gejala penyakit jantung usia dini
gejala penyakit jantung usia dini

5+ Gejala Penyakit Jantung Usia Dini Kerap Diabaikan Berakibat Fatal

Posted on

Sebelumtidur.com – Seperi yang kita tau penyakit jantung menjadi pembunuh nomor 1 di Indonesia. Gejala penyakit jantung usia dini memberikan sinyal untuk lebih waspada dengan penyakit ini. Setiap orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin bisa terkena penyakit mematikan dari jantung.

Penyebab penyakit jantung usia dini jika dipahami dengan seksama akan terlihat berbeda dari gejala penyakit lainnya. Sayangnya penyebab serangan jantung usia muda sering diabaikan hingga terjadi kesalahan yang fatal dan beresiko kematian.

Penanganan yang asal asalan ketika ada orang yang terkena serangan jantung juga memicu kematian yang lebih cepat dari yang disangkakan. Anak muda saat ini tidak luput dari serangan jantung, sebut saja beberapa artis ibu kota yang tiba tiba meninggal dunia karena serangan jantung.

Gejala Penyakit Jantung Usia Dini

Penyebab penyakit jantung usia dini terlihat seperti penyakit lainnya, memang seperti itu tapi jika diperhatikan dan gejala yang timbul berbarengan dengan gejala yang lain dan sering dirasakan, berarti Anda harus waspada dengan penyakit jantung. Berikut penyebab serangan jantung usia muda, simak yaa sobat biar kita bisa waspada.

gejala penyakit jantung usia dini
Gejala penyakit jantung usia dini

1. Detak Jantung Tidak Beraturan

Detak jantung yang normal kerap disamakan dengan detik pada jam, jadi akan terlihat bedanya. Aktivitas yang dilalui sepanjang hari akan memberikan efek irama detak jantung. Orang yang beraktivitas padat memiliki detak jantung yang lebih cepat, sedangkan yang tidak banyak beraktivitas detak jantungnya rendah.

Gejala penyakit jantung usia dini terlihat ketika seseorang tidak melakukan aktivitas berat tapi irama detak jantungnya berlangsung dengan cepat. Kondisi ini perlu diperhatikan, sebagai contoh ketika selesai olah raga jantung berdebar lebi kencang karena tubuh memerlukan asupan oksigen yang cukup.

Tapi ketika sedang bersantai saja tiba tiba jantung berdebar debar dan irama detaknya lebih cepat lebih baik segera periksakan ke dokter spesialis jantung. Selain itu perhatikan pula gejala yang lain, jika turut muncul berarti Anda harus waspada.

2. Cepat Merasa Lelah

Lelah merupakan hal wajar yang dialami manusia setelah melakukan aktivitasnya. Lelah adalah sinyal terbaik yang memberitahukan bahwa tubuh membutuhkan istirahat. Mudah lelah dari aktivitas bisa terjadi karena kekurangan cairan, oksigen, anemia, dan lainnya.

Jika badan terasa cepat lelah dengan aktivitas yang biasa saja mungkin menjadi salah satu gejala penyakit jantung usia dini. Jika merasa seperti ini lebih baik segera kendalikan diri dan konsumsi sayur sayuran yang mencukupi.

Bagi ibu hamil dan menyusui konsumsi makanan yang kaya dengan nutri yang cukup. Kendalikan aktivitas yang membutuhkan energi yang banyak serta atur pola istirahat dan pola tidur.

Kelelahan yang sering terasa oleh penderita penyakit jantung biasanya juga disertai dengan nyeri pada dada.

3. Nyeri Pada Bagian Dada

Nyeri pada dada sering membuat penderita tidak nyaman, rasanya seperti ada tekanan yang menghantam bagian dada. Selain itu ketika nyeri pada dada disertai pula dengan sesak nafas. Nyeri terasa berulang ulang dalam periode tertentu yang kadang penderitanya kesakitan sampai lemas.

Nyeri pada dada disebabkan karena jantung dan otak tidak memperoleh pasokan darah serta oksigen yang cukup sehinga membuat dada terasa nyeri. Nyeri pada dada terasa seperti dada diremas remas sehingga terasa sangat sakit.

Memeriksakan gejala ini pasa dokter adalah solusi yang bagus tapi jika memperhatikan gejala yang lain itu lebih baik.

penyebab penyakit jantung usia dini
Penyebab penyakit jantung usia dini

4. Keringat Dingin

Keringat adalah cairan tubuh yang dikeluarkan untuk mengendalikan metabolisme dalam tubuh. Untuk mengatur suhu tubuh agar tetap normal maka tubuh akan mengeluarkan keringat maupun air kecil. Keringat yang normal akan keluar ketika seseorang beraktivitas secara berlebihan.

Penderita penyakit jantung akan mengeluarkan keringat yang terus menerus keluar tanpa mengerti alasannya. Saat bersantai tiba tiba keluar keringat dingin dari tangan. Jika Anda mengalami gejala seperti ini alangkah baiknya Anda segera memeriksakan ke dokter

5. Punggung Terasa Sakit

Pungung tiba tiba terasa sakit bukan berarti langsung didefinisikan sebagai gejala serangan jantung yaa sobat, tapi salah sakit punggung memang salah satu penyebab penyakit jantung usia dini. Sakit pada punggung bisa saja terjadi karena osteoporosis, kelelahan bekerja, salah urat, atau kram otot.

Punggung yang sakit terjadi karena lairan darah tidak maksimal menjangkau daerah punggung, terdapat penyumbatan maupun penyempitan pembuluh darah sehingga punggung terasa sakit. Jika sakit punggung dibarengi dengan gejala serangan jantung lainnya lebih baik segera periksakan ke dokter yaa.

6. Sakit Kepala

Beberapa penyakit memang memiliki gejala yang sama yaitu sakit kepala. Penyebab serangan jantung usia muda juga bisa dilihat dari sakit kepala. Ketika kurang istirahat maupun kecapekan terkadang kepala juga terasa sakit dan nyut nyutan. Selain itu terkena sinar matahari yang berlebihan juga bisa menyebabkan sakit kepala, bahkan udara yang terlalu dingin juga berefek yang sama.

Jadi sakit kepala adalah gejala umum dari berbagai penyakit yaa sobat. Tapi ada penelitian yang mengatakan bahwa sakit kepala sebagai awal gejala penyakit jantung yaitu dikarenakan aliran darah ke otak tersumbat atau ada kelainan aliran darah. Sirkulasi darah yang terganggung meyebabkan kepala terasa pusing bagi penderita gejala penyakit jantung.

 

Bagaimana sobat sebelumtidur.com tentang gejala gejala penyakit jantung?? Semoga kita terhindar dari penyakit mematikan ini yaa, jaga kesehatan terus yaa sobat.

Salam Sehat …:):)

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?