cara menyehatkan otak, cara melatih otak kanan, cara menyehatkan otak kanan

7 Cara Menyehatkan Otak Kanan Biar Makin Cemerlang!

Posted on

7 Cara Menyehatkan Otak Kanan Biar Makin Cemerlang! – Otak adalah salah satu organ tubuh yang paling vital keberadaannya dan fungsinya. Fungsi otak adalah untuk berpikir dan sebagai pengatur seluruh anggota tubuh lainnya. Otak yang sehat akan membuat kita bisa berpikir cemerlang, akan membuat kita tetap tenang, dan tentunya semua anggota tubuh akan bekerja sebagaimana mestinya. Namun sebaliknya, jika otak kita tidak sehat, akan membuat kita stres, rentan terhadap penyakit dan anggota tubuh lainnya pun tidak bisa bekerja secara maksimal.

cara menyehatkan otak, cara melatih otak kanan, cara menyehatkan otak kanan

Sebagian besar orang bahkan kita sendiri pun hanya berfokus untuk menyehatkan tubuh saja, tanpa berpikir atau terbersit untuk bisa menyehatkan otak kita. Padahal otak kita juga perlu dijaga kesehatannya. Sehingga kita dapat berpikir cemerlang, daya tahan tubuh selalu bagus dan bisa menikmati hidup dengan bahagia karena ada ketenangan batin tersebut. Berikut ini 7 cara menyehatkan otak kanan biar makin cemerlang:

1. Belajar Berlatih dengan Menggunakan Tangan Kiri.

Membiasakan kegiatan-kegiatan ringan dengan tangan kiri pada umumnya akan melatih otak kanan kita. Namun sebaliknya untuk anda yang terbiasa melakukan hal-hal menggunakan tangan kiri, maka berlatih membiasakan tangan kanan akan melatih otak kiri Anda. Kegiatan-kegiatan ringan untuk melatih tangan kiri atau kanan diantaranya: menulis, menyapu, memegang mouse, membersihkan sepatu, dll.

Selain itu juga melatih kedua tangan sekaligus dalam melakukan kegiatan bersamaan juga bisa menyehatkan otak kita. Seperti contohnya: menulis, kedua tangan sama-sama digunakan untuk menulis, dalam waktu yang sama, bermain batu dengan kedua tangan bergantian, atau senam menggerakkan kedua tangan bersamaan. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan antara otak kiri dan otak kanan kita.

Ketika otak kiri dan otak kanan kita seimbang dan sama-sama dominannya maka kita akan mudah untuk berpikir, semakin cemerlang dan kreativitas-kreativitas akan muncul dengan sendirinya, berpikir visioner kedepan. Sehingga kesuksesan hidup ini sangat mudah diraih.

2. Membaca

Kegiatan membaca ini dapat melenturkan otot-otot yang ada di otak kita. Saraf-saraf dalam otak pun akan semakin memanjang, bercabang, sehingga akan semakin banyak cabangnya akhirnya otak bisa bekerja secara maksimal.

3. Terapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat sangat berpengaruh sekali terhadap kesehatan otak kita. Karena pola hidup sehat di sini menyangkut adanya pola makan dan pola istirahat. Pola makan di sini kita harus menerapkan pola makan yang sehat, tentunya dengan memperbanyak makan sayur dan buah serta makanan alami lainnya. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin dan zat-zat yang penting bagi tubuh, sehingga tubuh kita selalu sehat. Ketika tubuh kita sehat, maka otak akan menerima nutrisi dengan baik. Selain itu juga agar otak kita cemerlang hindari minum alkohol, obat terlarang dan merokok.

Pola istirahat di sini adalah membiasakan diri untuk selalu cukup tidur. Karena ketika tidur kita tidak tercukupi maka badan akan terasa lelah, sehingga kinerja otak juga berkurang. Jumlah jam tidur yang ideal adalah sekitar 7 sampai 9 jam per hari. Dalam waktu tersebut sebisa mungkin kita manfaatkan agar tidur kita efektif dan berkualitas. Karena tidur yang berkualitas akan membuat seluruh tubuh dan otak kita bisa benar-benar istirahat.

