obat batuk tradisional untuk anak usia 1 tahun
obat batuk tradisional untuk anak usia 1 tahun

3 Ramuan Obat Batuk Tradisional Untuk Anak Usia 1 Tahun, Herbal Alami

Posted on

Sebelumtidur. com Obat batuk tradisional untuk anak terbuat dari bahan alami yang mudah ditemui di pasaran. Diracik sendiri dengan takaran yang bisa disesuaikan dengan kondisi batuk anak.

Moms, anak memang rentang terkena batuk dan pilek, sebagai ibu hebat harus paham gejala-gejalanya sekaligus cara agar batuk yang di derita si kecil tidak terlalu lama dan bisa segera sembuh.

Kita pasti tidak tege melihat buah hati kita batuk-batuk sampai merah wajahnya. Pemilihan obat kimia bisa jadi mengakibatkan anak alergi, namun dengan ramuanĀ obat batuk tradisional untuk anak usia 1 tahun bisa membantu meringankan batuk dan pastinya tanpa efek samping.

Obat Batuk Tradisional Untuk Anak Usia 1 Tahun

DIbandingkan dengan orang dewasa, anak-anak cenderung lebih mudah terkena virus dan rentang terhadap penyakit.

Sistem imun yang belum kebal membuat anak menjadi lemah dan bisa mudah tertular penyakit, belum lagi kalau anak sering dibawa pergi oleh kedua orang tuanya.

1. Ramuan Jahe dan Kencur

obat batuk alami untuk anak usia 1 tahun keatas

Jahe adalah tanaman herbal yang sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia. Jahe biasa digunakan untuk membuat minuman penghangat badan. Jahe juga sudah sering digunakan untuk bahan dasar pembuatan obat.

Selain sebagai penghangat badan, jahe juga mampu mencegah kanker, mengatasi masalah pernafasan, melancarkan pencernaan, dan mengatasi memar rasa nyeri.

Jahe juga bisa untuk kecantikan seperti mengatasi kulit berminyak dan menghilangkan ketombe.

Kencur yang juga merupakan obat dan bumbu masak yang tidak asing lagi. Kencur dipercaya bisa mendorong dahak keluar saat terserang penyakit batuk.

Kandungan dalam kencur yaitu pati, mineral, minyak atsiri, asam metil kanil, asam sinamat, asam dasimat, dan alkolid.

Kandungan dalam kencur dapat menjadi obat diare, amasuk angin, flu, sakit kepala, dan keseleo, tapi satu yang terkenal pada kencur yaitu obat batuk alami untuk anak usia 1 tahun keatas.

Cara Membuat :

  1. Memarkan jahe dan kencur masing-masing 1 cm
  2. Rebus dengan 1 gelas air
  3. Tambahkan perasan jeruk nipis
  4. Tambahkan 1 sendok madu
  5. Setelah mendidih angkat ramuan
  6. Jika sudah hangat dapat disaring dan segera diminumkan pada anak.

2. Ramuan Jeruk Nipis dan Madu

obat batuk alami untuk anak usia 1 tahun keatas

Jeruk nipis salah satu buah yang memiliki vitamin C yang tinggi. Selain vitamin C juga ada karbohidrat, serat pangan, lemak, protein, kalsium, asam folat, vitamin B komplek, mineral, dan lainnya.

Kandungan jeruk nipis yang lengkap tersebut memiliki manfaat diantaranya meredakan infeksi pada tenggorokan, mengencerkan dahak, mengobati sakit gigi, menurunkan berat badan, menyehatkan ginjal, dan membantu mengobati hipertensi.

Madu adalah bahan obat yang tidak diragukan lagi. Rasa manis pada madu karena terdapat substansi monosakarida, glukosa, dan fruktosa. Ketiga kandungan ini membuat madu menjadi terasa manis seperti gula.

Madu bermanfaat untuk mengobati batuk dan radang tenggorokan, menjaga saluran cerna, menurunkan berat badan, mencegah bakteri, dan memberi tambahan energi bagi yang mengkonsumsinya.

Madu sangat baik jika dikonsumsi secara teratur, tapi ingat madu yang dipilih harus yang steril dan asli.

Cara membuat :

  1. Campurkan 3 sdm air perasan jeruk, 3 sdm madu
  2. Tambahkan 5 sdm air matang
  3. Campuran bahan di tim selama 30 menit
  4. Campuran siap dikonsumsi

TakaranĀ obat batuk tradisional untuk anak dengan bahan jeruk nipis dan madu yaitu untuk anak umur 1 tahun cukup 1/2 sdt, sedangkan untuk anak 2 tahun 1 sdt.

Ramuan dapat diminum sehari 2 kali. Lakukan teratur yaa moms sampai si buah hati tidak batuk lagi.

3. Ramuan Bunga Belimbing Wuluh

obat batuk alami untuk anak usia 1 tahun keatas

Obat batuk tradisional untuk anak usia 1 tahun dengan bunga belimbing wuluh sepertinya masih asing didengar. Biasanya yang sering digunakan adalah buah belimbing wuluh untuk pemberi rasa asam pada masakan.

Bunga belimbing wuluh dipercaya dapat menyembuhkan penyakit batuk, selain itu juga bisa menjadi obat sariawan dan bibir pecah-pecah, menhilangkan jerawat, mengontrol muka berminyak, dan juga dapat digunakan untuk mengobati panu dan kadas.

Cara membuat :

  1. Siapkan segenggam bunga belimbing wuluh
  2. Siapkan 1/2 gelas air matang
  3. Siapkan sesendok gula batu
  4. Sesiung bawang merah potong menjadi 4 bagian
  5. Siapkan buah pala secukupnya dan haluskan
  6. Tim semua bahan selama 1 jam

Obat batuk tradisional untuk anak ramuan bunga belimbing wuluh siap digunakan setelah disaring. Ramuan bisa diminumkan pada anak.

Dosis yang tepat yaitu 3-4 kali selama sehari masing-masing 1 sdm. Ramuan ini cocok untuk obat batuk alami untuk anak usia 1 tahun keatas.

IKLAN: Obat Batuk Alami Untuk Anak

Bagi kakak yang ingin praktis, jaman sekarang sudah ada format moderen terapi pengobatan alami untuk batuk pilek untuk anak. Halal tanpa campuran bahan kimia sintetis. Yakni pakai Madu anak Anatuk. Komposisi madu anatuk adalah sebagai berikut Rp 65rb/botol:

obat batuk alami untuk anak madu anatuk

Beli Madu Anatuk DI SINI

 

Silakan dicoba yaa moms ^_^

Semoga bermanfaat @_@

Topik Bahasan:

Cari bikin buat cara mebuat obat batuk anak usia umur 1 tahun. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?