cara menjaga kehamilan agar tetap sehat
Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat

7 Cara Menjaga Kehamilan Agar Tetap Sehat dan Janin Normal

Posted on

Sebelumtidur.com – Menjaga kehamilan itu kewajiban setiap pasangan yaa, bukan cuma calon ibu aja, calon ayah juga harus ikut menjaga kehamilan istrinya. Cara Menjaga Kehamilan Agar Tetap Sehat dipandang rumit yaa, harus ini itu gak boleh makan ini itu dan lainnya.

Belum lagi ditambah ritual adat yang melarang calon ibu untuk melakukan aktivitas. Kata orang tua zaman dulu, istri yang hamil tidak boleh makan didepan pintu, selain itu juga disuruh makan dengan menggunakan layah (tempat untuk melumatkan sambal).

Nahh apa rahasia dibalik itu semua, secara logika yaa tidak boleh makan di depan pintu yaa nanti bisa menghalangi yang mau lewat, kalau makan menggunakan layah katanya biar wajah anaknya lebar dan bersih, ini masih menjadi mitos yaa.

Gitu yaahh, nahh kali ini kita akan membahas agar janin sehat dan normal sekaligus cara menjaga kehamilan agar tetap sehat, yukk langsung simak selengkapnya.

Cara Menjaga Kehamilan Agar Tetap Sehat

Agar janin sehat dan normal intinya bunda harus memberikan asupan nutrisi yang cukup yaa. Cara menjaga kehamilan 7 bulan dan 1 bulan tentunya berbeda, kalau 1 bulan bisa jadi ibu benar benar tidak boleh kemana mana karena harus bed rest kalau usia kehamilan udah besar bisa diajak aktivitas biasa agar otot otot bunda tidak kaku dan kuat untuk persalinan.

1. Jangan menunda untuk kontrol ke dokter

Agar janin sehat dan normal
Agar janin sehat dan normal

Saran jadwal melakukan pemeriksaan kehamilan menurut WHO (World Health Organization) yaitu setiap 4 minggu sekali saat usia kehamilan 0-28 minggu, setelah usia kehamilan lebih dari 28 minggu maka pemeriksaan dilakukan setiap 2 minggu sekali. Ketika usia kehamilan 36 minggu maka setiap minggu selanjutnya harus melakukan pemeriksaan.

Nahh bund selalu cek tanggal dan jumlah minggu dalam kehamilan yaa agar janin sehat dan normal. Menghitung usia kehamilan itu dimulai dari saat terakhir menstruasi, tapi jika bunda lupa kapan terakhir menstruasi bunda bisa melakukan USG agar bisa diketahui dengan lengkap usia kehamilan.

Ini yang penting bund, kalau kehamilan melewati tanggal taksiran persalinan biasanya nihh dokter akan menawarkan pengujian “post-test” bisa termasuk tes nonstress, USG, dan profil biofisik untuk selanjutnya dilakukan tindakan.

2. Berolahraga yang cukup

Siapa bilang ibu hamil tidak bisa berolahraga?? Justru penting yaa ibu hamil berolahraga agar tubuhnya selalu kuat. Saat ini sudah banyak senam untuk ibu hamil dan gerakan senamnya sudah disesuaikan dengan perubahan genital ibu hami.

Ada juga senam yang digunakan sebagai terapi juga bund, senam ini akan melatih proses persalinan dengan cepat, spontan, dan aman. Tapi ingat sebelum melakukan gerakan gerakan senam harus melakukan pemanasan dulu untuk meregangkan otot.

Salah satu olahraga yang sedang digemari untuk ibu hamil trend terbaru ini ada yoga. Nahh yoga ini selain melatih fisik juga emosional jadi patut bunda coba yaahh.

3. Mengubah pola makan calon ibu

Biasanya untuk calon ibu muda nihh, yang baru pertama kali hamil, biasanya dulu masih suka makan makanan yang instan sekarang harus dikurangai bahkan dihilangkan yaa, bahan pengawet itu berbahaya untuk kesehatan janin yaa bund.

Untuk kehamilan awal ketika bangun tidur jangan langsung beranjak dari tempat tidur yaa, berikan waktu bedrest sejenak 5-10 menit sudah cukup. Selalu sarapan dan minum air hangat yaa, hindari makanan yang bisa membuat perut menjadi mual.

