manfaat dan khasiat daun waru, kegunaan daun waru, daun waru untuk rambut

Dahsyat, Ini Dia 5 Manfaat Daun Waru Untuk Kesehatan Yang Kamu Belum Tahu

Posted on

Banyak kita jumpai bahwa pohon waru berada di pinggir-pinggir jalan, di pekarangan-pekarangan warga dan di tepi-tepi sawah. Selama ini yang kita tahu bahwa pohon waru atau daun waru hanya sebagai perindang dan untuk pakan ternak. Padahal, Siapa kira, ada 5 manfaat daun waru untuk kesehatan yang jarang orang tahu, apa itu?

manfaat dan khasiat daun waru, kegunaan daun waru, daun waru untuk rambut

Namun jangan salah, pembaca sebelumtidur.com harus tahu bahwa akhir-akhir ini telah ada penelitian bahwa hampir semua bagian dalam pohon waru tersebut sangat bermanfaat bagia kesehatan, mulai dari akar, kulit batangnya, daunnya sampai ke bunganya semua mempunyai manfaat masing-masing.

Kandungan dan Komposisi dari Daun Waru

Komposisi daun waru terdiri dari kandungan saponin, flavonoida, dan polifenol, sedangkan akarnya terdiri dari kandungan saponin, flavonoida, dan tanin. Saponin sendiri adalah suatu senyawa kimia yang banyak ditemukan dalam tumbuhan. saponin memiliki khasiat mengikat kolesterol dalam darah. Selain itu juga banyak digunakan dalam racun ikan.

Flavonoid sebagai salah satu kelompok senyawa fenolik yang banyak terdapat pada jaringan tanaman dapat berperan sebagai antioksidan.  Flavonoid selain berfungsi sebagai antioksidan juga berfungsi menetralisir radikal bebas dan dengan demikian meminimalkan efek kerusakan pada sel dan jaringan tubuh.

Antioksidan dalam tubuh akan berperan dalam menghambat proses penuaan dan perkembangan sel kanker. Berbagai studi dan penelitian membuktikan bahwa radikal bebas adalah penyebab utama dari penyakit-penyakit degeneratif seperti : Kanker, Kolesterol, Diabetes, Jantung maupun Stroke.Flavonoid juga berfungsi sebagai melindungi struktur sel dalam tubuh, meningkatkan penyerapan dan penggunaan vitamin C dalam tubuh, sebagai obat anti-inflamasi dan masih banyak yang lain.

Polifenol juga berguna sebagai anti oksidan dan antiseptik. Polifenol mengandung zat anti oksidan yang sangat kuat dan ampuh dalam menangkal radikal bebas. Senyawa ini juga memiliki kemampuan sebagai anti Aging (Anti Penuaan Dini). Berbagai studi dan penelitian membuktikan bahwa radikal bebas adalah penyebab utama dari penyakit-penyakit degeneratif seperti : Kanker, Kolesterol, Diabetes, Jantung maupun Stroke.

5 Manfaat Daun Waru Bagi Kesehatan

  1. Mempercepat pematangan bisul. Daun ini bisa diremas dan digiling sampai lembut selanjutnya ditempelkan di bagian bisul, bisa mempercepat pematangan bisul sehingga bisul bisa segera sembuh.
  2. Penyubur Rambut. Ambil daun muda beberapa lembar lalu diremas-remas dalam segelas air. Saring air tersebut dan diamkan di luar rumah / embunkan cairan tersebut selama satu malam. Keesokan paginya cuci rambut dengan air perasan daun waru tersebut dan diamkan hingga 10 menit. Lalu keramas rambut Anda dengan air bersih seperti biasa.
  3. Obat batuk. Cuci beberapa daun muda dan tambahkan gula batu. Tambahkan 2 gelas air bersih. Rebus dengan 2 gelas tersebut, sampai tersisa 1 gelas.  Hal ini terutama sangat baik, jika batuknya batuk berdahak.
  4. Obat Berak Darah. Cuci beberapa lembar daun waru yang masih kuncup sampai bersih.
    Tambahkan air sambil diremas-remas sampai airnya mengental seperti selai. Tambahkan gula aren sambil diaduk sampai larut. Lalu peras dan saring. Air yang disaring tersebut bisa langsung diminum.
  5. Obat Disentri. Ambil daun waru yang masih muda atau masih kuncup, cuci bersih gunakan sebagai lalap.

Itulah tadi penjabaran 5 manfaat daun waru bagi kesehatan. Jika Anda peduli dengan kesehatan teman-teman Anda atau orang di sekitar Anda share kan lewat sosial mediamu ya. Berbagi ilmu bisa jadi ladang amal dan kebaikan buatmu kan? 🙂

Topik Bahasan:

Cari daun waru, manfaat daun waru, Mampa at daun wera. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?