makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui
makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui

10 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui

Posted on

Sebelumtidur.com – Moms, Sudah tau kalau ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui?? Agar buah hati mendapatkan asupan gizi yang maksimal dari ASI, maka moms harus hati-hati dalam memilih makanan untuk dikonsumsi.

Bayi bisa mengalami masalah pencernaan bahkan bisa sampai keracunan jika moms tidak memperhatikan makanan.

Perut bayi sangat sensitif moms, beda dengan perut orang dewasa. Usus bayi masih sangat tipis jadi lebih baik moms benar-benar memperhatikan makanan yang boleh dikonsumsi ibu menyusui maupun yang tidak.

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui

Banyak informasi yang salah beredar dimasyarakat mengenai makanan terlarang untuk ibu menyusui. Banyak makanan yang dilarang untuk dikonsumsi, padahal sebenarnya makanan tersebut dibutuhkan untuk kelengkapan nutrisi bayi dan ibu.

Sebenarnya tidak ada makanan tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui, hanya saja porsi yang harus diperhatikan. TIdak berlebihan itu menjadi catatan yang utama yaa moms..

Nahh lalu makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui sebenarnya apa aja sihh,, yukk kita simak bersama moms..

1. Manakan Pedas

makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui

Pecaya gak kalau moms makan tanpa rasa pedan seperti tidak makan?? Apalagi yang hobi dengan makanan pedas, seperti tersiksa rasanya kalau dilarang makanan pedas saat menyusui.

Makanan pedas boleh dikonsumsi yaa moms, tapi jangan terlalu banyak, cukup sedikit saja sebagai rasa pemuas saat makan. Cabai yang menyebabkan makanan menjadi pedas karena ada kandungan zat capcaisin.

Rasa pedas tidak akan dirasakan bayi saat minum ASI, tapi kandungan capcaisin ini akan ikut masuk ke tubuh bayi.

Terdapat bayi yang sensitif dengan zat capcaisin sehingga membuatnya menjadi diare, jadi pantau terus yaa moms makanan pedanya, agar si kecil tidak sakit ^_^

2. Makanan Mengandung Kafein

Makanan dengan kafein adalah makanan tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui, Kenapa?? Kandungan kafein akan menyebabkan bayi menjadi aktif, terjaga, dan rewel. Makanan atau minuman yang mengandung kafein diantaranya soda/ cola, obat pereda nyeri, coklat, kopi, dan teh.

Konsumsi kafein untuk ibu yang menyusui bayi usia 0-4 bulan lebih baik dihindari. Pada masa ini bayi metabolisme tubuh bayi baru terbentuk sehingga akan terganggu jika ibu mengkonsumsi makanan/ minuman yang mengandung kafein.

3. Mie Instan

Makanan cepat saji mengandung banyak pengawet dan obat-obatan, selain itu nutrisi yang terkandung di dalamnya juga sangat minim. Mengkonsumsi makanan cepat saji seperti mie instan akan mempengaruhi kualitas ASI.

Mie instan yang mengandung MSG akan berbahaya bagi kesehatan, ingat moms makan jangan asal kenyang saja tapi juga perhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya untuk tumbuh kembang bayi.

4. Makanan ber-MSG Tinggi

MSG atau Monosodium glumate adalah zat adiktif yang dapat mengganggu kesehatan. Penggunaan MSG menjadi kontroversi di masyarakat, katanya mengganggu kesehatan tapi masih banyak digunakan di warung-warung makan.

Konsumsi MSG akan menyebabkan moms menjadi pusing dan mengakibatkan gangguan saraf seperti kesemutan, mati rasa, dan leher terasa terbakar.

Kondisi terburuk dengan MSG bisa menyebabkan diabetes. Orang tua yang terkena diabetes maka 60% anak akan beresiko terkena diabetes juga.

5. Jeruk

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui selanjutnya yaitu jeruk. Kenapa jeruk?? padahal jeruk kan bagus untuk kesegaran badan dengan vitamin C nya yang tinggi !!

