keutamaan membaca alquran setelah shalat
Keutamaan membaca Alquran setelah shalat

Yukkk Baca Alquran Setelah Sholat Manfaatnya Luar Biasa Loo

Posted on

Sebelumtidur.com – Membaca Alquran merupakan ibadah yang utama untuk kaum muslim. Apalagi membacanya sampai khatam dan mentadaburinya. Apakah Anda sudah pernah mengkhatamkan Alquran? Kalau belum Anda harus tau Keutamaan Membaca Alquran Setelah Shalat biar Anda lebih bersemangat untuk membacanya.

Banyak sekali manfaat membaca Al quran di rumah bahkan membaca Alquran menjadi ibadah yang dicintai Allah, seperti hadits Rosulullah berikut ini,

Dari Ibnu Abbas r.a., beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw.

“Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?”

Beliau menjawab,

“Al-hal wal murtahal.”

Orang ini bertanya lagi,

“Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?”

Beliau menjawab,

“Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi)

Salah satu keutamaan membaca Al quran dan mengkhatamkannya dengan sepenuh hati yaitu mendapatkan generasi yang terbaik. Kok bisa? Yaa kita simak saja yaa tentang keutamaan membaca alquran setelah shalat berikut ini,

Keutamaan Membaca Alquran Setelah Shalat

Di zaumul akhir nanti tiada yang mampu menolong diri kita, semua perbuatan yang dikerjakan di dunia ini akan dimintai pertanggungjawaban. Bahkan amalan yang tidak ada satu orang pun yang tau Allah akan mengetahuinya dan akan dihisab nanti.

Tapi ada satu penolong yang bisa membantu nanti. Apa?? Alquran. Alquran akan memberi pertolongan pada diri kita saat dihisab nanti. Nahh seperti hadits berikut ini,

Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

Yukk simak keutamaan membaca alquran setelah shalat,

1. Melembutkan hati yang mengeras

manfaat membaca al quran di rumah
Manfaat membaca Al quran di rumah

Hati terkadang akan menjadi keras sekeras batu karang yang ada di lautan. Kenapa itu bisa terjadi? Karena hati membutuhkan siraman agar dia tetap dingin dan emosi hati akan terjaga dengan baik. Hati adalah perasaan yang dimiliki setiap manusia.

Manusia yang terdiri dari jasmani dan rohani semua membutuhkan makanan. Jika jasmani kita beri makan dengan makan 3x sehari dan ditambah dengan olahraga. Sedangkan rohani kita membutuhkan tausiyah, belajar tentang agama dan juga membaca kitap suci Alquran.

“Katakanlah, ‘Berimanlah kepadanya (Alquran) atau tidak usah beriman (sama saja bagi Allah). Sesungguhnya orang yang diberi pengetahuan sebelumnya apabila Alquran dibacakan kepada mereka, mereka  menyungkur atas muka mereka sambil bersujud’.” (QS al-Israa:107)

2. Membuat hati menjadi tenteram dan damai

Siapa manusia di dunia ini yang tidak ingin memiliki kehidupan yang tentram dan damai. Terkadang kehidupan yang dijalani menuntut kita untuk terus berfikir tanpa kenal lelah.

Keutamaan membaca alquran setelah shalat. Padahal kita juga membutuhkan istirahat, di dunia ini hanya sementara tapi dibuat sibuk dengan urusannya.

Apalagi orang yang memiliki sifat sombong dalam dirinya, pikiran itu seakan tidak pernah tenang dan damai, yang ada hanya panas dan ingin mengungguli temannya. Tidak hanya sombong masih banyak lagi penyakit hati yang berbahaya di dunia maupun di akhirat.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tentram.” (QS. Ar- Ra’d ayat 28)

3. Allah akan menolong dari kerugian dan menambah karunia-Nya

Pertolongan Allah akan datang pada siapa saja yang Dia kehendaki. Tau tentang pahala berjamaah? bukan tentang sholat berjamaah yaa.

Nahh pahala berjamaah yaitu ketika kita melakukan suatu kebaikan maka kita akan mendapat balasan dari kebaikan tersebut.

Kadang yang membalasnya adalah orang yang kita tolong tapi ada kalanya juga kita dibalas dari tangan orang lain yang tidak pernah disangka sangka kedatangannya.

Keutamaan membaca alquran setelah shalat. Pernah mengalami hal ini? Selain pahala berjamaah ada pula dosa berjamaah, wahh kalau ini berbuat buruk sekali tapi dosanya terus mengalir.

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan,

mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”.

“Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (QS. Fathir ayat 29-30)

4. Mendapatkan do’a dan shalawat dari malaikat

keutamaan membaca al quran dan mengkhatamkannya
Keutamaan membaca Al quran dan mengkhatamkannya

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang selalu berdzikir dan memuji keagungan Allah. Malaikat ada dimana mana, mungkin saat ini ada malaikat yang lagi ngawasin gerak gerik kamu he hee.

Bukan nakut nakutin yaa tapi memang malaikat itu ada. Malaikat yang selalu menemani kita diantaranya malaikat Rokib dan Atid.

Keutamaan membaca alquran setelah shalat. Malaikat Rokib bertugas untuk mencatat amal amal baik yang kita lakukan sepanjang hari, sedangkan malaikat Atid akan menulis segala perbuatan buruk kita.

Jadi jangan pernah bilang lagi sendirian yaa, karena kita pasti dikawal sama malaikat Allah. Malaikat yang sedemikian mulianya ternyata akan memberikan doa pada kita kalau kita membaca Alquran.

“Apabila Al-Qur’an dikhatamkan bertepatan pada permulaan malam, maka malaikat akan bersalawat (berdoa) untuknya hingga subuh.

Dan apabila khatam bertepatan pada akhir malam, maka malaikat akan bershalawat/ berdoa untuknya hingga sore hati.” (HR. Addarimi.)

5. Menambah pengetahuan tentang kisah kisah teladan Rosul

Di dalam Alquran banyak sekali kisah kisah teladan yang bisa kita temukan dan kita pelajari untuk gambaran diri. Seperti kisah kaum Nabi Luth a.s. yang melakukan perbuatan hina, dan diazab oleh Allah dengan membalik bumi tempat mereka tinggal.

Ada lagi kisah nasehat orang tua pada anaknya yaitu pada surat Luqman yang menceritakan dialog antara Luqman dan anaknya. Mau tau isi nasehatnya apa aja? Nanti kita bahas di artikel lain yaa.

“Kami ceritakan kisah mereka kepadamu (Muhammad) dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambahkan kepada mereka petunjuk.” (Surah Al-Kahfi ayat 13)

6. Menjadi lebih paham tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang harus ditinggalkan

Manfaat membaca al quran di rumah selanjutnya yaitu kita akan lebih memahami tentang apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang harus dihindari.

Yaa Alquran yang diwahyukan pada Rosulullah adalah bentuk dari peringatan dan kabar gembira yang Allah sampaikan.

Ini bukan sekedar omongan manusia tapi ini adalah Kalamullah, kalimat Allah langsung, Tuhan semesta alam.

Di dalam Alquran terdapat hukum hukum yang tidak akan pernah lekang oleh waktu dan bisa selalu masuk dalam konteks kehidupan manusia sampai akhir zaman nanti.

(Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami, bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri, dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. 

Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri. (QS. An- Nahl ayat 89)

7. Allah mengkaruniakan kepada orang tua kita mahkota yang berkilauan

Apakah bisa berjanji akan membahagiakan orang tua di dunia ini? Takut yaa. Cara membahagiakan orang tua dengan sederhana ini bisa membuat mereka selalu tersenyum saat melihat kita. Membahagiakan orang tua tidak melulu tentang sesuatu yang rumit yaa.

Ternyata Allah memberi jalan yang sangat mudah, yaa membaca Alquran dengan sepenuh hati akan membuat mereka bahagia.

Yaa memang kita tidak bisa menjanjikan kebahagiaan mereka di dunia ini tapi IngsyaAllah di akhirat nanti mereka akan bahagia dengan amalan kita yang suka membaca Alquran.

 “Siapa yang mebaca al-Qur’an serta berusaha mengamalkannya, maka kelak di hari Kiamat kedua orangtuanya akan diberi mahkota yang bersinar lebih baik daripada sinar matahari di dunia. Bagaimana menurutmu orang yang mampu melaksanakan hal ini?” (H.R Abu Dawud)

 

Nahh bagaimana sobat sebelumtidur.com tentang keutamaan membaca al quran dan mengkhatamkannya ditambah lagi dengan keutamaan membaca Alquran setelah shalat?

Semoga menjadi inspirasi yaa begitu banyak manfaat membaca al quran di rumah akan sangat sia sia jika kita tidak mengamalkannya.

Tidak bisa membaca Alquran? Jangan malu. Belajarlah tidak ada ruginya, kalau masih terbata bata pahalanya malah dobel lohh. 

Yukkk raih keutamaan membaca al quran dan mengkhatamkannya biar bisa dapat ridho Allah dan masuk ke surga bersama orang orang yang kita sayangi. Aamiin.

Topik Bahasan:

Cari arah bukit bintang dari prambananlo. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?