cara menghadapi orang marah menurut islam
Cara menghadapi orang marah menurut Islam

Ada yang Lagi Marah?? Ini Cara Meredakannya, Ada Doa nya Juga Looo

Posted on

Sebelumtidur.com – Siapa yang gak pernah marah? Yaa sebagai manusia biasa pasti pernah merasakan yang namanya marah. Tapi bagaimana kalau orang lain yang marah dan kita ada disana? Apa yang harus dilakukan? Cara Menghadapi Orang Marah Menurut Islam ini perlu kamu praktekan yaa.

Meredakan kemarahan seseorang memang gampang gampang susah, salah dikit bukannya reda malah bisa tambah marah. Pernah ngalamin seperti itu? Saat marah, seseorang seperti hilang kendali, emosi yang meluap luap membuat dia lupa dengan segalanya.

Cara Menghadapi Orang Marah Menurut Islam

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Rosulullah:

“Berilah aku wasiat”.

Beliau menjawab,

“Engkau jangan marah!”

Orang itu mengulangi permintaannya berulang-ulang, kemudian Rosulullah:

“Engkau jangan marah!” (HR al-Bukhari)

Sebenarnya marah adalah bara yang dilemparkan setan ke hati manusia, sehingga manusia terpancing dan mulai marah. Oleh karena hal tersebut ini ada doa menghadapi orang marah yang bisa kamu praktekan,

“Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Kasih Maha Bijaksana, Maha Suci Allah Tuhan yang memelihara tujuh langit dan menguasai ‘arsy yang agung, tiada Tuhan selain Engkau, sangat kuat perlindunganMu dan Maha Tinggi perlindunganMu.”

Cara menghadapi orang marah menurut Islam, Begitu yaa sekilas tentang amarah, sekarang kita bahas cara meredam amarah menurut Islam, ada 7 caranya yang akan kita bahas disini, yukkk simak,

1. Perbanyak membaca istighfar

doa menghadapi orang marah
Doa menghadapi orang marah

“Astaghfirullahaladzim”

Kata yang singkat tapi susah sekali diucapkan saat seseorang “kesetanan” dengan amarah. Tugas kamu adalah mengingatkannya untuk perbanyak istighfar, saat dia sedang marah marahnya kamu cukup mengucap

“Istighfar… istighfar….”

Fungsinya apa? Untuk mengingatkan dia supaya dia beristighfar dan mengingat bahwa kemarahannya adalah hal yang sia sia.

Kemarahan bersumber dari setan jadi dengan mengucapkan istighfar yang mengandung arti memohon maaf dan ampunan kepada Allah atas tindakan marahnya tersebut. Semoga dia segera meredakan marahnya yaa.

2. Menyuruhnya mengambil wudhu

Nahh ketika seseorang marah ajak dia mengambil wudhu, pikiran yang kalut dia terkadang lupa untuk mengingat Allah. Memang cara setiap orang untuk marah itu berbeda beda ada yang dengan teriak teriak tapi ada juga yang hanya diam.

Ada beberapa rahasia yang belum diketahui banyak orang tentang khasiat berwudhu. Sebenarnya berwudhu bisa merilekskan otot otot, yaa kita paham sendiri kalau orang marah itu otot nya pada kenceng dan kaku. Dengan berwudhu malaikat akan mendoakan diri kita agar jauh dari godaan setan.

Kita tau sendiri yaa kalau malaikat adalah makhluk yang selalu bertasbih kepada Allah, tapi mereka mendoakan manusia yang berwudhu, yukkk jangan lupa kalau ada yang marah ajak dia berwudhu, bila perlu suruh dia mandi sekalian.

3. Membiarkannya marah dan kita diam saja tanpa sepatah kata

Cara menghadapi orang marah menurut Islam yang selanjutnya yaitu diam dan menahan kata untuk tidak mengucapkannya. Seperti yang pernah dikatakan oleh sahabat Ali Bin Abi Tholib,

“Seseorang mati karena tersandung lidahnya, Dan seseorang tidak mati karena tersandung kakinya, Tersandung mulutnya akan menambah (pening) kepalanya, Sedang tersandung kakinya akan sembuh perlahan”

Perkataan sahabat tersebut selaras dengan sabda Rosulullah,

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Nahh ketika ada yang marah apa yang perlu dilakukan? Diam. Diam dan mendengarkan yang dia ucapkan saat dia marah. Jangan membalas atau membantah perkataannya, karena itu bisa membuatnya menjadi semakin marah. Yukk jaga lisan agar kita aman.