Nahh ini menjadi bahan pembicaraan yang asik. Jeruk yang dikonsumsi oleh ibu menyusui dapat mengganggu pencernaan bayi. Bayi yang baru lahir memiliki pencernaan yang sensitif, jadi ketika ibu mengkonsumsi jeruk bayi bisa menjadi diare.

Bayi belum bisa menerima vitamin C yang tinggi, apalagi bayi yang baru lahir. Jika ibu terus mengkonsumsi jeruk maka bayi bisa muntah setelah minum ASI, selanjutnya bayi akan menangis terus karena merasa perutnya tidak nyaman.

Makanan yang boleh dikonsumsi ibu menyusui sebagai pengganti jeruk yaitu pepaya, mangga, atau pisang.

6. Kerang Laut dan Udang

makanan yang boleh dikonsumsi ibu menyusui

Makanan laut terkadang menimbulkan alergi bagi pemakannya. Kerang dan udang bisa menyebabkan alergi dengan beberapa tanda seperti bayi menangis terus menerus, mengi, sulit bernafas dan ruam merah pada kulit bayi.

Ibu yang melahirkan bayi yang prematur disarankan tidak mengkonsumsi makanan laut. Hal ini untuk mengantisipasi alergi yang timbul, bayi prematur memiliki sensitifitas yang lebih tinggi dari pada bayi yang lahir di usia normal.

7. Makanan Mengandung Gas

Makanan yang mengandung gas tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui. Makanan dengan gas tinggi akan menyebabkan perut bayi menjadi kembung, bayi sering menggeliat, dan menangis terus menerus.

Makanan yang mengandung gas akan menyebabkan lambung dan usus bayi menjadi iritasi sehingga bayi akan muntah setelah mendapatkan ASI. Beberapa makanan yang mengandung gas yaitu brokoli, kubis, kembang kol, dan terong.

8. Produk Hasil Olahan Susu

Bayi memiliki pencernaan yang sensitif, sehingga sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui. Ada bayi yang sensitif dengan olahan susu, namun ada juga yang tidak alergi.

Perbedaan ini tergantung pada daya tahan tubuh bayi serta faktor keturunan.

Produk olahan susu yang hendaknya dihindari ibu menyusui yaitu keju, es krim, yogurt, dan sebagainya. Gejala yang bisa muncul adalah sulit tidur, dakit perut, dan eksim. Jadi perhatikan terus makanan yang dikonsumsi yaa moms.

9. Makanan Tinggi Protein

Memang tidak semua bayi akan alergi dengan protein yang tinggi, tapi kondisi ini berguna untuk mengantisipasi bayi yang ternyata alergi protein. Makanan berprotein tinggi sama halnya dengan makan cabe, untuk berjaga-jaga lebih baik moms selalu memperhatikan yang dikonsumsi.

Makanan tinggi protein seperti susu, kacang-kacangan, telur, ikan laut, serta lainnya.

10. Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui yang terakhir pada artikel ini yaitu makanan yng mengandung lemak jenuh akan berbahaya bagi otak bayi. Lemak jenuh akan menghambat produksi omega 3, yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan bayi.

Perhatikan yaa moms, agar si kecil tumbuh dengan sempurna ^_^

 

Moms yukk cerita tentang makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui yang pernah dialami… Ditunggu yaa…

Topik Bahasan:

Cari makanan yang dilarang untuk ibu menyusui, makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui, makanan yang dilarang ibu menyusui, makanan yang tidak boleh untuk ibu menyusui, makanan dan minuman yg di hindari ibu menyusui, yg tdk boleh dikonsumsi ketika menyusui, Makanan apa yang tidak boleh di makan saat menyusui, makanan apa saja yg di larang ibu menyusui, jenis makanan yang tidak boleh dimakan ibu menyusui, ibu menyusui apa boleh makan pedas dan buah mangga. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?