kandungan dan khasiat mesoyi
kandungan dan khasiat mesoyi

7 Kandungan dan khasiat mesoyi Bagi Kesehatan Wanita

Posted on

Sebelumtidur.com – Semangat pagi, Kali ini kita akan bedah kandungan dan khasiat mesoyi. Sebuah rempah rempah ajaib yang biasa digunakan memasak, ternyata ketika tau formulanya bisa menyembuhkan berbagai penyakit untuk wanita.

Tanaman mesoyi sering dijumpai di Indonesia bagian timur, biasanya di daerah Papua dan Maluku. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 15 meter.

Kayu dan kulitnya bisa mengeluarkan bau yang khas dan aromatis, selain itu kalau sudah dikeringkan kulitnya akan berubah warna menjadi merah tua dan kusam.

Satu rahasia dari mesoyi yaitu dia akam memberikan manfaat yang luar biasa jika diolah dengan cara yang benar karena kalau salah bisa membuat kulit tangan pengolah menjadi gatal gatal dan terasa panas.

Kandungan Dan Khasiat Mesoyi

Tanaman yang sering dijumpai di dataran Papua ini ternyata juga ada di Jawa. Perlu diingat, kayu mesoyi berbeda dengan kayu manis tapi mereka masih kerabat dekat. Tanaman mesoyi banyak di daerah timur sedangkan kayu manis banyak di daerah barat. Serupa tapi tak sama yaa begitulah keduanya.

Yukk langsung saja kita bahas kegunaan kayu mesoyi, utamanya bagi para perempuan pasti tidak akan menyangka manfaat kulit kayu mesoyi ini.

1. Menghangatkan Perut

Getah kulit mesoyi memang bisa membuat kulit tubuh menjadi gatal gatal, oleh sebab itu gunakan kulit kayu mesoyi  yang sudah diolah dan siap pakai. Kulit kayu mesoyi dapat menghangatkan perut, menggunakannya dengan mencampurkan kulit mesoyi dengan lotion.

Caranya parut halus kulit mesoyi lalu campurkan dengan lotion yang biasa kita gunakan untuk melembabkan kulit. Bisa juga campurkan parutan kulit mesoyi dengan lotion bayi, karena lotion bayi menggunakan bahan yang tidak berbahaya. Balurkan campuran lotipn tersebut ke perut dan sekitarnya.

kandungan dan khasiat mesoyi
Kandungan dan khasiat mesoyi

2. Meningkatkan Gairah Sex

Kayu mesoyi memang memiliki aroma yang khas, belum lagi jika ditambah dengan cengkeh, aroma yang timbul bisa merilekskan pikiran. Di Jawa campuran kayu mesoyi dan cengkeh dijadikan bedak. Bedak ini berfungsi untuk menghangatkan ketika udara dingin atau sedang turun hujan.

Bedak yang memiliki bau khas dapat merangsang timbulnya hasrat seksual. Kayu mesoyi juga bisa dibakar sedikit untuk aroma di kamar tidur.

Aroma kayu ini akan segera memenuhi ruangan karena kayu mesoyi memiliki sifat counter irritant yang dapat melembabkan pembuluh darah kapiler dan meregangkan otot.

3. Mengobati Keputihan

Menurut studi penelitian yang telah dilakukan oleh Susan Estelle, Purdue University, kayu mesoyi adalah bahan alami tradisiolan yang memiliki kegunaan dapat mengobati keputihan, penyakit menular pada kemaluan seperti gonorea, dan penyakit yang disebabkan jamur.

Tidak menyangka yaa kegunaan kayu mesoyi ternyata begitu ampuh. Lalu bagaimana caranya? Gunakan kulit kayu mesoyi yang sudah siap dipakai.

Bukan kulit kayu yang masih di pohon yaa sahabat sebelumtidur.com. Rebus kulit kayu 5-10 menit, air rebusan dicampur dengan air biasa lalu digunakan untuk membersihkan kemaluan.

4. Jamu Pasca Kelahiran

Pasti banyak dilema yang dialami wanita yang baru saja melahirkan, miss V menjadi kendor karena proses pembukaan saat melahirkan serta bau amis yang bertambah. Kayu mesoyi memiliki aktivitas sitotoksik yang baik, sehingga dapat digunakan obat herbal untuk masalah seperti ini.

Cara membuat jamunya cukup dengan merebus kulit kayu mesoyi, tambahkan juga dengan rempah lain seperti lada hitam.

Rebus jangan terlalu lama dan gunakan manci yang terbuat dari tanah agar jamu tidak terkontaminasi dengan bahan aluminium. Konsumsi jamu seminggu 3 kali, jamu kayu kulit mesoyi akan bekerja efektif.

kandungan dan khasiat mesoyi
Kegunaan kayu mesoyi 

5. Mengobati Nyeri Pada Tulang

Nyeri pada tulang bisa disebabkan karena pengapuran tulang. Tulang yang kekurangan vitamin K akan menjadi tidak sehat. Selain itu nyeri pada tulang juga terjadi karena usia yang telah lanjut.

Mengobati nyeri pada tulang bisa menggunakan minyak dari kayu mesoyi, balurkan minyak pada bagian yang nyeri. Bisa juga dengan mengkonsumsi jamu kulit kayu mesoyi untuk menguatkan tulang dari dalam.

6. Mengobati Radang Mulut Rahim

Berdasarkan penelitian kandungan dan khasiat mesoyi diantaranya benzil benzoat, benzil salisilat, goniothalamin, heptyl lakton, dan nonyllakton. Semua kandungan tersebut adalah kandungan sitotoksik yang mampu mengobati penyakit yang berkaitan dengan organ dalam.

Penggunaannya bisa dengan merebus kulit kayu mesoyi dan gunakan air rebusan untuk dicampurkan dengan air bersih lalu menggunakannya untuk membersihkan kemaluan.

Seperti pada masalah keputihan dengan manfaat kulit kayu mesoyi. Gunakan secara rutin, perlakuan ini tidak ada efek samping dan bisa membuat keadaan mulut rahim membaik.

7. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi adalah penyakit yang disebabkan seseorang memiliki tekanan darah yang tinggi, dengan tekanan darah yang tinggi lalu dinding pembuluh darah yang semakin lama mengeras maka penyakit hipertensi ini akan menjadi pembunuh yang mematikan. Hipertensi masuk dalam penyakit yang menyerah darah.

Hipertensi juga bisa menyebabkan insomnia, penderitanya akan membutuhkan cara agar cepat tidur. Untuk mengatasinya gunakan kayu mesoyi dan campurkan dengan rempah lainnya seperti cengkeh dan minyak atsiri.

Gunakan untuk wewangian di ruang kamar, atau bisa juga gunakan minyak kulit mesoyi untuk dibasahkan sedikit ke sapu tangan dan hirup aromanya.

 

Bagaimana sahabat sebelumtidur.com dengan kandungan dan khasiat mesoyi??

penasaran untuk mecoba?? Share ceritamu yaa kalau pernah menggunakan kulit kayu mesoyi.

Topik Bahasan:

Cari manfaat kayu masohi. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?