Tanda akan melahirkan dalam waktu dekat
Tanda akan melahirkan dalam waktu dekat

Siap Siaga yaa Bund, Ini 9 Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

Posted on

Sebelumtidur.com – Bunda sekarang lagi hamil tua? maksudnya bukan bunda yang tua yaa he hee tapi usia kehamilannya, sudah siap melahirkan bund? Jangan takut yaa bund, Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat bisa diditeksi kok.

Tanda akan melahirkan kurang dari seminggu biasanya diawalai dengan flek flek yaa bund, nahh kali ini kita akan membahas gejala akan melahirkan. Biasanya tanggal perkiraan lahir berbeda dengan kenyataannya, bunda harus siap untuk masalah ini yaa.

Kalau orang Jawa bilang jika kelahiran lebih awal dari HPL biasanya anaknya cowok tapi kalau lahir waktunya melebihi HPL berarti dia anak cewek. Entah benar atau tidak tapi itu kehendak Tuhan yaa bund.

Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

Tanda yang paling terlihat saat mau melahirkan adalah adanya kontraksi. Kontraksi pada trimester ketiga akan terasa lebih sering seperi kejang kejang pada rahim, seakan akan anak di dalam sana sedang jungkir balik mungkin ha haa, pernah merasakannya bund?

Lebih lengkapnya yukk simak gejala akan melahirkan,

1. Nyeri Punggung

tanda akan melahirkan kurang dari seminggu
Tanda akan melahirkan kurang dari seminggu

Nyeri punggung ini disertai dengan sakit pada panggul dan bagian tulang belakang. Kenapa sakit?

Karena ada pergeseran dan pergerakan janin yang menekan tulang belakang.

Bayi dalam rahim mulai turun dan bersiap keluar jadi tulang ibu akan ikut bergeser bersamaan.

Biasanya ibu hamil akan makan obat pereda nyeri dengan parasetamol tentunya dengan anjuran dokter, obat ini akan mengurangi rasa nyeri yaa bund.

 

 

 

 

2. Kram Perut

Rasa kram saat akan melahirkan seperti rasa kram perut saat menstruasi, kalau sudah seperti ini berarti kelahiran sudah semakin dekat. Saat kram perut melanda bunda jangan panik yaa, kalau panik nanti tingkat stress akan semakin meningkat.

Untuk sedikit meredakannya bunda bisa mandi air hangat yaa, untuk apa? Mandi air hangat bisa mengurangi rasa stress yang melanda. Biasanya pada kehamilan pertama yang bunda belum pernah ada pengalaman akan stress saat akan melahirkan.

3. Merasa Lebih Ringan

Selanjutnya tanda akan melahirkan dalam waktu dekat yaitu perut terasa lebih ringan. Kandungan terasa akan semakin ringan karena bayi semakin turun dan mendekati jalan lahir, bayi bersandar pada tulang panggul jadi akan terasa lebih ringan. Ini bisa membuat bunda lebih lega dan bisa bernafas lebih lega dari sebelumnya.

Yaa tau sendiri yaa bund kalau hamil besar bayi akan mendesak paru paru jadi bunda akan merasakan lebih sesak saat bernafas.

4. Vagina Terasa Sakit

Bund kalau usia kehamilan sudah tua, mulut rahim akan mulai terbuka dan melebar dengan sendirinya, otot otot sekitar leher rahim mengalami penekanan karena kepala bayi sudah mulai turun. Kondisi ini akan membuat vagina terasa nyeri.

Jika nyeri pada vagina semakin menjadi berat bertanda bahwa kelahiran semakin dekat, selain itu ada tanda kontraksi yang semakin teratur dan dalam waktu yang singkat bunda harus siap untuk persalinan.

Rahasia yaa bund, jadi selama bunda hamil bunda harus mengetahui cara menjaga kehamilan agar tetap sehat dan normal, biar persalinan juga mudah.

5. Perut Keras dan Kaku

gejala akan melahirkan
Gejala akan melahirkan

Posisi bayi ketika mau lahir itu kepalanya ada di bagian bawah jadi berbalik begitu yaa bund. Nahh proses bayi berbalik ini akan membuat perut bunda menjadi keras dan kaku. Bayi berputar dan mengarahkan kepalanya menuju mulut rahim.

