ciri orang egois dan sombong
Ciri orang egois dan sombong

7 Ciri Orang Egois dan Sombong, Tidak Seperti yang Dipikirkan

Posted on

Sebelumtidur.com – Orang yang sombong selalu mengandalkan pikirannya dan egonya untuk melancarkan segala urusan. Ciri orang egois dan sombong mudah sekali ditemui di sekitar kita tapi ada beberapa hal yang unik dari orang sombong.

Mungkin nanti juga ada puisi orang sombong untuk menyindir mereka kalau sifat sombong itu tidak disukai masyarakat. Tapi sobat sebelumtidur.com tau gak kalau ternyata orang sombong itu banyak yang tidak sadar dengan sifat sombongnya, apa mungkin sombong itu penyakit??

Sombong dalam Islam termasuk dalam sifat yang tercela yaitu sifat yang tidak boleh ada di hati seseorang, bahkan Allah SWT tidak memasukan orang ke surga yang hatinya ada sifat kesombongan walaupun hanya sebesar zaroh. Yaa biji zaroh itu sangat kecil jadi harus benar benar hati hati dengan sifat sombong ini.

Ciri Orang Egois dan Sombong

Orang yang sombong biasanya memamerkan harta, kecantikan/ ketampanan, prestasi, dan segala kelebihan yang dimiliki. Ada juga yang menyebut orang sombong dengan sebutan OKB, apa itu OKB? OKB kependekan dari Orang Kaya Baru, yaa baru ada rejeki lalu dipamerkan bukan malah bersyukur,

…dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali kali tidak dapat menembus bumi dan sekali kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung (Q.S. Al Isra: 37)

Yukk simak ciri orang egois dan sombong,

1. Menghargai Diri Sendiri dengan Berlebihan

ciri orang egois dan sombong
Ciri orang egois dan sombong

Ciri orang egois dan sombong yang pertama yaitu terlalu menghargai dirinya. Orang yang sombong memang memiliki sesuatu yang dapat dia sombongkan, sebagai contoh memiliki harta yang banyak lalu dia memamerkannya kepada orang lain.

Dia bangga dengan hasil jerih payahnya sehingga harta yang terkumpul sangat banyak. Dia bangga dengan dirinya dan akhirnya memandang sinis orang lain. Dia menganggap tidak ada orang lain yang mampu seperti dirinya.

Memang semua orang harus menghargai diri sendiri tapi orang sombong kadar menghargai dirinya terlalu tinggi, bisa disebut juga dengan over.

2. Tidak Suka Diberi Nasehat

Nasehat disampaikan seseorang kepada orang lain agar orang lain tersebut berubah menjadi lebih baik. Dengan tujuan yang bagus dimaksudkan agar sifat sombong itu hilang dengan perlahan, tapi nasehat itu akan terlihat percuma jika yang menerimanya adalah orang yang sombong.

Nasehat akan dianggap sebagai merendahkan dirinya dan dengan kepala yang panas dia akan menolak nasehat tersebut. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menghadapinya?

Dekati dia, utamanya dengan orang orang yang dianggapnya sebagai panutan. Bicarakan dari hati ke hati, karena orang sombong itu mengalami penyakit hati yang bisa dianggap parah.

3. Tidak Menghargai Pendapat Orang Lain

Tidak menghargai orang lain atau meremehkan sesama adalah salah satu ciri orang sombong. Dia memandang rendah yang dimiliki orang lain, lalu jika dia memiliki hal yang sama maka dia akan memamerkan yang dimiliki itu.

Sebagai contoh ketika dalam suatu majelis, orang sombong berpendapat tapi ada sanggahan dari orang lain karena pendapat tersebut kurang tepat. Pada kondisi ini orang sombong akan marah dan merasa harga dirinya diinjak injak.

Untuk mengantisipasi hal seperti ini berikan alasan yang rasional dan jelas ketika sedang berpendapat dengan orang yang sombong. Jangan asal berpendapat juga, biar pendapat tersebut dapat diterima memang harus dilandasi dengan informasi informasi yang tepat.

