pengobatan tradisional tipes

7 Cara Pengobatan gejala Tipes Secara Tradisional Untuk Anak

Posted on

SebelumTidur.Com Pengobatan Gejala Tipes Secara Tradisional emang ada?? Tentu ada yaa dengan cara cara ini bisa membantu mengatasi penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi yang membuat penderitanya menjadi lemas.

Bakteri ini berkembang di usus lalu menyebabkan penderitanya mengalami demam yang tinggi, badan terasa menggigil, lidah terlihat pucat, dan juga badan lemas tidak berdaya, bahkan anak anak sudah banyak yang terkena penyakit ini.

Apalagi yang suka dengan jajan sembarangan di pinggir jalan yang belum tentu kebersihannya, yang paling tidak enak adalah penyakit ini tidak dapat diditeksi secara dini jadi ketika ke dokter bakterinya sudah banyak menginfeksi.

 

Pengobatan Gejala Tipes Secara Tradisional

 

Pengobatan tradisional tipes akan sangat terganggu jika kondisi lingkungan dan juga makanan yang dikonsumsi tidak mendukung untuk penyembuhan yang sedang dilakukan, jadi harus benar benar dikonsisikan yaa.

Penyakit tipes tidak dapat dianggap sebagai penyakit biasa dan disepelekan karena penyakit tipes ini juga bisa membuat penderitanya kehilangan nyawa, bahkan yang sudah pernah terkena bisa kambuh kembali.

Dengan pengobatan penyakit tipes pada anak menggunakan cara cara tradisional bisa membantu agar penyakit tersebut tidak kembali lagi yang penting adalah menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat pula.

Nahh kali ini kami akan membahas pengobatan tipes di rumah dengan cara cara tradisional yang bisa langsung dipraktekan, cara cara ini juga aman yaa.

Pengobatan gejala Tipes Secara Tradisional

Penasaran???

Simak penjelasannya dibawah ini yaaa….

Eittsss sebelum membahas cara tradisional yang bisa dilakukan untuk mengatasi tipes harus dikenali dulu gejala dan penyebab yang membuat seseorang menderita sakit tipes.

Gejala Penyakit Tipes

Secara umum gejala sakit tipes yaitu:

  • Demam yang sangat tinggi 39-40 derajat celcius
  • Skit kepala
  • Nyeri otot
  • Sakit perut
  • Tidak nafsu makan
  • Sembelit atau diare
  • Ruam atau bintik merah
  • Pegal pegal
  • Lemas
  • Merasa bingung

Dengan pengobatan yang tepat semua gejala ini bisa diatasi dengan mudah dalam waktu tiga sampai lima hari, tapi jika tidak diobati dan dibiarkan saja maka kondisi akan semakin buruk dan membuat komplikasi penyakit lainnya.

Penyakit tipes bisa sembuh dengan sendirinya tapi akan membutuhkan waktu yang sangat banyak apalagi kalau tidak diatasi dengan tepat bahkan akan kembali kambuh di lain waktu, penyakit ini memang bisa berkembang dari minggu ke minggu.

Gejala Gejala Tipes

Tipes disebabkan karena infeksi dari bakteri salmonella yang menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi dengan berbagai bakteri sehingga menimbulkan bibit penyakit lalu masuk ke tubuh.

Gejala tipes paling sering dialami oleh anak anak karena mereka belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga bisa dengan mudah terkena penyakit, gejala yang paling terlihat yaitu di minggu pertama penderita akan mengalami demam tinggi.

Jika di minggu kedua belum turun juga panasnya maka bisa segera dilarikan ke rumah sakit karena bisa dikhawatirkan ada pembengkakan ginjal dan juga usus yang terluka dan berdarah yang bisa memperparah infeksi usus.

Penyebab Tipes Datang

  • Sanitasi yang buruk

Makanan yang dicuci dengan air yang telah terkena kontaminasi karena sanitasi yang buruk maka akan menyebabkan bakteri salmonella berkembang lebih cepat dan bisa menyebabkan tipes datang

  • Makanan yang kotor

Saat makanan yang dimakan belum terjamin kesehatannya maka dia masih beresiko terkena tipes, bakteri salmonella akan mudah berkembang pada makanan yang kotor seperti makanan yang dihinggapi oleh lalat atau makanan tidak dibungkus.

