tanda tanda kematian akan datang
Tanda tanda kematian akan datang

4 Tanda Tanda Kematian akan Datang, Ini dia tanda Khusnul Khotimah

Posted on

Sebelumtidur.comTanda Tanda Kematian Akan Datang berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Kematian pasti akan menghampiri setiap yang memiliki nyawa, seperti firman Allah berikut ini,

“Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana ia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Q.S Al Luqman: 34)

Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Tanda2 orang meninggal khusnul khotimah tentunya berbeda dengan orang yang tidak pernah mengenal agama yaa. Pernah dengar tentang cerita orang yang meninggal saat sholat?

Betapa nikmat kematian itu, yaa saat melakukan pertemuan dengan Allah dalam bentuk sholat ternyata nyawanya diambil dengan begitu mudahnya. Tanda tanda kematian manusia menurut orang Jawa zaman dahulu bisa dirasakan 40 hari sebelum kepergiannya.

Katanya orang yang mau meninggal dia tidak memiliki bayangan saat berjalan dibawah cahaya, mitos atau fakta yaa?? Wahh jangan sampai ini menimbulkan syirik.

Tanda Tanda Kematian Akan Datang

Kematian adalah sebuah takdir yang tidak dapat diubah yaa, dimanapun berada ketika sudah waktunya meninggal maka dia akan meninggal, walaupun dia sedang berada di dalam bunker yang tebal dan tak ada seorang pun yang bisa masuk. Allah Maha Mengetahui apa yang kita kerjakan.

Berikut ini kita akan bahas tanda2 orang meninggal khusnul khotimah, yukk simak tanda tanda kematian akan datang selengkapnya

1. Mengucapkan syahadat di akhir hidupnya

Saat akan meninggal, orang akan menunjukan sifat aslinya, yang terbiasa berkata kata buruk maka ketika dia kesakitan karena dicabut nyawanya dia pasti akan mengeluarkan kata kata buruk itu. Tapi untuk orang yang sholeh dan sering menyebut nama Allah maka nama Allah lah yang akan dia ucapkan saat sedang sakaratul maut.

“Sesungguhnya aku mengetahui satu kalimat, tidaklah seorang hamba meng­ucapkannya ketika hendak meninggal melainkan warnanya akan menyinarinya (dia akan tampak cerah) dan Alloh melepaskan kesusahannya.” (H.R. Imam Ahmad)

Kalimat apa?? Kalimat syahadat.

“Laa ilaaha illallah”

Kalimat terakhir yang terucap yaitu kalimat syahadat, kalimat yang harusnya diucapkan saat maut menjemput. Semua itu tidak akan bisa dilakukan kalau tidak terbiasa mengucapkannya yaa.

2. Wafat pada hari/ malam Jumat

tanda tanda kematian manusia
Tanda tanda kematian manusia

Tidak bermaksud syirik dan membeda bedakan hari yaa, Tanda2 orang meninggal khusnul khotimah salah satunya yaitu meninggal pada hari Jumat atau malam Jumat. Hari Jumat adalah hari baik selama satu minggu, ada beberapa amalan yang dapat dikerjakan di hari Jumat sesuai sunah Rosulullah.

Seperti membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, pergi sholat Jumat, membersihkan diri, serta memotong kuku atau rambut pada hari Jumat. Orang yang meninggal pada hari tersebut akan dilindungi Allah dari siksa kubur. Seperti pada hadits Rosulullah berikut ini,

“Tidaklah seorang muslim yang wafat pada hari jumat atau pada malam jumat kecuali pastilah Allah menghindarkannya dari siksa kubur.” (H.R. Ahmad)

3. Mati syahid saat berperang membela Islam

Pernah beberapa waktu yang lalu saya mengikuti pengjian dari seorang ustadz yang bernama Ustadz Juz’an, Beliau mengatakan bahwa ada satu satunya penghuni surga yang ingin kembali ke dunia.

Kalau penghuni neraka ingin balik ke dunia banyak yaa karena mereka mau memperbaiki diri dan imannya biar masuk surga.

Tapi kali ini penghuni surga ingin keluar dari surga dan kembali ke dunia, hanya satu satunya, yaa mereka adalah para prajurit perang yang wafat secara khusnul khotimah di medan pertempuran. Mereka meninggal bukan karena alasan sembarangan yaa. Mereka meninggal membela agama Allah.

Mereka ingin kembali ke dunia karena ingin meninggal dalam perang lagi karena merasakan nikmat yang luar biasa yang dia terima saat dirinya di surga karena wafat dalam membela agama Allah. Wallahu’alam.

“Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka hidup disisi Tuhan-Nya dengan mendapat rezeki.

Mereka dalam keadaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikanNya kepada mereka dan mereka bergirang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal dibelakang yang belum menyusul mereka bahwa tidak ada kekawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati.

Mereka bergirang hati dengan nikmat dan karunia yang besar dari Allah dan bahwa Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang beriman.” (Q.S. Ali Imran: 169-171)

4. Wanita yang meninggal karena melahirkan

Ada kisah pada zaman Rosulullah, ada seorang wanita yang ingin ikut berperang, tapi Rosulullah melarangnya hingga wanita itu bersedih. Cerita itu mengisahkan bahwa wanita untuk berjuang dijalan Allah tidak perlu lewat berperang seperti kaum laki laki, tapi dengan melahirkan anak itu juga disebut jihad.

Salah satu nikmat yang dimiliki wanita tapi laki laki tidak akan pernah merasakannya, yaitu nikmat melahirkan yang juga disebut jihad di jalan Allah. Manusia ada kewajiban anak terhadap orang tua menurut Islam yang hendaknya dilaksanakan dengan sepenuh hati.

Tanda tanda kematian manusia yang khusnul khotimah dengan melahirkan seorang anak terlihat dari perjuangan wanita tersebut.

Rosulullah bersabda, “Tahukah kalian siapa syuhada dari umatku?” Orang orang menjawab, “muslim yang mati terbunuh”, Rosulullah melanjutkan,

“Kalau hanya itu para syuhada dari umatku hanya sedikit. Muslim yang mati terbunuh adalah syahid, dan mati karena penyakit kolera adalah syahid, begitu pula perempuan yang mati karena bersalin adalah syahid (anaknya yang akan menariknya dengan tali pusar ke surga).” (H.R. Ahmad, Darimi, dan Ath Thayalusi)

 

Begitulah tadi tanda tanda kematian akan datang, semoga kita termasuk dalam manusia yang nanti meninggal dalam keadaan khusnul khotimah yaa, aamiin.

Sesungguhnya tiada orang yang tahu kapan seseorang akan meninggal jadi lebih baik menyiapkan diri jika sewaktu waktu kematian itu muncul.

Topik Bahasan:

Cari fakta Orang Meninggal di Hari Jumat Dan Orang yang Menyalatkan lebih Dari 40, https://www sebelumtidur com/tanda-tanda-kematian-akan-datang html, nama sungai di surga dan artinya, tanda-tanda orang mau meninggal dunia, tanda2 orang meninggal khusnul khotimah. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?