7 Nama Penyakit Yang Berhubungan Dengan Darah Dan Jantung

25930 views

7 Nama Penyakit Yang Berhubungan Dengan Darah Dan Jantung – Jantung adalah salah satu organ dalam tubuh yang berfungsi untuk memompa darah. Sehingga Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting keberadaannya. Ketika jantung sudah melemah dalam memompa darah, maka keadaan tubuh seseorang akan bermasalah. Ketika jantung sudah berhenti atau tidak bisa untuk memompa darah lagi, maka akan mengakibatkan orang tersebut meninggal.

Darah yang dipompa oleh jantung akan dialirkan ke seluruh organ tubuh, ke seluruh sel tubuh. Sehingga organ-organ tubuh lainnya bisa bekerja dengan baik. Namun jika darah yang dialirkan ini mulai berkurang akan terjadi masalah dalam anggota tubuh, beberapa organ tubuh tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

7 Nama Penyakit Yang Berhubungan Dengan Darah Dan Jantung

Darah dan jantung sangat erat hubungan dan proses kerjanya. Semakin baik kondisi jantung, maka peredaran darah juga akan semakin baik. Namun kenyataanya tidka semua orang mempunyai kondisi jantung yang berfungsi dengan baik. Ada beberapa orang yang memiliki kelainan jantung, sehingga kinerja jantung dan sistem peredaran darah bermasalah dan menimbulkan penyakit.

Berikut ini 7 Nama Penyakit Yang Berhubungan Dengan Darah Dan Jantung,

1. Jantung

Serangan jantung adalah terhentinya aliran darah meskipun hanya sesaat menuju ke jantung, dan mengakibatkan beberapa sel jantung menjadi mati. Penyebab terbanyak penyakit ini adalah penyumbatan pembuluh darah. Selain itu juga karena kolesterol yang tinggi, gaya hidup (seperti merokok, minum banyak alkohol, makan makanan yang tidak sehat, tiak banyak bergerak), diabetes dan hipertensi juga.

Ketika terjadi serangan jantung, maka pasokan darah sangat berkurang ke bagian otot jantung. Apabila pasokan darah ke jantung berkurang atau berhenti sama sekali, sel-sel yang bersangkutan mengalami perubahan secara permanen hanya dalam beberapa jam saja, dan bagian otot jantung mengalami penurunan mutu.

2. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis dengan tekanan darah dari arteri meningkat. Peningkatan ini membuat kinerja jantung harus bekerja secara lebih keras lagi dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Hipertensi adalah salah satu faktor resiko utama dari penyakit stroke, jantung dan penyebab penyakit ginjal. Hipertensi disebabkan juga oleh adanya kadar garam yang tinggi pada makanan, kurang olahraga, kelebihan berat badan, faktor keturunan, merokok, terlalu banyak mengkonsumsi minumam keras, stres, resiko hipertensi meningkat seiring bertambahnya usia.

3. Anemia

Anemia adalah suatu keadaan saat jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari jantung yang diperoleh dari paru-paru dan selanjutnya akan diangkut ke seluruh bagian tubuh.

Penyebab-penyebab penyakit anemia diantaranya kurangnya zat besi di dalam tubuh, kurangnya supan folat dan vitamin B-12  yang digunakan untuk menghailkan sel darah merah, kurangnya mengkonsumsi protein hewani, penyakit-penyakit kronik (TBC, gagal ginjal, kanker, HIV, dan lain-lain), operasi, pecahnya pembuluh darah, kelainan sumsum tulang belakang. Untuk wanita bisa juga karena pendarahan , melahirkan, haid.

4. Leukimia

Penyakit leukimia disebut juga sebagai kanker darah. Penyakit ini ditandai oleh perbanyakan secara tak normal dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada sel darah putih. Sebagian besar akan terjadi produksi sel darah putih berlebih dan tidak terkendali dan meyebabkan fungsi normal darah menjadi terganggu. Sel-sel normal dalam sumsum tulang belakang digantikan oleh sel-sel tak normal atau abnormal. Sel leukimia mempengaruhi proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh.

5. Vertigo

Vertigo adalah suatu keadaan yang berupa sakit kepala dimana penderita merasa berputar-putar. Vertigo bisa terjadi beberapa saat saja atau ada yang bisa berlanjut sampai beberapa jam atau bahkan beberapa hari, ada kondisi ringan dan ada yang parah.

Penyebab vertigo bermacam-macam, diantaranya trauma kepala, iskemi sementara karena obat-obatan atau alkohol, mirain, stress, virus, beberapa kasus epilepsi, adanya penurunan aliran darah ke otak. Ketika aliran darah lancar ke seluruh tubuh atau ke otak, migrain, stress tidak akan terjadi. Namun jika darah ke otak kadarnya berkurang dari biasanya akan terjadi masalah, seperti migrain, stress, vertigo.

Bca juga tips kesehatan tentang 7 Cara Menyehatkan Otak Kanan Biar Makin Cemerlang. Biar otak kita makin sehat, sehingga penyakit vertigo ini juga bisa dihindari.

6. Insomnia

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Insomnia terbagi ke dalam 3 jenis, yaitu susah tidur, selalu terbangun di tengah malam, selalu bangun lebih cepat dari yang diinginkan. Gejala insomnia ini biasanya penderita akan mempunyai gangguan saat bangun tidur, biasanya badan terasa lelah.

Dalam dunia medis, insomnia disebabkan oleh kelainan emosi, stres, pengaruh obat-obatan. Namun dalam dunia TCM atau pengobatan cina, insomnia disebabkan karena darah yang berada dalam jantung kurang, maka akan terjadi kurangnya nutrisi di dalam jantung. Kurangnya nutrisi ini akan mengakibatkan oksigen yang dialirkan oleh darah ke otak jumlahnya berkurang walaupun hanya sedikit, sehingga terjadi gangguan stress, insomnia, mudah marah, daya ingat menurun.

7. Stroke

Stroke adalah suatu keadaan terjadinya kerusakan di otak. Hal ini bisa terjadi karena pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak tersumbat atau rusak dan adanya gangguan suplai darah ke otak. Selain itu juga pasokan darah dan oksigen yang dibawa darah ke otak berkurang. Ketika penderita stroke tidak sadarkan diri secara tiba-tiba maka oksigen yang diangkut tidak sampai ke otak.

Stroke disebabkan oleh penyakit yang diderita sebelumnya seperti hipertensi, kolesterol, gangguan jantung, diabetes, migrain. Selain itu juga disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat seperti kebiasaan merokok, minum minuman keras, minuman bersoda, gemar makan makanan cepat saji (fast food dan jung food). Faktor gaya hidup karena kurangnya olahraga, kebiasaan tidur yang kurang, keadaan suasana hati yang sering stress dan marah-marah, emosi tidak terkendali.

Itulah 7 Nama Penyakit Yang Berhubungan Dengan Darah Dan Jantung. Semoga bisa memberikan tambahan ilmu tentang kesehatan, sehingga kita bersama, kami Sebelumtidur.com, Anda dan kita semua bisa menerapkan pola hidup sehat. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Topik Bahasan:

Cari nama penyakit yang berhubungan dengan darah dan jantung, penyakit darah dan jantung, Nama-nama penyakit yang berhubungan dengan darah dan jantung, penyakit yang berhubungan dengan darah, nama nama penyakit yg berhubungan dengan darah dan jantung, sebutkan nama nama penyakit yang berhubungan dengan darah dan jantung, penyakit yg berhubungan dengan darah dan jantung, penyakit darah, nama nama penyakit darah, nama penyakit yg berhubungan dengan darah dan jantung. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?