  • Tempat yang kotor

Bisa jadi wadah makanan yang kita makan itu adalah wadah yang kotor karena kurang bersih saat dicuci, lakukan mencuci peralatan dengan baik dan benar benar bersih jadi bisa meminimalisir penyebab tipes.

  • Kurang menjaga asupan makanan

Menjaga nutrisi makanan memang sangat penting yaa jadi tidak boleh sembarangan dalam memilih bahan makanan, siapa tau bahan makanan tersebut baik tapi kualitasnya bagaimana??

  • Sering menunda makan

Menunda makan juga termasuk salah satu penyebab timbulnya gejala tipes yaa karena dengan perut yang kosong maka dinding dinding usus akan saling bergesekan dan slaing melukai hingga timbul luka yang membuat bakteri cepat masuk.

Hayo dari berbagai penyebab gejala tipes ini mana yang sering dilakukan?? Hindari segera yaa kalau sudah tau itu bisa menyebabkan penyakit tipes datang.

Jika sudah terlanjur bisa dibantu dengan menyembuhkannya menggunakan berbagai cara dibawah ini, tentunya aman dan juga bisa dilakukan kapan saja.

1. Minum Air Mineral yan Cukup

Saat bakteri salmonela mulai bekerja untuk menginfeksi usus maka yang dirasakan adalah si penderita menjadi mual, muntah, dan demam dengan begitu dia akan mengalami kekurangan cairan yang asangat banyak.

pengobatan penyakit tipes pada anak

Pengobatan tradisional tipes tahap pertama yaitu dengan memberikannya air mineral yang cukup sehingga dia tidak akan dehidrasi, apalagi kalau ditambah dia mengalami diare yang buruh, ini bisa berakibat fatal jika tidak segera ditolong.

Jika air mineral dirasa tidak cukup dan melihat penderita terus merasakan lemas maka bisa membuatkannya oralit, oralit ini biasanya terbuat dari air mineral yang hangat dengan menambahkan garam dan gula.

Mengantisipasi Diare yang Parah

Karena bakteri menginfeksi bagian usus maka bisa jadi sistem pencernaan juga ikut terganggu jadi bukan tidak mungkin jika tipes akan disertai dengan diare, minum oralit menjadi solusi untuk mengembalikan cairah yang hilang.

Bisa menggunakan oralit yang ada di apotik bisa juga dengan membuat sendiri ramuan oralit tersebut, dari setengah sendok garam dicampir dengan satu gelas air putih yang hangat bisa ditambahkan sedikit gula untuk membuat rasanya tidak terlalu asin.

Minum air mineral dan juga oralit bisa jadi pengobatan penyakit tipes pada anak agar sakitnya tidak bertambah parah dan menjadikan penderita lebih kesakitan, yang penting dia selalu ditemani jadi saat butuh apa apa bisa mudah dilayani.

2. Memperbanyak Istirahat

Untuk membantu pengobatan tipes di rumah bisa dengan istirahat yang banyak untuk membantu masa pemulihan agar lebih cepat, dengan beristirahat maka energi yang ada digunakan untuk menyerang penyakit dan membunuhnya.

Istirahat yang paling bagus adalah dengan tidur, walaupun organ tidak beristirahat saat tidur tapi setidaknya kerja dari oragan organ tersebut terkurangi dan bisa fokus dengan penyembuhan, tidur ini akan memberikan dampak yang bagus.

Kalau si kecil bersekolah lebih baik dia ijin agar dia bisa beristirahat di rumah dengan tenang, dengan istirahat yang bagus akan mempermudah pengobatan yang dilakukan dan tubuh akan cepat pulih dari sakitnya.

pengobatan tipes di rumah

Minum Jus Jambu Merah

Saat terkena tipes anak menjadi lemas karena banyak kehilangan cairan, untuk menggantikan cairan tubuh selain dengan air mineral dan juga oralit maka bisa juga dengan meminum jus jambu merah yang memiliki banyak vitamin C.

