buah yang baik untuk ibu menyusui
buah yang baik untuk ibu menyusui

11 Buah Yang Baik Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas Dan Gemuk

Posted on

Sebelumtidur.com – Buah buahan memang memiliki banyak manfaat. Tapi beberapa buah memiliki keistimewaan tersendiri. Buah yang baik untuk ibu menyusui dengan kandungan zat yang bisa memperlancar produksi ASI dan membuat anak lebih gemuk dan cerdas.

Buah yang baik untuk ibu menyusui yaitu buah terkandung mineral dan vitamin yang baik untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh anak, melancarkan sistem pencernaan, dan merangsang pertumbuhan tulang dan gigi.

Manfaat buah lainnya yaitu dapat menangkal radikal bebas penyebab sakit dan masih banyak lagi manfaat buah ibu menyusui.

Ada banyak sekali jenis buah buahan di sekitar kita. Mulai dari harga yang murah sampai yang mahal semua bisa ditemui. Buah buahan yang baik untuk ibu menyusui akan dirangkum dalam artikel ini.

Buah Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Ada banyak sekali buah yang bisa dikonsumsi, tapi buah buahan yang ada di daftar ini memiliki manfaat yang spesial jika dikonsumsi oleh ibu menyusui, buah buahan tersebut diantaranya:

1. Pisang

buah yang baik untuk ibu menyusui
buah yang baik untuk ibu menyusui

Pisang salah satu buah yang kaya akan kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Satu satunya buah yang 100%zat besinya bisa diserap tubuh. Kandungan vitamin A yang tinggi sebesar 45mg per 100 gram. Pisang juga mengandung vitamin B yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan B6.

Jangan ragu konsumsi buah pisang yaa moms, karena banyak kandungan mineral yang baik untuk ibu dan bayi. Buah yang harganya murah meriah tapi berkhasiat tinggi.

2. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, baik untuk pencernaan bagi yang susah buang air besar. Buah pepaya juga bisa digunakan untuk pengobatan herbal yaitu dapat mencegah kanker, mengatasi sembelit, dan menjaga kesehatan mata.

Biji pepaya ternyata juga bermanfaat untuk antioksidan dalam darah karena dapat menurunkan kolesterol dan LDL (lemak jahat), serta meningkatkan HDL.

Biji pepaya bisa disajikan delam bentuk jus, yaitu biji diblender sampai halus lalu disaring, blender ditambahkan dengan air.

3. Apel

Apel salah satu buah ibu menyusui yang direkomendasikan dokter. Apel dapat mengurangi resiko kanker usus besar dan kanker paru paru.

Apel memiliki kandungan vitamin C dan juga memiliki senyawa antioksidan lainnya. Terdapat serat dalam apel yang dapat membantu mengontrol pergerakan usus sehingga mampu mengurangi resiko kanker usus besar.

Mengkonsumsi apel dengan rutin dapat menyehatkan kulit juga moms, selain itu apel juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Buah apel tidak mengandung kolesterol dan mempunyai serat yang dapat mengurangi kolesterol.

4. Mangga

Buah yang sangat familiar untuk keluarga Indonesia. Buah mangga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mampu untuk mengatasi sembelit atau susah buang ari besar. Vitamin A, C, B2, dan B9 juga terkandung di dalam buah mangga.

Vitamin vitamin yang ada di buah mangga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan anak yang masih tahap menyusui. Dari 100 gram mangga terdapat gula 14,8 gam, sehingga membuat mangga biasanya terasa manis.

5. Alpukat

buah yang baik untuk ibu menyusui
buah yang baik untuk ibu menyusui

Buah buahan yang baik untuk ibu menyusui selanjutnya yaitu alpukat. Daging buah alpukat dapat membantu mempercepat penyembuhan sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Tidak hanya buahnya saja biji alpukat yang besar bisa menjadi bahan pewarna yang tidak mudah luntur.

Daun alpukat yang telah direbus dapat membantu mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri syaraf, nyeri lambung, saluran pernapasan, dan membantu melancarkan menstruasi.

6. Strowberry

Strowberry biasanya terasa asam. Kandungan vitamin A, B, C, B2, dan B6 adalah bagian dari nutrisi yang ada di strowberry. Mengkonsumsi strowberry secara rutin dapat menjaga kesehatan tulang, jantung, menjaga fungsi orak, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah yang baik untuk ibu menyusui yaitu strowberry ternyata juga bisa meningkatkan mood seseorang, jadi kalau ada teman/ sahabat/ kekasih yang lagi badmood, berikan saja strowberry.

7. Kurma

Buahan buah ibu menyusui selanjutnya yaitu kurma. Kurma memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Setiap 100 gram kurma segar dapat mengandung vitamin C dan energi sebesar 230 kcal. Air yang terkandung dalam kurma relatif sedikit, hal ini tidak membuatnya lebih pekat saat proses pengeringan berlangsung.

Vitamin C pada kurma akan hilang ketika kurma dikeringkan. Jadi pilihlah kurma yang bebas dari pengawet.

8. Jeruk

Jeruk dapat menurunkan resiko seseorang terkena stroke, terutama bagi perempuan. Mengkonsumsi jeruk juga dapat menurunkan tekanan darah yaitu dengan mempertahankan asupan natrium yang rendah . Jeruk mengandung kalium yang tinggi, jika kalium tinggi maka penurunan resiko kematian karena berbagai kasus.

Jeruk dapat membantu sistem pencernaan tubuh karena jeruk memiliki zat akali yang bagus untuk pencernaan manusia.

9. Sawo

buah yang baik untuk ibu menyusui
buah yang baik untuk ibu menyusui

Buah buahan yang baik untuk ibu menyusui yaitu sawo. Sawo dapat membantu pembentukan sel darah merah. Kekurangan sel darah merah karena anemia yang membuat tubuh merasa lemas dan pusing bisa dibantu dengan mengkonsumsi sawo secara rutin.

Ibu menyusui yang terkena anemia biasanya belum diijinkan untuk mengkonsumsi obat-obatan, sawo bisa menjadi solusinya.

Sawo juga memiliki kandungan vitamin A sehingga akan menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin C pada sawo bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga buat ibu menyusui akan dapat terjaga dari berbagai penyakit.

10. Jambu Biji

Jambu biji memiliki kandungan folat yang dapat mencegah cacat tabung syaraf. Syaraf yang sehat akan membentuk sistem kerja tubuh yang optimal. Jambu biji juga dapat membantu menjaga kecantikan ibu menyusui.

Kandungan lycopene dapat membantu kulit ibu dari paparan sinar UV sehingga dapat menjaga kecantikan ibu. Jambu sangat kaya serat dan hipoglikemik yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memicu kerja jantung.

11. Buah Naga

Yang terakhir untuk buah buah ibu menyusui yaitu buah naga. Buah naga dapat membantu mencegah diabetes. Karena memiliki kandungan gula yang rendah sehingga aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Buah naga memiliki kandungan B2, B1 yang dapat menambah napsu makan.

Buah naga dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler, yaitu penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah. Selain itu buah naga juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tingkat stres.

 

Bagaimana moms tentang buah buah yang baik untuk ibu menyusui??

Jangan lupa makan buah yaa hari ini.

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?