Quran dengan otak kanan. Karena memfungsikan otak untuk merangkai dari potongan potongan ayat yang diingat. Cara menghafalkannya yaitu:

  • Mengingat simbol simbol yang ada di tulisan Alquran
  • Membaca dan memahami benar letak letak simbol yang khas
  • Mengulangi membacanya dan memperhatikan letak bacaan di Alquran
metode menghafal alquran semudah tersenyum
Metode menghafal Alquran semudah tersenyum

4. Menghafalkan 1 Ayat

Sepertinya mudah yaa, berkomitmen dengan diri untuk menghafalkan 1 ayat setiap hari, lalu akan bertambah terus setiap harinya. Menghafal Alquran semudah tersenyum memang benar adanya. Bisa dimulai dari juz 30 lalu ke juz 1. Juz 30 memiliki ayat ayat yang pendek jadi lebih mudah dihafal.

Untuk lebih mempermudah metode ini bisa dilakukan juga dengan murojaah setiap seminggu sekali. Berarti sudah ada 7 ayat yang dihafal setiap minggunya. Kalau sebulan berarti 30 ayat. Nahh bisa dibayangkan yaa berawa jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menghafalkan Alquran.

5. Bertukar Hafalan

Maksudnya bertukar hafalan bukan berarti bertukar otak yaa, tapi ini menghafalkan Alquran dengan mengajak teman dan saling berhafalan satu sama lain. Kadang orang lebih paham ketika mendengarkan dari pada membaca sendiri.

Ketika ada hafalah yang salah dengan metode bertukar hafalan ini bacaan bisa langsung dibenarkan. Bisa juga ketika merasa hafalannya sudah banyak meminta bantuan orang untuk menguji hafalan tersebut.

Bertukar hafalan dengan mp3 juga bisa yaa, tapi cuma satu arah, yaitu mendengarkan lalu ikut menghafalkan. Ayat ayat Alquran yang didengarkan ibu saat halim ternyata banyak manfaatnya. Ditambah lagi ibu tersebut menghafalkan Alquran saat dia mengandung buah hati.

6. Mengulang Membaca 20 kali

Cara ini mirip dengan metode yaqra. Bedanya kalau metode yaqra hafalannya terus berlanjut ke ayat selanjutnya, tapi kalau metode mgnulang ini belum boleh lanjut jika belum benar benar menghafalnya.

Metode mengulang seperti cara menghafal Quran dengan jari, kenapa? Yaa jari tangan manusia jumlah normal ada 10 yaa, jadi ketika 1 ayat dibaca 20kali berarti tinggal menekuk jari satu per satu. Lalu membukanya satu per satu untuk hitungan sampai 20 kali.

Cara menghafal quran dengan jari sedikit berbeda dengan menghafal Al quran dengan otak kanan. Menggunakan jari akan memberikan bayangan sampai ayat keberapa hafalan yang sudah masuk.

Kalau metode menghafal Al quran dengan otak kanan dengan membayangkan sesuatu dan merangkainya menjadi hafalan Alquran.

Bagaimana sobat sebelumtidur.com tentang metode metode untuk menghafalkan Alquran? Mudah yaa, sekarang tinggal memantapkan hati untuk menghafalkannya.

Semangat menghafal yaa… :):)

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?