Manfaat biji bunga matahari
Manfaat biji bunga matahari

11 Manfaat Biji Bunga Matahari yang Bagus untuk Kesehatan

Posted on

Sebelumtidur.com – Siapa yang belum pernah makan kuaci? Kuaci? Jangan jangan belum tau apa itu kuaci? Kuaci itu biji bunga matahari yang sudah dikeringkan, biasanya untuk camilan dan teman ngobrol. Manfaat Biji Bunga Matahari yang Bagus untuk Kesehatan juga loo.

Yaa biji bunga matahari masuk dalam kategori biji bijian yang kaya protein. Ini nihh rahasia buat yang pada mau menurunkan berat badan, manfaat kuaci untuk diet ternyata belum banyak diketahui orang. Efek makan kuaci bunga matahari memang bikin penasaran yaa.

Bunga matahari itu bisa mencapai ketinggian 1 meter nahh selain itu bunganya yang cukup besar banyak yang mengatakan bahwa bunga matahari adalah bunga raksasa. Biji bunga matahari ada di bagian tengah bunga yang berwarna hitam itu.

Manfaat Biji Bunga Matahari

Kandungan biji bunga matahari diantaranya karbohidrat, protein, lemak, serat, naicin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan masih banyak nutrisi lainnya. Wahhh lengkap juga yaa kandungan biji bunga matahari, yukk kita intip manfaat biji bunga matahari,

1. Menurunkan tingkat kolesterol

Kolesterol yang tinggi pada tubuh bisa berakibat fatal yaitu bisa menyebabkan stroke. Kolesterol dalam tubuh sebenarnya sudah ada sejak lahir tapi kadarnya akan meningkat seiring dengan usia dan pola hidup yang tidak sehat.

Manfaat biji bunga matahari bagus untuk menurunkan tingkat kolesterol. Cara yang paling mudah yaitu mengkonsumsi kuaci, dengan makan kuaci secara teratur dapat menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil dan terhindar dari kolesterol tinggi.

2. Mencegah penyakit stroke

Penyakit stroke berhubungan dengan aliran tubuh dalam tubuh, meliputi jantung dan area beredar darah. Penyakit yang berhubungan dengan darah dan jantung memang bisa menimbulkan bahaya yang mengancam yaa, yang paling menakutkan yaitu kematian di usia muda karena penyakit jantung.

Salah satu penyebab stroke yaitu darah yang mengalir di tubuh terhalang dengan kolesterol yang tinggi, biji bunga matahari mampu menstabilkan kadar kolesterol tersebut jadi penyakit stroke juga bisa dicegah.

3. Menetralisir racun

manfaat kuaci untuk diet
Manfaat biji bunga matahari

Tubuh memang sudah memiliki sistem kekebalan yang ampuh tapi jika racun itu terus terusan masuk dalam tubuh maka lama lama sistem kekebalan tubu akan menurun. Tubuh menjadi lemah karena racun yang menumpuk, bahkan biasanya efek racun dirasakan setelah racun tersebut mengendap lama di dalam tubuh.

Untuk menetralisir racun yang ada di dalam tubuh manusia dapat dilakukan dengan memakan biji bunga matahari. Sebelum racun menjalar ke seluruh tubuh lebih baik segera menghilangkan racun tersebut dengan cara yang sangat mudah yaitu makan kuaci.

4. Mencegah penyakit kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskuler yaitu penyakit yang berhubungan dengan aliran darah dan jantung. Penyakit yang menyerah darah bisa mengakibatkan penderitanya meninggal di usia muda. Mengerikan yaa penyakit kardiovaskuler juga sudah dikenal sebagai pembunuh nomor 1 di dunia.

Vitamin E yang ada pada biji bunga matahari akan mengurangi resiko mengembangkan atherosclerosis. Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan asupan vitamin E yang cukup akan beresiko lebih rendah untuk kematian akibat serangan jantung atau penyakit kardiovaskuler lainnya.

5. Menjaga kesehatan tulang

Bunga raksasa ini alias bunga matahari ternyata kandungannya sangat bagus untuk menguatkan tulang, ingat biji bunganya yaa. Kandungan kalsium dan berbagai vitamin serta mineral akan membuat tulang menjadi lebih sehat dan terjaga nutrisinya.

