Cara membahagiakan orang tua
Cara membahagiakan orang tua

7 Cara Membahagiakan Orang Tua dengan Hal Hal yang Sederhana

Posted on

Sebelumtidur.com – Siapa sihh yang gak mau jadi anak yang berbakti pada orang tua? Berbakti kepada orang tua bisa dilakukan dengan membuat mereka selalu bahagia. Cara Membahagiakan Orang Tua dengan Hal Hal yang Sederhana bisa jadi solusi buat kamu.

Tips berbakti kepada orang tua sebenarnya tidak selalu dengan cara cara yang rumit dan memberatkan anak. Tapi bisa juga dilakukan dengan halhal sederhana ini. Kalaupun tidak bisa membantu orang tua lebih baik jangan sampai merepotkan mereka yaa.

Kebahagiaan orang tua sebenarnya terletak dari banyak hal, bisa berupa karakter anak, pendidikan, gaya hidup, bisa juga karena kondisi ekonomi. Tapi hal hal lain juga bisa berpengaruh yaa untuk cara membahagiakan kedua orang tua.

Cara Membahagiakan Orang Tua

Secara umum kita bisa membuat bahagia orang tua dengan hal hal sederhana ini, yukk simak selengkapnya,

1. Menjadi anak yang sholeh

tips berbakti kepada orang tua
Tips berbakti kepada orang tua

Siapa sihh orang tua yang tidak suka saat anaknya taat dengan perintah agama? Orang tua bahkan berharap anak anaknya menjadi orang yang sholeh dan sholeha. Beberapa orang tua memandang kesuksesan orang tua dapat diukur dari akhlak sang anak.

Akhlak baik tidak didapat dengan cara yang instan, semua membutuhkan proses dan pembelajaran yang lama dari orang tua. Semua melalui tahap pembiasaan dan dilakukan berulang ulang agar anak menjadi paham dengan akhlak yang baik.

Akhlak yang baik bukan saat anak anak ada di dalam rumah saja tapi saat dia berada di luar rumah dia mampu membawa akhlak yang baik itu ke kehidupan sehari harinya.

Sholeh dan sholeha tidak hanya diukur dari dia melakukan ibadah saja yaa, tapi juga mengaplikasikan ilmu agama itu di kehidupannya, seperti mencari rejeki dari cara yang halal bisa juga memiliki kecerdasan yang bermanfaat.

2. Berbuat baik dan menjauhi pergaulan buruk

Berbuat baik dan menjauhi keburukan seperti amar ma’ruf nahi munkar atau melaksanakan kebaikan dan menjauhi kemunkaran. Melaksanakan kebaikan memang menjadi kewajiban setiap orang, menjadi anak yang melakukan kebaikan kebaikan bisa membuat orang tuanya bahagia.

Jadi membuat orang tua bahagia tidak harus melakukan hal hal yang susah kan, cukup kamu berbuat baik, baik kepada siapa? Siapa saja. Kepada semua orang harus berbuat baik. Karena setiap orang tua pasti mengharapkan anaknya untuk berada di jalan yang lurus.

Penyebab anak membangkang dari orang tua biasanya dari pengaruh lingkungan. Menjauhi pergaulan yang buruk seperti berkumpul dengan orang orang yang suka jahil, preman, atau sejenisnya. Pergaulan ini bisa menentukan anak akan mengarah kemana.

Pada usia remaja anak akan cenderung mengikuti teman temannya dari pada orang tua, jadi kamu sebaiknya selalu waspada dengan pergaulan yang buruk ini. Namanya juga cara membahagiakan orang tua.

3. Belajar menjadi orang yang dewasa

Cara membahagiakan orang tua selanjutnya yaitu menjadi lebih dewasa.

Bersikap dewasa itu susah?? Yaa saat kamu masih memanjakan diri kamu, masih memikirkan diri sendiri, tidak mau berbagi, selalu minta perhatian, tidak peduli kesusahan orang, tidak membantu pekerjaan orang tua, tidak mendengarkan nasehat orang tua. Disaat itulah kamu susah menjadi dewasa.

