cara agar bisa bangun shalat tahajud
cara agar bisa bangun shalat tahajud

7 Cara Agar Bisa Bangun Shalat Tahajud Lancar Dan Mudah !!

Posted on

Sebelumtidur.com – Menjalankan shalat malam memang merupakan ibadah yang mulia. Tapi banyak orang yang tidak mampu melaksanakannya dengan alasan tidak dapat bangun di malam hari. Cara agar bisa bangun shalat tahajud dibutuhkan agara ibadah yang memiliki banyak pahala ini dapat dilakukan dengan lancar.

Cara agar bisa bangun shalat tahajud dengan nyaman tanpa harus mengganggu istirahat malam. Pengaturan pola tidur dan istirahat untuk memenuhi kebutuhan fisik tubuh memang diperlukan juga, jadi ketika melaksanakan ibadan fisik tetap kuat untuk melaksanakannya.

Cara agar terbiasa shalat tahajud dibutuhkan bagi semua umat muslim. Shalat Tahajud adalah ibadah malam yang paling efektif untuk berkomunikasi dengan Allah SWT.

“dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.” Q.S Al-Israa’: 79

Cara Agar Bisa Bangun Shalat Tahajud

Ada hadist yang meriwayatkan bahwa Allah SWT turun ke langit dunia di 1/3 malam yang ketiga. Allah SWT melihat siapa saja yang memohon dan berdoa akan Dia kabulkan. Allah SWT Maha Tau akan kepentingan manusia, jadi Dia memberi apa yang kita butuhkan belum tentu apa yang kita inginkan.

Berikut ini cara agar bisa bangun shalat Tahajud dengan lancar.

1. Memantapkan Niat Untuk Bangun

cara agar bisa bangun shalat tahajud
cara agar bisa bangun shalat tahajud

Yaa niat adalah modal utama untuk melakukan sebuah aktivitas. Ketika semua usaha sudah dilakukan tapi niat yang ada dalam hati belum lurus dan belum mantap maka sepertinya usaha yang dilakukan hanya sia-sia belaka.

Kedalaman hati seseorang untuk melaksanakan sesuatu akan terbukti dari tindakan yang dia lakukan. Sebagai contoh ketika dia menyadari bahwa dia susah bangun untuk shalat Tahajud maka dia akan memasang alarm untuk usaha dia bangun.

Tapi jika niat tidak mantap mungkin dia tidak akan menyiapkan apa apa untuk membuatnya terbangun, hanya berbicara dan tidak sampai di hati, jangan seperti itu yaa sahabat sebelumtidur.com. Mantapkan niat kita.

2. Luangkan Waktu Untuk Tidur Siang

Untuk mendapatkan waktu istirahat yang seimbang maka disarankan tidur di siang hari. Tidur di siang hari bukan kuantitasnya yang diukur tapi kualitas tidur itu lebih penting. Cukup beristirahat 5-115 menit untuk menghilangkan penat dengan tidur yang berkualitas.

Saat ini banyak pekerja yang hanya 1 jam istirahat mungkin terasa tidak cukup untuk tidur, namun jika dibagi dengan benar waktu istirahat yang singkat tersebut bisa maksimal.

Tidurnya orang yang beriman adalah ibadah, sempatkan tidur sejenak agar otak lebih fresh menghadapi kegiatan selanjutnya.

3. Memupuk Rasa Takut Terhadap Allah SWT

Rasa takut akan membuat seseorang menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak. Takut kepada Allah SWT memang tidak terlihat berbeda dengan ketakutan terhadap bos di tempat kerja atau takut dengan preman.

Contoh kecil ketika takut dengan bos di tempat kerja maka pasti seorang karyawan akan melakukan pekerjaan dengan baik. Bagitu pula dengan manusia yang takut kepada Allah SWT, pasti dia akan melakukan kebaikan-kebaikan dan ibadah untuk menutupi rasa takutnya.

Rasa takut bisa dipupuk dengan mengingat kematian, merasa hari esok sudah tiada, dan bisa juga dengan mengingat kejahatan kejahatan yang dilakukan. Dengan begitu kita akan merasa membutuhkan taubat yang lebih dari hari biasanya.

4. Membuka Ventilasi Yang Cukup

cara agar bisa bangun shalat tahajud
cara agar bisa bangun shalat tahajud

Cara agar bisa bangun shalat tahajud dengan membuka ventilasi yang cukup karena sirkulasi yang lancar adalah salah satu cara agar bisa tidur terlelap. Sirkulasi udara yang bagus akan membuat tidur menjadi berkualitas dengan begitu tubuh akan optimal untuk beristirahat.

Perputaran udara di dalam kamar bisa diatur dengan menyalakan pendingin ruangan di suhu yang tepat, jika tidak ada pendingin ruangan bisa dengan memastikan ruang kamar tidur tidak tertutup dan pengap, pastikan juga ventilasi cukup untuk memenuhi kebutuhan oksigen kita.

5. Pastikan Tidur Di Tempat Yang Nyaman

Cara agar terbiasa shalat Tahajud selanjutnya yaitu memastikan tidur di tempat yang nyaman. Tempat tidur yang nyaman akan membuat kita tertidur lebih cepat. Tubuh membutuhkan tempat yang bersih dan nyaman untuk memulai beristirahat. Lampu yang gelap, kasur yang empuk, dan udara yang segar akan mengiringi tidur.

Jangan lupa untuk mengganti sprei kasur, bila perlu bantal yang digunakan juga bisa berganti-ganti agar rasa nyaman dengan “empuknya” bantal dan tidur menjadi lelap.

Dengan tidur yang lelap makan proses istirahat akan maksimal dan ketika niat untuk bangun shalat Tahajud, badan udah siap melaksanakannya.

6. Pasang Alarm Dengan Nada Halus Menuju Keras

Cara agar terbiasa shalat Tahajud dengan memasang alarm adalah cara paling konvensional dan biasanya juga memang berhasil. Namun biasanya seseorang bangun untuk mematikan alarm saja lalu dia akan tidur kembali. Apa sahabat sebelumtidur.com salah satu dari jenis manusia ini? he.he

Itu memang alamiah karena rasa lemas itu disebabkan aliran darah ke otak belum maksimal. Cara yang baik untuk memasang alarm yaitu pilih nada alarm yang lembut lalu semakin lama semakin keras.

Ketika terbangun dengan tiba tiba karena nada alarm yang keras akan membuat badan menjadi kaget dan bangun tidak segar.

7. Terapkan Bangun Malam Selama 1 Minggu

Membiasakan bangun di tengah malam untuk shalat Tahajud memang tidak mudah. Mulai lah dengan 1 hari lalu berikutnya bagun lagi dan menerus selama 1 minggu. Jika dalam 1 minggu hanya beberapa hari saja yang bisa bangun maka bisa dikoreksi alasan kenapa tidak bisa bangun.

Bisa juga dengan melakukan reward and punishment yang ketat. Contoh jika tidak bisa bangun 1 malam dalam proses 1 minggu maka harus bersedekah 50 ribu. Jika 3 hari tidak bangun maka harus bersedekah 200 ribu. Jika bisa bangun selama seminggu maka bisa makan sepuasnya dengan uang tabungan. Atau mungkin hadiah yang lain.

 

Nahh gimana sahabat sebelumtidur.com ?? Semoga cara agar bisa bangun shalat Tahajud bisa bermanfaat yaa..

Yukk Niat Sholat Tahajud ..

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?