manfaat coklat bubuk
Manfaat coklat bubuk

7 Rahasia dari Manfaat Coklat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Sebelumtidur.com – Yang coklat mana nihh suaranyaa… Yaa banyak sekali penggila coklat baru baru ini. Mulai dari coklat yang paling murah sampai yang paling mahal semua dicoba rasanya. Coklat menjadi trend untuk masalah percintaan juga loo, tapi tau gak Rahasia dari Manfaat Coklat untuk Kesehatan dan kecantikan?

Manfaat coklat bubuk maupun coklat bentuk lainnya sering dipandang sebelah mata yaa, karena memang belum banyak yang tau. Coklat dianggap sebagai perusak gigi dan membuat badan menjadi gemuk. Padahal yang membuat penyakit itu bukan coklat tapi gula yang ada di campuran makanan coklat.

Sebenarnya coklat memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, selain itu manfaat coklat untuk kecantikan juga tidak ada kalahnya. Kali ini kita akan membahas manfaat coklat untuk kesehatan dan kecantikan secara terpisah yaa, ini poin pentingnya.

Manfaat Coklat untuk Kesehatan

Menurut beberapa penelitian ternyata coklat mampu mencegah dan juga melawan kanker. Coklat membelah sel kanker dan dapat meningkatkan kesehatan mata dan memperlancar peredaran darah. Untuk lebih lengkapnya yukk simak penjelasan berikut ini.

1. Mengurango resiko serangan jantung

Manfaat coklat untuk kesehatan
Manfaat coklat untuk kesehatan

Resiko terkena serangan jantung bisa terjadi karena pembekuan darah yang terjadi secara mendadak. Bagian darah yang membeku yaitu trombosit darah. Ternyata penyakit yang menyerang darah bisa mengakibatkan kematian muda.

Dengan mengkonsumsi coklat secara teratur, tentunya coklat yang tidak mengandung gula bisa membantu memperlambat pembekuan trombosit sehingga mampu mengurangi resiko serangan jantung. Yaa trombosit yang membeku lalu membuat blok akan mengakibatkan serangan jantung tidak dapat terelakan.

Penelitian tentang hal ini telah dilakukan oleh John Hopkins pada University School of Medichine, dalam penelitiannya dia menyatakan bahwa coklat hitam dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung sampai 50%. Nahh sudah terbukti yaa.

2. Menurunkan berat badan

Penelitian di University of Copenhagen menunjukan bahwa coklat hitam ternyata bisa memberikan efek lebih kenyang dari pada coklat putih, dan tentunya hal ini membuktikan bahwa coklat mampu untuk menurunkan berat badan.

Nahh penelitian ini tentunya bisa mengubah pola pikir kita yaa kalau banyak coklat bisa bikin gemuk, ternyata banyak makan coklat malah mensukseskan diet penurunan berat badan. Yang bikin gemuk itu gulanya, ingat gula di dalam coklat, bukan coklat itu sendiri.

Rasa kenyang yang dihasilkan dengan mengkonsumsi coklat yaitu seperti memakan buah jambu biji maupun buah apel.

3. Melindungi dari cahaya matahari

Seperti penjelasan manfaat coklat pada sebelumnya, coklat ternyata mampu melindungi tubuh dari cahaya matahari dan ini sudah ada penelitiannya.

Yaitu peneliti yang memfokuskan penelitian pada kandungan flavanol dalam coklat. Penelitian dan pengujian yang dilakukan selama 3 bulan ini dengan memberi perlakuan makan coklat.

Hasilnya menunjukan bahwa efek memerah yang menunjukan awal luka bakar bisa mulai berangsur sembuh, hal tersebut berbeda ketika mengkonsumsi coklat yang flavanolnya rendah tidak mendapatkan perlindungan seperti dengan mengkonsumsi coklat yang memiliki kandungan flavanol tinggi.

4. Meningkatkan produksi insulin

Nahh yang menderita diabetes bisa mengkonsumsi coklat yaa. Coklat mampu menurunkan resistensi insulin yaitu faktor resiko terkena penyakit diabetes.

Uji coba telah dilakukan di Italia dengan meminta 15 orang mengkonsumsi coklat sebanyak 3 ons dengan jumlah coklat hitam dan coklat putih yang sama. Percobaan dilakukan selama 15 hari dan pemilihan coklat yang tidak mengandung phytochemical flavonoid.

Jadi gak usah ragu lagi yaa buat mengkonsumsi coklat karena memang banyak manfaatnya apalagi untuk kesehatan. Yukk budayakan hidup sehat.

 

Manfaat Coklat untuk Kecantikan

Saat ini untuk salon dan spa atau tempat tempat kecantikan lainnya sudah mulai merambah untuk menggunakan coklat sebagai bahan kecantikan. Nahh loo pada bingung yaa, jangan mikir coklat nanti bisa mengundang semut yaa, coklat yang ini pasti beda yaa,

manfaat coklat untuk kecantikan
Manfaat coklat untuk kecantikan

Yukk simak manfaat coklat untuk kecantikan,

1. Coklat dapat mencerahkan kulit

Coklat paling terkenal digunakan untuk facial di dunia kecantikan. Yaa coklat yang enak dimakan itu dan jadi makanan favorit banyak orang ternyata bisa mencerahkan kulit. Tapi coklat juga butuh bahan pendukung yaa.

Campurkan coklat bubuk dengan susu, madu, dan oatmeal. Aduk merata bahan bahan ini, terasa lezat yaa, tapi ini buat kecantikan lohh. Setelah tercampur rata aplikasikan semuanya pada kulit yang akan diberi perawatan.

Diamkan selama 15-20 menit lalu basuh dengan air dingin. Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan segar lakukan perlakuan ini beberapa minggu yaa.

2. Berfungsi sebagai anti-ageing

Coklat bisa jadi salah satu cara menghaluskan kulit tubuh dengan bahan alami. Coklat mampu menghilangkan garis halus yang nantinya bisa muncul sebagai keriput. Nahh gak mau terlihat tua sebelum saatnya kan?

Coklat hitam mengandung flavonoid yang mampu untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan. Lalu caranya bagaimana?

Begini caranya, lelehkan coklat dalam susu lalu pijatkan pada kulit. Lakukan 2-3 kali selama seminggu untuk mencegah munculnya garis halus pada kulit yaa.

3. Sebagai bahan scrub

Scrub berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati dari dan menggantinya dengan sel sel yang baru. Penggunaan bahan bahan alami untuk scrub memang dianjurkan karena keamanannya terjamin, kadang kan ada yang memiliki kulit sensitif jadi tidak cocok dengan produk kimia.

Coklat untuk scrub bisa dibantu dengan bahan bahan lainnya yaa, seperti susu dan yogurt. Bubuk coklat dicampur dengan susu dan yogurt lalu dioleskan pada kulit, digosok gosok selama 10 menit, setelah itu diamkan scrub menempel pada kulit selama 5 menit dan bilas dengan air dingin.

Rasakan sensasinya yaa, nanti kamu akan rileks, dengan begitu kamu akan merasa tubuh menjadi lebih ringan dan fresh. Siap melakukan aktivitas yang padat nantinya.

 

Gitu yaa sobat sebelumtidur.com untuk Manfaat coklat untuk kesehatan dan manfaat coklat untuk kecantikan, jangan lupa aplikasikan di rumah yaa.

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?