tanda tanda kehamilan sebelum telat menstruasi
tanda tanda kehamilan sebelum telat menstruasi

Tanda Tanda Kehamilan Sebelum Telat Menstruasi, Ini 5 Tanda Jelasnya

Posted on

Sebelumtidur.comTanda tanda kehamilan sebelum telat menstruasi harus diketahui, terutama untuk pasangan yang baru menikah. Tanda tanda kehamilan sebelum haid bisa membantu kamu lebih persiapan lagi untuk menyambut buah hati.

Biasanya seorang wanita akan diketahui hamil kalau sudah mengalami keterlambatan jadwal menstruasi, tapi banyak pula wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Kondisi ini akan menyulitkan untuk menghitung keterlambatan menstruasinya.

Mendeteksi kehamilan sedini mungkin ini penting dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika sudah diketahui hamil maka calon ibu dan suami akan mempersiakan nutrisi yang lebih untuk menjamin kesehatan janin dalam kandungan.

Tanda Tanda Kehamilan Sebelum Telat Menstruasi

Tanda tanda kehamilan sebelum test peck yang dapat diketahui. Test peck adalah salah satu alat yang digunakan untuk menguji kehamilan. Banyak wanita yang sudah menggunakan alat ini. Namun sebelum menggunakan alat ini bisa diketahui beberapa tanda-tanda kehamilannya.

1. Payudara Lebih Sensitif

Salah satu tanda tanda kehamilan sebelum haid yaitu payudara yang lebih sensitif. Perubahan hormon membuat payudara mengalami perubahan dan menjadi lebih sensitif.

Hormon memicu aliran darah mengalir lebih banyak di bagian payudara dan ada perubahan di selaputnya.

Perubahan pada payudara akan sangat terlihat ketika kehamilah sudah memasuki usia 6-8 minggu tapi pada awal kehamilan juga dapat diketahui karena payudara akan membesar selama kehamilan.

Payudara membesar hingga cup pada bra akan mengalami sempit dari ukuran sebelumnya. Biasanya ukuran akan naik 2-4 angka di atasnya.

Disarankan kamu pilih bra yang tidak ada kawatnya karena ini tidak nyaman, bisa kamu pilih bra yang terbuat dari bahan cotton yang bisa menyerap keringat di sekitar payudara.

2. Sensitif Terhadap Bau

tanda tanda kehamilan sebelum telat menstruasi

Penelitian yang dilakukan oleh Philadelphia’s Monell Chemical Senses Center di AS menyatakan bahwa wanita di usia subur memiliki sensitivitas bau yang tinggi. Penciuman ibu hamil akan lebih tajam karena hormon estrogen yang meningkat.

Penciuman yang lebih peka ini akan mengakibatkan calon ibu menjadi mual dan bisa muntah.

Kondisi ini selain dipengaruhi oleh hormon estrogen juga dipengaruhi oleh efek Human Gonadotropin atau HCG yang terjadi pada trimester awal kehamilan.

Kepekaan dengan bau berbanding lurus dengan gejala morning sickness yang menimbulkan sakit kepala.

Beberapa penolakan terhadap bau juga akan terasa, seperti bau rokok, bau sayuran, minuman berkafein dan lainnya yang memiliki bau mencolok.

3. Sering Mengalami BAK

Kamu sudah tau apa itu BAK?? BAK yaitu buang air kecil. BAK sering terjadi pada wanita hami.

Peningkatan volume darah yang akan disaring oleh ginjal, peningkatan hormon progesteron menyebabkan ginjal dan daluran kemih membesar, diabetes gestasional adalah beberapa alasan kenapa wanita hamil sering mengalami BAK.

Tanda tanda kehamilan sebelum telat menstruasi dengan intensitas BAK yang meningkat saat wanita hamil merupakan kondisi yang normal karena rahim membesar dan menekan kandung kemih.

Kandung kemih yang tertekan menyebabkan daya tampungnya menjadi lebih sedikit dan cepat penuh. Jadi wanita hamil mengalami kenaikan intensitas BAK.

BAK yang sering terjadi jangan ditahan tapi antisipasilah dengan minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi, bisa juga minum susu, selain itu juga BAK terlebih dahulu saat di rumah agar tidak kerepotan saat sedang perjalanan di luar.

4. Terasa Logam Di Dalam Mulut

tanda tanda kehamilan sebelum telat menstruasi

Tanda tanda kehamilan sebelum haid biasanya akan terasa pahit atau ada logam di dalam mulut. Kondisi pahit ini akan membuat tidak nyaman dan menjadikan napsu makan menurun.

Rasa pahit dan seperti ada logam di dalam mulut disebut juga dengan dysgeusia. Kejadian ini normal dirasakan pada awal kehamilan. Pada saat hamil hormon estrogen yang meningkat tinggi menjadi penyebab gejala ini.

Dysgeusia juga bisa disebabkan oleh cairan tubuh yang meningkat. Cadangan air itulah yang akan mempengaruhi rasa di mulut.

5. Bercak Merah (ng-Flek)

Bercak merah dari darah memiliki arti yang berbeda-beda, bisa juga tanda akan mengalami menstruasi tapi juga bisa sebagai tanda karena ada kehamilan.

Bercak darah yang terjadi karena wanita mengalami kehamilan disebabkan dari implantasi sel telur yang dibuahi ke dalam rahim.

Tanda tanda kehamilan sebelum telat menstruasi biasanya terjadi perdarahan implantasi. Implantasi tidak akan sebanyak darah menstruasi dan hanya berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari.

6-12 hari setelah pembuahan embrio akan berenang mendekati rahim dan menempel pada dindingnya.

Ketika embrio tertanam di dinding rahim akan menyebabkan pendarahan kecil. Jenis bercak ini tidak akan membahayakan calon bayi, semua yang terjadi normal dan ibu tetap sehat.

Apa kamu sudah mengalami tanda-tandanya ??

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?