Perut yang keras akan diiringi dengan rasa mulas, bunda hati hati yaa perut yang terasa keras bisa jadi tanda awal akan kelahiran si kecil.

Satu langkah yang baik setelah melahirkan yaitu bunda harus mengkonsumsi nutrisi yang baik untuk ibu menyusui karena pasti bunda akan menyusui kan.

6. Keluar Lendir dari Vagina

Tanda akan melahirkan dalam waktu dekat selanjutnya yaitu keluar lendir dari vagina.Beberapa hari sebelum melahirkan biasanya akan keluar cairan seperti lendir yang keluar dari vagina.

Pada awalnya lendir keluar sedikit demi sedikit tapi lama lama menjadi banyak, bentuknya bukan lendir lagi tapi menjadi seperti air biasa.

Peningkatan jumlah cairan yang keluar dari vagina ini biasanya menjadi tanda bunda akan melahirkan. Persiapan mental memang yang paling penting yaa bund untuk menghadapi masa masa mau melahirkan.

7. Buang Air Terus Menerus

Bunda pernah dengar ada kisah ibu hamil melahirkan di toilet? Ya seperti itulah, rasa mulas yang terus menerus akan terasa saat mau melahirkan. Bayi yang terus menekan ke bawah akan menekan usus besar sehingga usus besar akan ikut nyeri dan mengalami kontraksi, jadi rasanya seperti akan BAB.

Biasanya dokter akan menyarankan untuk tidak mengejan ketika terasa BAB, hati hati yaa bund, jangan mengejan kalau belum dikode sama dokter atau bidan, karena bisa jadi bayi keluar tapi posisi bunda belum siap. Tidak ingin bayi keluar di toilet kan bund.

8. Suasana Hati Ibu Tidak Menentu

Tanda akan melahirkan dalam waktu dekat yang paling terlihat yaitu kecemasan hati bunda, biasanya bunda yang udah mau melahirkan akan merasa takut grogi dan bercampur aduk semuanya. Kesiapan mental menjadi modal utama.

Pernah saya baca mengenai kekuatan kata untuk membantu bunda tetap kuat sebelum dan saat melahirkan, kurang lebih kata katanya seperti ini,

“Anak ku nanti kalau keluar jangan bikin bunda sakit yaa, anak ku sayang bunda kan, jadi anak yang baik yaa, lahir lancar sehat dan normal, anak ku sayang kalau mau lihat dunia sayangku harus berusaha kuat yaa, dukung bunda biar bisa melewati, anak ku sayang yukk kita berjuang bersama.”

Sekilas seperti itu, kata kata penyemangat ini ditanamkan dalam diri bunda dan diulang ulang terus setiap waktu untuk menguatkan mental bunda.

9. Air Ketuban Keluar Tiba Tiba

Air ketuban adalah cairan yang melindungi bayi dari segala guncangan saat dia ada di dalam perut bunda. Sesaat sebelum kelahiran ketuban akan pecah dan ketika ketuban pecah harus segera ada penanganan medis dan bunda sudah ada di lokasi persalinan.

Ketuban yang pecah lama kelamaan akan habis nahh sebelum habis bayi harus sudah dikeluarkan dari tempatnya. Pecahnya ketuban ini disebabkan ada desakan dan kontraksi dari kepala bayi ke mulut serviks.

Saat ketuban pecah akan terasa seperi ada air menyembur atau bisa juga seperti rembesan air. Membran akan pecah sedikit demi sedikit dan proses melahirkan akan berlangsung cepat.

 

Begitu tadi yaa kita bahas tentang tanda akan melahirkan kurang dari seminggu ataupun gejala akan melahirkan, bunda sobat sebelumtidur.com jangan takut pokoknya yaa, siap terus menghadapi semua masa masa persalinan ini, semua akan terbalas dengan hadirnya si kecil di samping bunda.

Ohh yaa bund, apapun yang terjadi saat persalinan nanti bunda harus kuat dan ini perjuangan yang juga jihad di jalan Tuhan. Semangat bunda, Bunda pasti bisa…

Advertisements

One thought on “Siap Siaga yaa Bund, Ini 9 Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?