Jus jambu merah yang dibuat jangan menggunakan tambahan gula yaa, kandungan vitamin C akan menjadi sumber anti oksidan yang akan membuat si kecil menjadi lebih kuat untuk melawan penyakit yang sedang ada di tubuhnya.

Pengobatan gejala Tipes Secara Tradisional menggunakan bantuan jus jambu merah dan juga memperbanyak istirahat cukup membantu yaa, dan tentunya pengobatan tradisional tipes ini bisa langsung dilakukan.

3. Mengkonsumsi Makanan Tekstur Halus

Saat terkena tipes usus menjadi lebih sensitif dan lebih baik untuk pengobatan penyakit tipes pada anak beri dia makanan dengan tekstur yang halus dan mudah ditelan seperti makan bubur atau jus buah.

Bisa juga dengan memakan nasi merah atau putih yang diberi dengan kuah sop sehingga nasi akan lebih halus dan mudah dikunyah, tapi memang saat terkena tipes serasa semua makanan tidak enak, tapi harus dipaksa makan yaa.

Makanan yang halus akan membantu usus bekerja dengan baik dan tidak menyakiti usus dengan memberikan makanan yang kasar, tidak hanya waktu sakit yaa tapi saat sehat pun lebih baik menjaga kesehatan usus dengan mengunyah makanan dengan lembut.

HIndari Makanan Pedas

Saat menderita sakit tipes biasanya penderita memiliki keanehan dalam memilih makanan, mungkin karena lidah sudah tidak enak yaa jadi makan apa aja juga tidak enak, kadang juga memilih makanan yang agak pedas.

Ini harus dihindari yaa. pengobatan tipes di rumah bisa dengan mengatur pola makan dan makanan yang masuk ke tubuh jangan sampai makanan tersebut melukai usus sehingga infeksinya akan bertambah besar.

Makanan pedas akan melukai usus dan membuat bakteri menjadi ganas, bahkan bisa jadi pendarahan usus, Pengobatan gejala Tipes Secara Tradisional pilihkan makanan yang memang halus dan tidak terlalu pedas yaa.

4. Lebih Sering Makan

Tentu saat masih bersekolah di SMP dulu diajarkan yaa kalau usus dan juga lambung akan terus bergerak untuk mencerna makanan tapi kalau perut kosong maka usus akan melukai dirinya sendiri karena bergesekan.

Karena penyakit tipes ini menyerang di usus maka lebih baik isi terus perut dengan sering sering makan, walaupun lidah terasa tidak enak untuk makan tapi harus dipaksa agar Pengobatan gejala Tipes Secara Tradisional bisa maksimal.

Bisa dijeda 2-3 jam makan tapi dengan porsi yang sedikit saja, sedikit demi sedikit maka akan banyak makanan yang masuk ke dalam perut, bisa juga dengan membuatkan makanan kesukaanya yaa.

Menjaga Kebersihan Makanan

Awal mula dari penyakit tipes adalah makanan yang tidak bersih yang terus menerus masuk ke dalam perut hingga membuat bakteri salmonela menjadi tumbuh dan menginfeksi usus.

Pengobatan gejala Tipes Secara Tradisional selanjutnya yaitu dengan memastikan makanan yang diberikan kepada dia yaitu makanan yang bersih yang sudah dimasak dengan benar, kalau sayur yaa direbus dengan waktu yang pas.

Akan lebih baik lagi kalau semua makanan yang dia makan dimasak sendiri atau tidak jajan di warung karena makanan di warung belum dapat dipastikan untuk kebersihan dan kesehatannya yaa.

5. Minum Air Rebusan Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu bahan alami yang bisa membantu untuk mengatasi masalah tipes secara total, cengkeh ini mengandung anti biotik yang alami dan dapat mengurangi aktivitas bakteri penyebab tipes.

Tidak hanya itu Pengobatan gejala Tipes Secara Tradisional dengan menggunakan cengkeh ini juga bisa membantu mengatasi diare, mual, dan muntah yang juga bersamaan datangnya dengan tipes.