4. Merubah posisi tubuh orang yang marah

cara meredam amarah menurut islam
Cara meredam amarah menurut Islam

“Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu merahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendaknya dia mengambil posisi tidur.” (H.R. Ahmad)

Merubah posisi badannya menjadi lebih rendah dan semakin rendah, saat melihat orang yang sedang marah marah dan mengeluarkan kata kata yang tidak pantas maka ambilkan tempat duduk dan membuatnya terduduk.

Lisan kita jangan berbicara apa apa tapi tindakan langsung mendudukannya, kalau duduk masih marah maka baringkanlah dirinya, Yaa membuat posisi badan ornag yang marah semakin rendah akan meredakan kemarahannya.

Tapi kalau masih marah lagi cium keningnya yaa he he, upss ini untuk yang suami istri yaa. Tapi bisa dipraktekan loo yaa, karena keduanya sudah halal. Bisa juga dengan mengucapkan kata kata cinta pada pasangan yang lagi marah, siapa tau dia malah tertawa gara gara marahnya.

5. Berdoa memohonkan dia perlindungan dari Allah

Saat tidak tau harus berbuat apa ini bisa jadi solusi yang paling tepat saat bertemu dengan orang yang marah marah. Apa?? Doakan dia agar segera sadar dari marahnya.

Cara meredam amarah menurut Islam ini bisa jadi cara yang unik, kenapa? Saat bener bener sudah “mentok” dan gak tau mau ngapai lagi karena berbagai cara sudah dilakukan untuk meredakan marahnya tapi ternyata tak kunjung mereda bahkan semakin marah, maka berdoa adalah jawabannya.

Doa menghadapi orang marah,

أعوذُ بالله مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجيمِ

Artinya: “Aku berlindung dari godaan setan yang terkutuk”

Yaa kamu berdoa untuk diri sendiri agar tidak tergoda setan untuk marah, dan juga mendoakan orang yang marah tersebut agar cepat reda marahnya. Dengan bahasa apapun, Indonesia, Jawa, Melayu atau apapun sebisanya, intinya memohon kepada Allah agar dia cepat berhenti marahnya.

6. Tunjukan rasa mengerti

Cara menghadapi orang marah menurut Islam yang selanjutnya yaitu menunjukan rasa mengerti, yaa sebagai manusia memang harus mengerti yaa. Namun, dengan mengerti kemarahannya bukan berarti kamu setuju dengan kemarahan yang dilakukannya.

Mengerti itu untuk menunjukan rasa simpati dan ikut merasakan apa yang dia rasakan, memposisikan diri seperti dirinya, sehingga akan memberi ketenangan pada orang yang marah. Selanjutnya beri dia kata kata yang positif, seperti,

  • Iyaa pak, saya mengerti bapak merasa tidak enak badan dan ditambah dengan pekerjaan yang tak kunjung selesai ini….
  • Iyaa aku ngerti kok keadaan kamu yang diputusin dia tanpa alasan, coba dehh kita liat lagi sikap sikapnya akhir akhir ini
  • Iyaaa iyaaa, kamu pasti marah banget yaa, kamu pasti bingung dengan keadaan semua ini jadi kamu sampai marah seperti itu…

7. Membicarakan masalah dan cari solusi bersama

Kemarahan memang tidak bisa langsung mereda begitu saja cara meredam amarah menurut Islam yang terakhir kita bahas disini yaitu membicarakan pokok masalah yang membuatnya marah dan sekaligus mencari solusi yang tepat.

Seseorang marah pasti ada alasan yang mendasarinya, masalah ini timbul karena ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Seperti kisah hamil diluar nikah yang memilukan hati ayah si wanita. Semua yang terjadi diluar kehendak ayah pantaslah jika ayah marah besar.

Tapi kemarahan itu tidak akan menyelesaikan masalah jadi ketika suasana sudah mulai meredam coba untuk mendiskusikan solusi yang bisa dilakukan untuk menangani masalah tersebut. Saat solusi sudah ditemukan IngsyaAllah marah tersebut akan berkurang.

 

Nahh gitu yaa sobat sebelumtidur.com tentang cara meredam amarah menurut Islam, jangan lupa dipraktekan yaa.

Advertisements

One thought on “Ada yang Lagi Marah?? Ini Cara Meredakannya, Ada Doa nya Juga Looo

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?