tips agar bayi tidur nyenyak saat pilek
tips agar bayi tidur nyenyak saat pilek

5 Cara Ampuh Dan Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Saat Malam

Posted on

Sebelumtidur.com Tips agar bayi tidur nyenyak ini akan menjadi solusi bagi ayah dan bunda. Mempunyai bayi memang penuh perjuangan, mulai dia di dalam kandungan, saat melahirkan, sampai merawatnya hingga dewasa nanti.

Bayi akan sangat merepotkan ketika jam tidurnya belum teratur. Apalagi saat sakit atau terkena pilek, tips agar bayi tidur nyenyak saat pilek penting juga diperhatikan. Kadang-kadang si kecil tidur di saat siang namun bergadang di malam hari, waktu tidur ini seperti saat dia masih dalam kandungan.

Nahh, tips agar bayi tidur pulas dan tips agar bayi tidur nyenyak di malam hari bisa moms jadikan referensi buat menenangkan si kecil. Tetap sabar dan strong yaa moms ^_^

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak

Moms, ini ada tips agar bayi tidur nyenyak, tips agar bayi tidur pulas, dan tips agar bayi tidur nyenyak saat pilek. Semoga membantu yaa moms..

1. Tidur Dengan Orang Tua

tips agar bayi tidur nyenyak

Moms, jangan kaget yaaa, yang biasanya tidur berdua sama suami harus tidur bertiga sama si kecil. Tidur bersama orang tua akan membuat bayi lebih tenang, dia tidak merasa cemas, selain itu ketika dia lapar moms akan mudah menyusuinya tanpa harus pergi dari tempat tidur.

Menurut Profesor James J. McKenna, Ph.D dari AS yang menuliskan buku Sleeping With Your Baby terbitan Oxford University pilihan bayi untuk tidur bersama orang tua adalah pilihan yang tepat. Alasannya, di awal kehidupan bayi membutuhkan hubungan yang intensif dengan orang tua.

Orang tua akan membawa dia ke kehidupan yang baru dan membantu belajar mereka, seperti mengenalkan suara dan bau orang tuanya.

“Membiarkan bayi tidur sendirian di kamar dengan pintu tertutup, tidak memberi kesempatan kepadanya untuk menumbuhkan dan mengembangkan sensorinya.” Kata Profesor James.

2. Memandikan Bayi Dengan Air Hangat

Tips agar bayi tidur nyenyak di malam hari salah satunya yaitu dengan memandikan bayi dengan air hangat. Lalu suhu berapa yang tepat ??? Air hangat dengan suhu 30-37 derajat celcius adalah suhu yang tepat untuk memandikan bayi.

Suhu tersebut adalah suhu normal badan manusia. Ingat yaa moms jangan terlalu panas karena bayi masih sensitif.

Mandi dengan air hangat dapat melancarkan peredaran darah bayi yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalannya. Rasa nyaman saat dimandikan dengan air hangat akan dirasakan oleh bayi juga. Memandikan bayi dengan air hanget cukup 3-5 menit saja, jika terlalu akan mengakibatkan hipotermia.

3. Beri Makan Atau Susui Bayi Sebelum Tidur

tips agar bayi tidur nyenyak

Memberikan makan sebelum tidur akan membantu bayi tetap kenyang di saat tidur malam, karena ketika bayi lapar dia akan terbangun. Perut yang kenyang akan membuat bayi menjadi tenang dengan begitu dia tidak akan terganggung dengan suara-suara yang ada di sekitarnya.

Tapi moms harus memperhatikan cara memberi makan atau menyuapi bayi. Jangan suapi bayi dengan posisi tidur, karena bayi akan beresiko terkena infeksi telinga. Anak sebaiknya disuapi dengan posisi duduk tegak.

4. Gunakan Popok Dengan Daya Serap Tinggi

Pilihlah popok dengan tekstur yang halus dan daya serap baik. Segera periksa popok ketika bayi menangis. Kemungkinan bayi merasa tidak nyaman karena popok yang sudah penuh dan minta ganti popok.

Biasakan bayi untuk ikut melakukan toilet training. Mengajaknya buang air sebelum tidur lama kelamaan akan menjadikan bayi terbiasa untuk tidak terbangun saat malam karena ingin buang air kecil.

Kebiasaan ini juga akan membantu dia untuk segera ke kamar mandi jika merasa ingin buang air.

Kebiasaan mengompol pada anak dikarenakan anak malas untuk bangun buang air kecil. Dia terlalu asik untuk tidk, jadi kebiasaan toilet training dapat memberikan dampak yang baik untuk anak yang bisa dimulai dari bayi.

5. Hindari Bermain Pada Tengah Malam

Selanjutnya untuk tips agar bayi tidur nyenyak di malam hari yaitu jangan bermain dengan bayi di saat malam. Ada kalanya bayi terbangun dan ingin bermain, turuti sebentar agar mood nya bagus, setelah itu arahkan dia untuk tidur kembali.

Jangan teruskan bermain terlalu lama, jika terlalu lama nanti dia tidak mau tidur lagi dan menyusahkan moms nantinya.

Usahakan juga dengan mengajak bayi untuk bermain di saat siang, ketika sore sudah mengantuk ajak dia jalan-jalan agar dia tetap terjaga.

Simulasikan sedikit demi sedikit agar bayi mulai terbiasa untuk memiliki jam tidur yang panjang di malam hari. Pada siang hari aturlah jam tidur bayi, cukup 2-3 jam saja dan bangunkan dia, lalu perbanyak aktivitas bermain di siang hari.

Bagaimana moms?? Bisa dicoba yaa ^_^

Topik Bahasan:

Cari bayi seminggu agar tidurnya nyenyak. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?