Cara agar kita bisa tidur yang berkualitas terdiri dari: usahakan tidur sebelum jam 11 malam, membiasakan bangun dan tidur di waktu atau jam yang sama, tidur dalam keadaan gelap, hindari tidur menggunakan jam weker atau alarm, hindari makan sesaat sebelum tidur, hindari nonton TV sebelum tidur.

4. Ubah Rutinitas

Mengubah rutinitas sehari-hari dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Kegiatan yang bisa dilakukan misalkan dengan mengubah posisi tempat kerja, posisi ruang tidur, ruang tamu, dan lain-lain.

5. Olahraga

Olahraga adalah salah satu aktivitas tubuh yang sangat banyak manfaatnya. Selain bisa menyehatkan tubuh juga bisa menyehatkan otak lho. Ketika kita rutin olahraga maka oksigen yang masuk ek dalam otak akan semakin banyak, sehingga aliran darah ke otak pun juga berjalan lancar. Hal ini mengakibatkan kinerja otak pun akan semakin baik. Sel-sel syaraf yang berada dalam otak akan terhubung dengan baik, dan memperpanjang semakin banyak. Sehingga Otak akan bisa berpikir dengan cemerlang.

Beberapa olahraga yang bisa menenangkan pikiran juga seperti meditasi, renang, berjalan, dan lain-lain. Anda bisa meilih beberapa olahraga atau salah stau olahraga saja, yang penting olahraga tersebut dilakukan secara rutin. Jika kita bisa terus rutin menjaga dalam berolahraga maka memori otak kita akan semakin tajam dan otak kita pun semakin sehat.

6. Meditasi

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, bahwa meditasi adalah salah satu olahraga yang bisa menenangkan otak. Meditasi adalah kegiatan yang dilakukan dengan memusatkan pikiran dan pengaturna pernapasan, sehingga tubuh akan terasa rileks dan pikiran menjadi tenang. Otak yang tenang akan membuat kita berpikir cemerlang dan tidak mudah stres.  Meditasi bisa dilakukan setiap hari, bis apagi haria taupun sore hari.

7. Tertawa

Perlu kita ketahui bahwa kegiatan yang satu ini, tertawa adalah kegiatan yang dapat menyehatkan otak. Tertawa akan membuat pikiran menjadi santai, rileks, sehingga pikiran-pikiran yang mengkhawatirkan akan pergi dengan sendirinya. Berdasarkan penelitian yang ada di Swedia, rasa khawatir yang ada di dalam pikiran akan membuat otak bekerja 2x lebih keras dari biasanya. Dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan stres di kemudian hari.

Tertawa akan membawa kita pada pikiran-pikiran positif dan akan berdampak pada hal positif pula dalam kehidupan kita. Dengan tertawa ini maka kita akan lebih bisa menikmati kehidupan kita dengan menyenangkan.

Itulah 7 cara menyehatkan otak yang dapat dilakukan dan dapat kita praktekkan. Semoga bisa bermanfaat dan dapat membuat kita selalu bisa menerapkan pola hidup sehat. Sehingga kesehatan otak dan tubuh kita selalu terjaga. Oya kawan, sharekan keteman-temanmu ya, jika Anda peduli dengan kesehatan mereka. Salam sehat dari Sebelumtidur.com.. 🙂

Topik Bahasan:

Cari cara menyehatkan otak, cara menyehatkan syaraf otak, menyehatkan otak, cara menggunakan otak kanan dengan maksimal, tips menyehatkan otak, Latihan melenturkan tangan anak untuk menulis, cara menyehatkan otak menurut islam, efek negatif menggunakan otak kiri dan kanan bersamaan, bagaimana cara membuat otak kita cemerlang, cara agar ringan berfikir saat belajar. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?