4. Menolak Kebenaran

puisi orang sombong
Ciri orang egois dan sombong

“Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya ada kesombongan seberat biji sawi. Seorang laki-laki bertanya: “Ada seseorang suka bajunya bagus dan sandalnya bagus (apakah termasuk kesombongan?)

Beliau menjawab: “Sesungguhnya Allah Maha indah dan menyukai keindahan. Kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia”. (H.R. Muslim)

Sudah jelas dalam hadits di atas yang menunjukan bahwa orang sombong itu menolak kebenaran dan merendahkan manusia lain. Sebagai contoh pada zaman Rosulullah SAW beliau diutus Allah SWT untuk memberi peringatan kepada umatnya untuk menyembah Allah SWT saja.

Tapi orang kafir quraish yang di dalam hatinya ada kesombongan, mereka tidak menerima kebenaran tersebut. Teringat juga cerita Fir’aun yang mati tenggelam di laut merah, dia mengakui Nabi Musa a.s adalah utusan Allah SWT tapi ajalnya sudah didepan mata, karena keangkuahannya dia menolak kebenaran dari Nabi Musa a.s dan mati dalam keadaan kafir.

5. Suka dengan Pujian

Siapa yang tidak suka dengan pujian? Sebagai manusia biasa memang suka dipuji dan dilebihkan, tapi orang yang rendah hati berbeda dengan orang yang sombong. Orang sombong ketika dipuji dia akan mengunggulkan dirinya dan lupa bahwa yang dia miliki hanyalah milik Allah SWT.

Terkadang pula orang sombong melakukan banyak hal untuk memperoleh pujian. Ketika dia mendapat pujian tersebut maka dia akan merasa bahagia, tapi jangan salah dengan pujian juga orang sombong bisa insyaf. Kok bisa?

Yaa ketika yang diharapkan adalah pujian maka beri dia pujian yang setinggi langit sampai dia akan malu sendiri dengan yang dia lakukan. Pujian yang meninggi ninggikan akan menjadikannya sadar bahwa pujian itu tidak sesuai dengan dirinya.

6. Bersikap Kasar

Bersikap kasar bisa jadi ciri orang sombong dalam Islam. Islam tidak mengajarkan kekerasan tapi mengajarkan tentang ketegasan dan tidak ragu ragu. Bagi orang yang sering bertemu dengan orang sombong perlu jurus jitu menghadapi orang sombong agar hati bisa sabar menghadapinya.

Sikap kasar yang ada pada orang sombong biasanya untuk mempertahankan ego yang dimilikinya, dia tidak ingin kalah dengan yang lain sehingga dia akan bersikap kasar agar pemikirannya dapat diterima khalayak ramai. Pernah menemui orang seperti ini?

7. Tidak Mampu Menjaga Hubungan 

Selanjutnya sombong dalam Islam akan memunculkan ciri bahwa orang yang sombong tidak akan mampu menjaga hubungan. Sebenarnya orang lain biasa saja dengan dirinya tapi karena sikap sombongnya yang membuat orang lain kesal akhirnya satu per satu orang menjauh darinya.

Salah satu contoh orang marketing, dia harus mampu berkomunikasi dengan orang banyak dan melembutkan sikapnya jadi dia bisa menjaga hubungan dengan orang lain. Berbeda dengan orang sombong, dia merasa hubungan dengan orang lain ketika dia butuh saja, ketika tidak butuh dia akan meninggalkan orang tersebut.

 

Bagaimana sobat sebelumtidur.com tentang ciri orang egois dan sombong? Nahh untuk menyegarkan suasana berikut ada puisi orang sombong yang bisa jadi menyegarkan suasana yaa, Bisa juga pakai kata kata buat orang sombong agar teman atau siapa saja yang sombong bisa kamu peringatkan.

 

Jika hati sudah berkalang kabut

Untuk apalagi hati merasa iri

Dengan suara besar yang menyambar

Akankah langit sudah dia taklukan?

Akankah pasifik sudah disebrangi?

Dirimu bak semut dalam lautan madu

Madu yang manis siap menelanmu

Tak taukah bahaya didekatmu?

Sungguh hatimu berkalang kabut

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?