penyakit tentang jantung
penyakit tentang jantung

5 Penyakit Tentang Jantung, Ternyata Ini Gejala dan Penyebabnya

Posted on

Sebelumtidur.comPenyakit tentang jantung memiliki jenis yang bermacam macam, terkadang penderita tidak hanya mengida 1 jenis saja, tapi bisa 2 bahkan lebih sehingga menimbulkan komplikasi. Ada berbagai penyebab yang menimbulkan penyakit jantung.

Penyakit tentang jantung lemah bisa saja dibawa sejak lahir tapi juga bisa karena pola hidup yang tidak sehat. Serangan jantung atau tentang penyakit jantung koroner adalah pembunuh paling banyak di dunia.

Ada lebih dari 50 jenis penyakit yang mengancam bagi mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat. Pola hidup adalah kunci utama menjaga kesehatan, menjaganya dengan baik saja masih bisa terkena penyakit apa lagi yang tidak memperdulikan.

Penyakit Tentang Jantung

Keadaan otot jantung yang lemah adalah bawaan sejak lahir, otot yang lemah ini membuat si penderita tidak dapat beraktivitas berlebihan. Dengan aktivitas yang berlebihan akan memicu jantung untuk bekerja dengan keras, oleh sebab itu dada akan semakin sakit dan tubuh menjadi kebiru biruan.

Penderita penyakit tentang jantung lemah maupun penyakit tentang jantung lainnya akan membuatnya sering pingsan. Berikut ini 5 jenis penyakit tentang jantung yang biasa menyerang masyarakat Indonesia.

1. Kelainan Katup Jantung

penyakit tentang jantung lemah
Penyakit Tentang Jantung Lemah

Katup jantung menyerupai pintu satu arah yang ada pada jantung, tepatnya ada diantara 4 ruangan pada jantung dan pembuluh darah. Katup jantung berfungsi untuk menjaga aliran darah yang berasal dari seluruh tubuh maupun yang keluar dari jantung.

Penyebab penyakit ini terjadi karena katup jantung menebal, kaku, dan saling menempel sehingga akan sulit terbuka. Kondisi ini akan membuat darah tidak dapat mengalir di ruang selanjutnya atau ke seluruh tubuh sehingga akan memicu penyakit jantung lainnya.

2. Gagal Jantung Kongestif

Gagal jantung kongesif adalah kondisi jantung tidak memompa darah yang cukup untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Ketika salah satu bagian jantung tidak memompa darah keluar maka darah dibagian jantung yang lain akan menggenang sehingga mengganggu peredaran darah.

Penyakit tentang jantung lemah, Gagal jantung adalah penyakit yang terjadi karena tiba tiba tapi bisa juga dikenali gejala gejalanya.

Gejala umumnya yaitu napsu makan hilang, mual, sering buang air di malam hari, BB cepat naik, dan organ dalam membengkak karena ada cairan.

tentang penyakit jantung koroner
Tentang Penyakit Jantung Koroner

3. Inflamasi jantung

Inflamasi jantung yaitu penyakit yang disebabkan pada bagian miokarditis atau dinding jantung, selaput jantung, dan bagian dalam jantung mengalami reaksi lokal terhadap infeksi atau racun.

Inflamasi jantung yang terjadi ketika peradangan otot jantung pada miokarditis, kantung membran yang sering disebut dengan pericarditis, dan lapisan dalam jantung. Peradangan ini akan membuat jaringan tubuh rusak karena beberapa mediator terlepas.

Mediator tesebut diantaranya enzim lisosom neutrofil dan makrofag yang menyebabkan kerusakan sel, prostalgadin yang menyebabkan nyeri berlebih, histamin dan zat lain yang menyebabkan meningkatnya permeabilitas vaskuler.

Tanda tanda yang akan muncul ketika penderita mengalami inflamasi jantung diantaranya panas, nyeri pada dada, kemerahan pada tubuh, tumor atau dada membengkak, dan gangguan fungsi organ karena jaringan yang rusak.

4. Aritmia

Aritmia yaitu penyakit jantung yang disebabkan implus elektrik yang bekerja tidak normal, dengan begitu irama jantung menjadi berdetak terlalu cepat, terlalu lemah, dan tidak teratur. Aritmia biasanya timbul dengan gejala gejala yang tidak disadari oleh penderitanya.

Penyakit tentang jantung aritmia biasanya menimbulkan gejala rasa berdebar debar, kelelahan, pusing, sesak napas, nyeri pada dada, dan pingsan.

Gejala ini sangat umum dirasakan banyak orang jadi jika perlu segera konsultasi ke dokter jika mengalami gejala yang tidak wajar pada jantung.

Penyebab aritmia yaitu penggunaan narkoba, efek samping dari obat obatan, mengkonsumsi alkohol, terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan nikotin, gangguan kelenjar tiroid, dan diabetes.

5. Jantung Koroner

Tentang penyakit jantung koroner disebabkan karena ada lapisan lemak atau kolesterol di dinding nadi yang menyumbat pembuluh darah. Lapisan lemak tersebut mengganggu suplai darah ke jantung maupun dari jantung. Ketika darah tersumbat oleh lemak inilah disebut jantung koroner.

Penyebab utama jantung koroner adalah kolesterol yang tinggi. Lapisan lemak tersebut muncul karena kecanduan rokok dan hipertensi. Saat ini sudah banyak produk minyak ikan salmon yang berfungsi untuk menghilangkan kolesterol dan menjaga peredaran darah agar tetap baik.

Tentang penyakit jantung koroner, gejala yang dialami penderita jantung koroner diantaranya nyeri pada bagian dada yang biasanya menjalar sampai ke leher dan punggung, keringat dingin, dan muncul rasa mual.

 

Bagaimana sahabat sebelumtidur.com tentang artikel penyakit jantung???

Yukk jaga kesehatan … :):)

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?