Pada trimester ketiga bunda harus mulai mengatur asupan makanan agar berat badan bunda bisa stabil. Usahakan berat badan bunda sesuai untuk ibu hamil. Kalau berat badan berlebihan maka persalinan bisa menjadi tidak aman.

4. Istirahat yang cukup dan mengatur pola hidup sehat

cara menjaga kehamilan 7 bulan
Cara menjaga kehamilan 7 bulan

Selain mengubah pola makan, bunda juga harus banyak istirahat agar tidak kelelahan. Pernah ada teman yang keguguran karena kelelahan, aktivitas terlalu padat akan membuat bunda menjadi stress dan lelah.

Pekerjaan kantor yang menekan ditambah lagi kewajiban mengurus rumah sepertinya akan membuat bunda bekerja ekstra. Nahh pada saat ini kerjasama antara suami dan istri harus saling membantu, untuk apa? Untuk menjaga kehamilan dan buah hati dalam rahim bunda tentunya.

Istirahat malam yang cukup dan pastikan kualitas tidur bunda bagus yaa.

5. Mengkonsumsi buah buahan

Buah buahan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan bunda dan janin dalam rahim. Konsumsi buah secara teratur bisa membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Yang maih malas makan buah harus segera berubah yaaa.

Salah satu buah yang bagus itu buah anggur, di buah anggur ada vitamin A, C, B1, beta karoten, fosfor, kalium, zat besi, magnesium, asam folat, dan serat. Buah anggur juga mengandung omega 3 yang dapat membantu kecerdasan anak.

Konsumsi buah yang ada di sekitar juga yaa, seperti mangga, pisang, apel, jeruk, dan lainnya. Bisa juga mengkonsumsi kurma yang didalamnya memiliki banyak glukosa yang dapat membantu memberikan tenaga pada ibu hamil.

6. Menghindari rokok, minuman beralkohol, dan membatasi kafein

Hindari rokok itu penting banget yaa bund. Bukan cuma merokok aktif, merokok pasif juga harus dihindari betul. Merokok dapat menyebabkan janin mati dalam kandungan, zat adiktif kimia dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna bisa sangat berbahaya.

Selain dapat mengganggu kehamilan, karena asap rokok juga bisa membuat ASI tidak lancar, padahal makanan bayi saat baru lahir cuma ASI. Walaupun bunda sudah mengkonsumsi jenis makanan yang TIDAK BOLEH dikonsumsi saat menyusui tapi kalau masih sering terkena asap rokok bahaya selalu mengancam.

Minuman beralkohol dan kafein dapat menyebabkan tekanan darah bunda menjadi naik. Boleh mengkonsumsi kopi tapi sebisa mungkin dihindari yaa. Memang cara menjaga kehamilan agar tetap sehat susah yaa tapi harus berusaha demi calon buah hati.

7. Mengendalikan stress

Penyakit yang tidak terlihat tapi memang membuat banyak orang menjadi pusing, yaa stress. Terkadang selain masalah yang semakin menghimpit, bunda bisa stres jika mengetahui ada kelainan pada kesehatan di dalam rahim.

Harus bagaimana? harus seperti apa? tindakan apa yang tepat? Jangan panik. pasti bunda akan mengalami stress. Kendalikan semua ini, karena itu semua demi kesehatan bunda dan janin. 

Kondisi mental yang tidak stabil bisa menghambat pertumbuhan sel sel yang digunakan untuk pertumbuhan bayi. Termasuk didalamnya sel otak anak, hal ini akan mempengaruhi cara berfikir bayi setelah dia dilahirkan nanti.

 

Bunda selalu ingat yaa cara menjaga kehamilan 7 bulan, 8 bulan, 9 bulan !!

Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat  memang membutuhkan banyak pengorbanan yaa, tapi satu hal penting nihh bund, ternyata saat mengandung seperti ini adalah saat ini berjihad. Orang yang masuk dalam kematian khusnul khitimah yaitu wanita yang wafat saat dia melahirkan.

Ingat teru pokoknya cara menjaga kehamilan 7 bulan atau sebelumnya, demi buah hati yaa.

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?