empat ciri orang munafik
Empat ciri orang munafik

Waspadai, Kalau Temanmu Punya 4 Ciri ini Berarti Dia Munafik

Posted on

Sebelumtidur.com – Apa sih munafik itu? Apa yang menyembunyikan keburukan aja yang disebut dengan munafik? “Munafik kan cuma di dunia, tenang semua bisa diatasi”. Wahh payah yaa kalau sudah begitu. Munafik itu penyakit yang membahayakan, ini Empat Ciri Orang Munafik.

“Dan apabila mereka berjmpa dengan orang yang beriman, mereka berkata,

“Kami telah beriman.”

Tetapi apabila mereka apabila mereka kembali pada setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata

“Sesungguhnya kami bersamamu, kami hanya berolok-olok.” (Q.S. Al Baqarah: 14)

Munafik dalam Islam termasuk dalam penyakit hati yang berbahaya dan akibatnya akan ditanggung sampai di akhirat nanti. Allah memberikan ancaman yang keras untuk para munafik ini.

Munafik diartikan sebagai orang yang memiliki sifat nifak. Nifak artinya menampakan bagian yang baik dan menyembunyikan sesuatu yang buruk. Seorang munafik sering disimbolkan dengan ular berkepala dua. Naudzubillah.

Empat Ciri Orang Munafik

Firman Allah tentang munafik sudah jelas, seperti berikut ini,

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” (Q.S. An Nisa: 142)

Rosulullah pun ikut memberikan hadits tentang ciri ciri orang munafik, Hadis riwayat Abdullah bin Amru Radhiyallahu ‘anhu , ia berkata:

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: Ada empat sifat yang bila dimiliki maka pemiliknya adalah munafik murni.

Dan barang siapa yang memiliki salah satu di antara empat tersebut, itu berarti ia telah menyimpan satu tabiat munafik sampai ia tinggalkan.

  1. Apabila berbicara ia berbohong,
  2. Apabila bersepakat ia berkhianat,
  3. Apabila berjanji ia mengingkari dan
  4. Apabila bertikai ia berbuat curang (H.R. Muslim)

Dengan jelas munafik dalam Islam adalah peruatan yang harus dihindari, itu perbuatan yang setan akan senang melihatnya, apalagi melihat sesama muslim bertikai karena terkena bujuk rayuan setan. Yukk kita jabarkan satu persatu tentang ciri ciri orang munafik sesuai dengan hadits Rosulullah diatas,

Empat Ciri Orang Munafik

Ciri ciri orang munafik yaitu,

1. Apabila berbicara ia berbohong

Orang yang sering berbohong akan melakukan kebohongan dengan santainya, seakan akan tidak merasa bersalah. Dan ketika orang melakukan kebohongan maka kebohongan tersebut akan bertambah lagi dan lagi, akan muncul kebohongan baru untuk menutupi kebohongan yang sebelumnya.

Contoh kecil yang sering ada, saat penjual menjual barangnya dan ditawar oleh pembeli tapi penjual tersebut mengatakan dia belum mendapatkan untung, padahal sebenarnya dia sudah untung cuma sedikit, tapi tetap sama saja dia mendapat untung. Ini kebohongan yang sering dilakukan.

“Sesungguhnya kejujuran akan menunjukkan kepada kebaikan, dan kebaikan itu akan menghantarkan kepada surga. Seseorang yang berbuat jujur oleh Allah akan dicatat sebagai orang yang jujur.

Dan sesungguhnya bohong itu akan menunjukkan kepada kelaliman, dan kelaliman itu akan menghantarkan ke arah neraka. Seseorang yang terus menerus berbuat bohong akan ditulis oleh Allah sebagai pembohong.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

2. Apabila bersepakat ia berkhianat

Menghianati amanah yang telah diberikan kepadanya, yaa memang menyebalkan orang munafik ini. Semaki besar besar kepercayaan yang dikhianati maka semakin jelas terlihat kemunafikannya. Walaupun sebenarnya sangat sulit memastikan ia berkhianat apa tidak.

Contoh yang sangat jelas kita lihat, mereka para pejabat yang menyelewengkan duit rakyat. Dia sudah disumpah untuk mengabdi pada rakyatnya tapi ternyata dia melakukan tindak korupsi. Yaa bersepakat tapi berkhianat, mengkhianati bangsanya sendiri.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (QS. al-Anfal: 27)

3. Apabila berjanji ia mengingkari

munafik dalam islam
Munafik Dalam Islam

Ciri ciri munafik yang selanjutnya yaitu apabila berjanji maka dia akan mengingkari. Jangan membuat janji kalau sekiranya kita tidak sanggup menepati, selalu bilang

“IngsyaAllah”

Itu akan menyelamatkan kita dari janji, tapi arti yang sesungguhnya tentang IngsyaAllah bukan hanya “jika Allah menghendaki” tapi lebih dari itu.

Dari 100% kita memiliki andil 99% untuk menepati sesuatu yang kita janjikan dan 1% dari Allah. Sudah menyiapkan semua tapi Allah tidak menghendaki maka tidak jadi melakukannya, tapi terkadang kalimat IngsyaAllah diartikan bahwa ornag tersebut tidak akan melakukan sesuatu.

Bagi yang pengen tau ciri ciri neraka yang menyeramkan kamu bisa membayangkan adzab neraka paling ringan, yaitu ketika diinjak api neraka maka otak akan mendidih. Itu hukuman paling ringan untuk munafik.

4. Apabila bertikai ia berbuat curang

Kecurangan demi kecurangan akan dilakukan orang munafik untuk meluruskan niatnya. Tidak mau berbuat jujur yang juga salah satu sifatnya untuk terus berbohong dia pun akan melakukan perbuatan curang.

Orang yang curang sebenarnya tidak jujur pada dirinya sendiri seharusnya dia sadar kalau yang dia lakukan itu adalah menyakiti dirinya sendiri karena bertumpuk tumpuk dengan ketidak jujuran. Tapi semua itu tidak dia rasakan.

“Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah pernah melewati setumpuk makanan, lalu beliau memasukkan tangannya ke dalamnya, kemudian tangan beliau menyentuh sesuatu yang basah, maka pun beliau bertanya,

“Apa ini wahai pemilik makanan?”

Sang pemiliknya menjawab,

“Makanan tersebut terkena air hujan wahai Rasulullah.”

Beliau bersabda,

“Mengapa kamu tidak meletakkannya di bagian makanan agar manusia dapat melihatnya? Ketahuilah, barangsiapa menipu maka dia bukan dari golongan kami.” (HR. Muslim).

 

Nahh begitu yaa sobat tentang empat ciri orang munafik yang sekaligus dilengkapi dengan hadits tentang ciri ciri orang munafik, semoga bermanfaat yaa.

 

Munafik dalam Islam sangat dilarang jadi jangan mencoba melakukannya yaaa.

Topik Bahasan:

Cari hadits tentang orang munafik tidak bisa masuk surga. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?