Cara membuatnya juga sangat mudah, ambil cengkeh kering lalu rebus hingga mendidih lalu airnya diambil dan bisa ditambahkan dengan madu dan diberikan kepada si kecil yang menderita tipes, berikan secara rutin yaa.

Bisa Dibantu dengan Buah Pisang

Pengobatan gejala Tipes Secara Tradisional

Pengobatan gejala Tipes Secara Tradisional juga bisa dibantu dengan makan buah pisang yaa, buah pisang ini memiliki tekstur yang lembut dan juga manis sehingga membuatnya mudah ditelan.

Buah pisang ini bisa membantu mengatasi demam akibat tipes dan membantu memperbaiki penyerapan cairan dalam usus, bisa dengan makan pisang 2 buah setiap hari akan menyembuhkan secara alami.

Pisang bisa dimakan secara langsung bisa juga dengan membuat jus yaa, kalau terlihat mual bisa ditambahkan dengan madu, madu ini bisa menambah sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan lebih kuat dengan bakteri.

6. Makan Telur Rebus

Yang suka makan telur rebus angkat tangan…….

Yaa karena kami adalah penggemar telur rebus juga yaa, dan siapa sangka telur rebus bisa membantu untuk Pengobatan gejala Tipes Secara Tradisional, telur rebus ini kami sarankan yang telur ayam Jawa karena tidak ada bahan pengawet.

Berbeda dengan telur kota yaa si ayam petelur sudah banyak diberi obat agar dia bisa cepat bertelur, telur ayam kampung memiliki omega yang bagus untuk menjaga kesehatan, selain juga ada protein dan kalori yang tinggi.

Keduanya yaitu protein dan kalori ini dibutuhkan manusia untuk membantu tubuh agar cepat pulih dari penyakit yang dideritanya, sebaiknya telur direbus tanpa menggunakan bahan campuran apa apa yaa, cukup dengan air rebus itu saja sudah cukup.

7. Mengkompres dengan Air Dingin

Saat awal awal gejala penderita tipes akan merasakan badannya menjadi deman dan panas yang sangat tinggi, tidak hanya pada waktu siang hari tapi juga bisa sepanjang hari akan terasa demam dan panas tidak menurun.

Ketika panas sangat tinggi maka bisa mengkompresnya dengan menggunakan air dingin, bisa dengan merendam kain ke dalam air dingin lalu menempelkan kain tersebut ke badan penderita beberapa saat lalu diulang lagi.

Bisa diletakan pada bagian dahi atau juga ketiak, jika suhu badan tidak juga menurun maka bisa mengelap bagian telapak tangan dan kaki dengan menggunakan air dingin, bisa dilakukan terus menerus sampai suhu badan turun.

Pengobatan gejala Tipes Secara Tradisional

Minum Cuka Sari Apel

Pengobatan gejala Tipes Secara Tradisional bisa dengan menggunakan cuka sari apel fungsinya untuk menurunkan panas yang tinggi, selain itu juga bisa mengurangi rasa mual, muntah, diare, bisa dengan mencampurkan setengah sendok cuka ke air hangat.

Bisa juga ditambahkan madu untuk membuat rasanya tidak terlalu asam, karena madu mengandung glukosa yang bisa membuat rasanya menjadi lebih manis, atau bisa juga dengan makan bawang putih.

Yaa bawang puting bisa menjadi Pengobatan gejala Tipes Secara Tradisional karena mendandung bahan sulfur dan glukosinates yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, bawang juga bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Lebih Baik

Duhh ngeri yaa kalau lihat orang yang terkena penyakit tipes, terlihat lemas dan juga tidak berdaya, aktivitas jadi terhambat dan tidak bisa menyelesaikan tugas tugas, anak anak juga tidak bisa bermain seperti biasa.

Maka dari itu mulai sekarang biasakan untuk menjaga hidup tetap sehat dengan menjaga pola makan dan berbagai makanan yang masuk ke dalam tubuh karena itu yang utama penyebab tipes.

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?