nutrisi yang baik untuk ibu menyusui
nutrisi yang baik untuk ibu menyusui

11 Nutrisi Yang Baik Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas Dan Sehat

Posted on

Sebelumtidur.comNutrisi yang baik untuk ibu menyusui harus dipenuhi agar si buah hati bisa mendapatkan nutrisi yang cukup pula. Ketika seorang bayi tidak mendapat asupan nutrisi yang memadai, dia bisa terkena penyakit Cystic Fibrosis yaitu penyakit pada pankreas.

Penyakit tersebut mempengaruhi kinerja pankreas yang menyebabkan bayi susah menyerap nutrisi. Pankreas adalah organ yang memproduksi enzim yang dibutuhkan dalam pencernaan.

Kita bayangkan saja ketika seorang bayi tidak mampu menyerap makanannya maka dia akan terjangkit malnutrisi. Perhatikan juga makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui.

Nutrisi yang bagus untuk ibu menyusui akan menurun pada nutrisi ke bayi. Karena pada dasarnya ibu dan bayi tidak dapat dipisahkan, apapun yang masuk ke tubuh ibu akan dikonsumsi juga oleh bayi karena masih tahap menyusui.

Dengan begitu harus memperhatikan menu makanan ibu menyusui agar nutrisinya bisa tercukupi.

Nutrisi Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Menu makanan ibu menyusui hendaknya diperhatikan, karena menu makanan ini akan berdampak pada kualitas ASI yang dimiliki. Bayi yang berusia 0-6 bulan hanya boleh diberi ASI, dan tidak diperkenankan diberi makanan yang lain. Jadi harus benar-benar diperhatikan nutrisi untuk si buah hati.

Nutrisi yang bagus untuk ibu menyusui diantaranya:

1. Mengkonsumsi Ikan Salmon

Mengkonsumsi minyak ikan Salmon memang sudah dipercaya dapat memenuhi nutrisi ibu menyusui maupun bayi nya. Berdasarkan hasil penelitian minyak ikan salmon mengandung omega 3, DHA, dan EPA yang berfungsi untuk mencerdaskan anak.

ASI memang memiliki DHA tetapi tidak ada salahnya jika meningkatkan asupan DHA untuk bayi. Nutrisi ibu yang sehat akan membuat bayi menjadi sehat juga.

2. Daging Sapi Tanpa Lemak

nutrisi yang baik untuk ibu menyusui
nutrisi yang baik untuk ibu menyusui

Daging sapi kaya akan nutrisi. Jika ibu menderita anemia maka menu makanan ibu menyusui dengan daging sapi sangatlah cocok. Daging sapi memiliki zat besi yang tinggi.

Mengkonsumsi 100 gram daging sapi tanpa lemak setiap harinya bisa memperbaiki kandungan zat besi pada tubuh ibu.

Saat stres produksi ASI akan menurun, untuk meningkatkan produksi ASI juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak.

3. Daun Katuk Segar

Daun katuk kaya akan kalsium, fosfor, zat besi, dan potasium. Seikat daun katuk mengandung mineral tersebut yang mencapai 2,8%. Kandungan ini mampu mencukupi kebutuhan mineral tubuh. Kandungan mineral pada daun katuk juga mampu mencegah osteoporosis.

4. Susu Kedelai Hijau

Susu kedelai memiliki lemak nabati yang bagus untuk tubuh. Dibalik kesegaran susu kedelai ada vitamin D yang membantu dalam pencegahan penyakit tulang.

Susu kedelai menguatkan tulang ibu dan bayi. Vitamin D juga mampu untuk menjadi antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

5. Camilan Kurma

nutrisi yang baik untuk ibu menyusui
nutrisi yang baik untuk ibu menyusui

Dalam 1 butir kurma terkandung 50% glukosa dan 2-4% serat yang membantu dalam mempercepat pengembalian energi. Mengganti cemilan yang penuh dengan karbohidrat dengan kurma akan membantu ibu diet pasca melahirkan.

Kurma nutrisi yang baik untuk ibu menyusui. Kurma mengandung tanin yang dapat membantu dan menjaga daya tahan tubuh dan juga dapat berfungsi anti infeksi. Selain itu dengan mengkonsumsi kurma secara teratur dapat mengecilkan perut ibu.

6. Beras Merah

Beras merah dan gandum utuh adalah karbohidrat yang dapat mengganti nasi. Beras merah memiliki kandungan asam folat yang bagus untuk mencukupi nutrisi ibu menyusui.

Beras merah mampu menjadi pengganti nasi dalam memberikan asupan karbohidrat dalam tubuh. Dengan karbohidrat yang tercukupi maka kualitas ASI akan meningkat.

7. Air Putih Yang Cukup

Air yang dimasukan ke tubuh harus setara dengan air yang dikeluarkan dalam tubuh, termasuk cairan ASI yang dikeluarkan untuk bayi.

Jumlah cairan untuk ibu menyusui memang tidak boleh kurang, harus terpenuhi  sesuai kebutuhan.

Konsumsi air putih untuk orang normal yaitu 8 gelas tapi untuk ibu menyusui lebih baik menambah 4 gelas lagi. ASI yang kandungan terbesarnya adalah air jumlah konsumsi air yang banyak untuk ibu hamil memang diperlukan. Jangan lupa minun yang banyak yaa bu.

8. Kacang Kacangan

nutrisi yang baik untuk ibu menyusui
nutrisi yang baik untuk ibu menyusui

Beberapa manfaat dari mengkonsumsi kacang-kacangan untuk ibu hamil diantaranya meningkatkan produksi ASI, mengandun folat dan serat yang bagus untuk ibu, dan juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Kacang kacangan yang terlalu banyak dikonsumsi ibu akan mengakibatkan anak menjadi kolik. Untuk mencegah anak terkena kolik bisa dilakukan dengan merebus kacang sebelum memakannya, bisa juga dengan merendam kacang dalam air dan diganti airnya sebelum masak.

9. Ikan Tuna

Ikan tuna yang dipilih yaitu ikan yang bebas dari merkuri. Ikan laut mengandung banyak omega 3 yang bagus untuk kecerdasan anak. Salah satu ikan laut yang disarankan yaitu ikan tuna.

Masyarakat Jepang banyak yang mengkonsumsi ikan tuna. Ikan tuna yang dikonsumsi bisa langsung dimakan tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

10. Tahu dan Tempe

Nutrisi yang bagus untuk ibu menyusui salah satunya dalah tahu dan tempe. Tahu dan tempe adalah makanan tradisional yang kaya akan protein. Di setiap pasar pasti ada yang menjual tahu maupun tempe.

Kandungan tempe yang mempunyai senyawa aktif yang dapat mengantisipasi penyakit degeneratif. Vitamin E, karotenoi, superoksida deismutase, dan isoflavon merupakan penangkal yang baik untuk penyakit degeneratif.

11. Telur Ayam Jawa

Salah satu kandungan telur yang paling bagus untu perkembangan buah hati yitu kandungan kolin yang tinggi. Kandungan kolin berfungsi untuk perkembangan sistem awal syaraf dan otak janin.

Tidak hanyak kolin tapi berbagai nutrisi yang ada di telur sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan anak. Telur yang dikonsumsi disarankan adalah telur ayam kampung, karena makanan yang dikonsumsi ayam kampung aman bebas pengawet berbeda dengan ayam kota dan ayam petelur yang sudah banyak diberi obat.

 

Nahh bagaimana dengan artikel nutrisi yang baik untuk ibu menyusui??

Yukk penuhi nutrisi bayi…

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?