makan banyak tapi tidak gemuk
makan banyak tapi tidak gemuk

5 Rahasia Makan Banyak Tapi Tidak Gemuk, Bikin Iri Yang Lagi Diet

Posted on

Sebelumtidur.com – Anda sudah┬ámakan banyak tapi tidak gemuk?? Atau mungkin cuma bertambah sedikit berat badannya. Kenapa Anda susah gemuk??

Makan banyak tapi kurus seperti menjadi frustasi tersendiri bagi orang yang kurus. Usia bertambah tapi jarum di timbangan tidak bergeser. Merasakan susahnya mendapatkan tubuh yang ideal, yaa memang bentuk tubuh yang ideal menjadi dambaan untuk setiap orang.

Kenapa sudah makan banyak tapi tidak gemuk juga?? Bisa jadi kalori yang dikonsumsi masih kurang atau nutrisi yang masuk hanya karbo saja. Berikut ini kita akan bahas alasan makan banyak tapi kurus, simak terus yaa sobat.

Makan Banyak Tapi Tidak Gemuk

Jika seseorang sudah makan banyak biasanya berat badan akan terus naik, tapi kenapa sudah makan banyak tapi tidak gemuk juga? Tidak sedikit orang yang mengalami masalah seperti ini, susah sekali menggemukan badan. Berikut alasannya.

1. Gangguan Pada Metabolisme Tubuh

Menurut Prof. dr. Bambang Wiratmadi, metabolisme tubuh yang mengalami gangguan dapat menyebabkan badan tetap kurus walaupun sudah makan dengan banyak. Proses metabolisme yang cepat akan membakar makanan dengan cepat juga dan mengubahnya menjadi energi.

Metabolisme adalah proses kimiawi yang dilakukan dalam tubuh untuk memproses makanan yang dimasukan menjadi energi dan berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melaksanakan aktivitas.

Walaupun sedang istirahat, proses metabolisme akan terus berjalan, yaa mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan dasar tubuh, seperti bernafas, memperbaiki jaringan yang rusak, dan lainnya.

2. Terlalu Stres

makan banyak tapi kurus
Makan banyak tapi kurus

Terlalu stres akan membuat Anda terus kepikiran dengan masalah yang dihadapi. Ketika stres kadang orang melampiaskan kemarahannya dengan makan sebanyak banyaknya, padahal otak bekerja juga membutuhkan energi jadi makanan yang dia makan akan langsung habis untuk memenuhi kebutuhan otak yang bekerja keras.

Ada juga orang yang stres dampaknya pola makan menjadi berantakan. Asupan yang berkurang karena stres. Jadi disarankan walaupun Anda sedang mengalami stres lebih baik jaga selalu pola makan Anda. Jangan sampai gara gara stres Anda menjadi sakit karena kurang asupan makanan.

3. Faktor Keturunan

Fakter genetika memang tidak bisa dipatahkan, ketika seseorang memiliki keluarga yang berbadan kurus maka tidak heran orang tersebut juga kurus, walaupun tidak selamanya seperti itu tapi faktor genetika sangat menentukan juga masalah postur tubuh.

Dari faktor genetik akan berdampak pada proses pencernaan yang sangat cepat, atau pada kondisi tertentu usus hanya menyerap beberapa nutrisi saja padahal makanan yang masuk sudah sangat banyak.

Yukkk sobat kita tengok saudara saudara dan keluarga apakah ada yang gendut? kalau ada berarti kesempatan untuk gendut tetap ada.

4. Menu Makan yang Kurang Pas

Menu makanan yang bisa menaikkan berat badan adalah menu yang mengandung banyak kalori, nahh sekarang kita harus teliti, sebanyak apapun kita makan tapi kalau tidak mengandung kalori maka makanan itu tidak akan menambah berat badan.

Penuhi kebutuhan kalori per hari karena cukupnya kalori akan mempengaruhi berat badan. Apalagi untuk ibu menyusui, pada kondisi menyusui harus makan makanan yang dapat memperlancar ASI. Menu makanan yang dipilih juga harus sesuai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi.

Selain itu konsumsi makanan yang bergizi, ingat bergizi bukan asal kenyang tapi tidak ada nutrisi yang bisa diserap. Atur menu makan agar Anda bisa melakukan pembentukan otot jadi badan bisa gemuk.

5. Ada Racun dalam Tubuh

makan banyak tapi tidak gemuk
Makan banyak tapi tidak gemuk

Makan banyak tapi tidak gemuk bisa jadi dalam organ pencernaan ada racun yang belum dikeluarkan. Penyerapan gizi yang dilakukan di usus tidak dapat berjalan normal jika banyak kerak yang menempel di usus. Yaa kerak ini berasal dari kotoran kotoran yang ada di dalam usus.

Biasanya racun makanan berasal dari makanan cepat saji. Kenapa?

Kita bisa lihat sendiri makanan tersebut diawetkan dalam jangka waktu yang lama. Untuk mengawetkan tersebut pasti menggunakan bahan kimia, bahan kimia tersebut kita konsumsi dan lama kelamaan menjadi menimbun di dalam tubuh.

Masih yakin untuk mengkonsumsi makanan cepat saji? Pikir pikir lagi yaa karena menggemukan badan memang susah untuk beberapa orang jadi hati hati aja jangan terlalu banyak makan makanan cepat saji.

Makan Banyak Tapi Kurus

Untuk menjawab pertanyaan kenapa sudah makan banyak tapi tidak gemuk juga ini ada beberapa tips untuk menggemukan badan buat sobat sebelumtidur.com, yuk simak

  1. Makan teratur dengan menu yang pas antara karbohidrat, serat, dan nutrisi lainnya, terapkan 4 sehat 5 semmpurna
  2. Berolahraga yang cukup, minimal 30 menit sehari
  3. Rileks kan pikiran
  4. Hidup bahagia penuh syukur
  5. Konsultasi dengan ahli gizi

Bagaimana sobat tentang artikel makan banyak tapi tidak gemuk?? Mengalami juga??

Yukk praktekan tips tips yang ada.

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?