Salah satunya mampu mencegah osteoporosis yaitu pengeroposan tulang. Penyakit ini tidak hanya menyerang mereka yang sudah berusia lanjut yaa, tapi untuk kaula muda yang tidak mampu menjaga pola hidup sehat juga bisa terserang penyakit ini.

6. Menurunkan kadar gula dalam darah

Salah satu senyawa yang ada pada biji bunga matahari yaitu senyawa poli-fenol seperti asam chlorogenic, asam caffeic, dan asam quinic bermanfaat untuk tubuh. Senyawa senyawa tersebut ternyata akan menjadi anti oksidan alami yang mampu menghilangkan meolekul oksidan yang tidak sehat untuk badan.

Pada biji bunga matahari juga memiliki kandungan asam klorogenat yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Cara kerjanya yaitu dengan membatasi pemecahan glikogen dalam hati. Nahh bagi penderita diabetes bisa mengkonsumsi kuaci yaa.

7. Mengurangi depresi

efek makan kuaci bunga matahari
Manfaat biji bunga matahari

Depresi bisa disebabkan karena pola pikir seseorang yang tidak terkontrol saat menghadapi suatu permasalahan. Terlalu memikirkan masalah hingga lupa cara hidup yang benar. Depresi jika tidak segera disembuhkan bisa membuat penderitanya menjadi gila permanen.

Kandungan niacin dan pyridoxine mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga mampu meningkatkan aktivitas Gamma Aminobutyric Acid dalam otak, yang pada gilirannya akan mampu mengurangi rasa cemas dan neurosis.

8. Menjaga kesehatan kulit

Cara agar menjaga kesehatan kulit agar tetap bagus dan tidak keriput sebelum waktunya yaitu harus sering mengkonsumsi makanan yang menganding anti oksidan tinggi. Karena anti oksidan ini nantinya akan menjaga integritas membran sel selaput lendir dan kulit.

Dengan begitu akan menghalangi radikal bebas untuk masuk ke dalam kulit, caranya cukup mudah yaitu mengkonsumsi kuaci atau biji bunga matahari yang sudah terkenal memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi.

9. Anti inflamasi

Salah satu kandungan biji bunga matahari yaitu vitamin E, vitamin E adalah antioksidan yang larut dalam lemak tubuh. Vitamin E ii akan membantu menetralkan radikal bebas yang mampu merusak struktur lemak. Karena mampu menghalangi kerusakan ini maka vitamin E memiliki efek anti inflamasi yang bagus.

PEnyakit yang dapat dicegah yaitu kanker usus besar, gejala asma, osteoarthritis, membantu mengurangi frekuensi hot flashes pada wanita yang menopause, selain itu juga mampu mengurangi komplikasi diabetes.

10. Menjauhkan dari stres

Kandungan magnesium pada biji bunga matahari memberikan efek penenang pada orang yang memakannya, inilah efek makan kuaci bunga matahari. Obat penenang ini aman, yaa iya lahh karena berasal dari makanan yang alami dan pastinya menyehatkan.

Penggemar kuaci akan dihindarkan dari berbagai macam penyakit pikiran, seperti stres, migrain atau pusing kepala sebelah, dan juga tetap rileks. Jangan ragu makan kuaci yaa.

11. Menyehatkan otot

Biji bunga matahari ternyata mampu untuk menguatkan otot. Coba kita bayangkan memiliki otot yang kaku pasti rasanya tidak enak dan aktivitas jadi terganggu. Kandungan biji bunga matahari yang lengkap itu mampu membuat otot menjadi rileks dan meringankan gejala otot kaku.

Otot yang kaku disebabkan karena ketegangan yang terjadi, bisa karena posisi tubuh yang tidak sesuai, atau otot mengalami kecapekan. Mengkonsumsi biji bunga matahari bisa membuat otot rileks jadi otot menjadi lebih sehat dan terhindar dari rasa nyeri karena otot yang kaku.

 

Bagaimana sobat sebelumtidur.com tentang manfaat biji bunga matahari?

Hayoo penasaran untuk mencoba makan kuaci?

Yukk konsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan tubuh !!

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?