Kadang orang yang usianya sudah tua yaa anggap saja usia 20 tahun keatas yang seharusnya sudah dituntut untuk berfikir dewasa ternyata pikirannya masih seperti anak anak yang suka merengek pada ibu bapaknya.

Ketika kamu bersikap dewasa dan mampu memecahkan masalahmu sendiri dan kamu tegar saat mendapat cobaan itu akan membuat orang tuamu menjadi bahagia, mudah kan? Semua berawal dari dirimu sendiri.

4. Sering mengunjungi orang tua

cara membahagiakan kedua orang tua
Cara membahagiakan kedua orang tua

Buat kamu kamu yang jauh dari orang tua yang masih di rantau, sering seringlah mengunjungi orang tua, kalau tidak mampu mengunjunginya lebih baik kamu menjadwalkan untuk telpon mereka. Tau gak kalau sebenarnya orang tua mengharap kamu menghubunginya?

Mereka sebenarnya merasa tertekan saat kamu ada jauh dari mereka, mereka pun ingin menemanimu terus tapi kondisi yang harus membuat kalian berpisah. Sempatkan waktu mu yang sibuk itu untuk menghubungi orang tua.

Logika sederhananya gini, masih untuk punya orang tua, coba bayangkan mereka yang tidak punya orang tua dan tidak punya tempat untuk dituju. Kunjungi orang tua beri mereka perhatian maka mereka akan bahagia.

5. Terbuka pada orang tua

Nahh ini sepertinya agak susah untuk sekelompok anak. Yaa memang tidak semua anak mampu berterus terang atau terbuka pada orang tua. Apalagi kalau kamu merasa galau, walaupun mimik muka dan tindakanmu akan terlihat tapi biasanya kamu akan kesulitan saat mengungkapkannya pada orang tua.

Gaess orang tua kita itu menang dalam hal pengalaman hidup, mereka pernah muda dan kita belum pernah tua he he. Jadi lebih baik ceritakan semua keadaanmu pada orang tua agar kamu juga tidak terbebani dengan segala hambatan yang ada.

Memang sihh kesedihanmu akan membuat orang tua sedih juga tapi setidaknya mereka akan memberikan solusi terbaik untuk masalahmu, dan orang tua akan menjadi perisai utama saat kamu merasa ketakutan. Itulah cara membahagiakan orang tua.

6. Berkata lembut dan sopan

Kapan terakhir mencium orang tua? Ohh terlalu jauh, kapan terakhir bersalaman dengan mereka? Sesering mungkin yaa saat kamu pamit pergi usahakan untuk bersalaman dan berpamitan. Bersalaman adalah salah satu bentuk kesopanan saat pergi dari rumah.

Kata kata yang kamu ucapkan bisa menjadi pisau yang tajam kalau tidak kamu saring terlebih dahulu. Berkata kata yang lembut dan sopan dalam tingkah laku bisa membuat orang tua bahagia.

Yaa orang tua tidak mengharapkan kamu untuk memenuhi segala tuntutannya tapi dengan sikapmu yang lembut kepada mereka, mereka akan mengerti mu dan menyayangimu selamanya.

7. Mencintai orang tua setulus hati

Mencintai orang tua hendaknya lebih dari mencintai pacar yaa. Pacar kalau sudah putus menjadi mantan seperti setan. Tapi kalau orang tua? Tak ada kata mantan ibu, tak ada pula kata mantan ayah. Orang tua menjalani hubungan dengan kita tanpa kata pisah.

Mencintai orang tua dengan setulus hati berarti sudah menunjukan taat pada agam, karena ridho orang tua adalah ridho Tuhan. Seorang anak laki laki harus membela ibunya dari pada istrinya, dan seorang istri harus membela suaminya dari orang tuanya sendiri.

Cara membahagiakan kedua orang tua dengan mencintainya secara penuh. Cintailah bapak ibu tanpa membeda bedakan, karena mereka memberikan kasih sayang yang tiada henti untuk kamu walaupun cara mereka berbeda tapi sayangnya tetap sama.

 

Semoga tips berbakti kepada orang tua bisa jadi cara membahagiakan kedua orang tua kamu yaa.

Salam. :):)

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?