tips menjaga hubungan tetap harmonis, tips menjaga hubungan agar romantis, menjaga hubungan suami istri

6 Tips Menjaga Hubungan Tetap Harmonis Dan Romantis

Posted on

Semua orang menginginkan hubungan yang selalu baik-baik saja, selalu harmonis, selalu romantis. Namun kenyataan yang terjadi di lapangan berkata lain.  Sebagian besar pasangan terutama pasangan suami istri setelah sekian tahun, banyak hal yang dikeluhkan, mulai hambar, bosan. Sehingga wajib bagi Anda untuk mengetahui 6 Tips Menjaga Hubungan Tetap Harmonis Dan Romantis.

tips menjaga hubungan tetap harmonis, tips menjaga hubungan agar romantis, menjaga hubungan suami istri

1. Saling Menghormati

Inilah point penting dalam menjalin hubungan terutama hubungan suami istri. Menghormati adalah salah satu perbuatan yang menempatkan posisi dari pasangan kita berada pada posisi yang tinggi. Memberlakukan mereka secara hormat artinya kita membuat mereka merasa dihargai. Istri menghormati suaminya walaupun usianya lebih muda dan sebaliknya.

2. Komunikasi Terbuka

Komunikasi adalah hal terpenting dalam upaya menjaga hubungan tetap harmonis dan romantis. Komunikasi harus selalu dilakukan dalam segala hal. Bagi suami istri baik dalam hal anak-anak, pendidikannya, pola asuhnya, dalam hal keuangan keluarga, visi dan misi keluarga, targetan yang mau dicapai, serta segala hal yang berkaitan dalam keluarga. Selain itu juga ketika ada permasalahan yang timbul dalam keluarga juga harus diskomunikasikan secara bersama-sama. Suatu komunikasi terbuka dimana semua pihak baik suami atau istri sama-sama dengan hati yang dingin dan tenang. Sehingga antara satu sama lain tetap damai dan tenang walaupun mengalami permasalahan yang berat sekalipun.

Komunikasi terbuka tidak hanya dilakukan pada saat terjadi permasalahan yang besar, namun untuk permasalahan yang kecil sekalipun harus dikomunikasikan dengan baik. Karena walaupun hanya permalasahan kecil, namun jika tidak dikomunikasikan maka suatu saat akan menjadi boomerang dalam keluarga. Komunikasi yang dilakukan pasa saat ada masalah atau menghadapi suatu masalah tentunya saat hati tenang. Ketika hati belum tenang, bukannya bisa menyelesaikan masalah namun akan timbul masalah baru. Kedongkolan dalam hati harus dimimalisir terlebih dahulu. Bagaimana caranya, tentunya Anda sudah berpengalaman dalam hal menenangkan pikiran atau hatinya. Bisa juga dengan cara mengingat semua kebaikan-kebaikan dari pasangan kita.

3. Saling Pengertian

Ingatlah bahwa pasangan kita hanyalah manusia biasa yang tidak pernah luput dari suatu kesalahan. Manusia biasa yang jauh dari kesempurnaan. Toh, di dunia ini juga tidak ada yang sempurna, yang sempurna hanyalah milik Pencipta Alam saja.

Dengan segala ketidaksempurnaan, dengan segala kekurangan dan kesalahan yang dilakukan oleh pasangan kita, kita harus bisa menerima dengan legowo. Karena kita sendiri pun juga sering salah, keliru, banyak kekurangan dan tidak sempurna. Di sinilah sikap saling pengertian itu kita terapkan. Kita sama-sama saling mengerti satu sama lain tentang kekurangan dari pasagan kita, tentang kebiasaan pasangan kita. Ketika kita saling pengertian pada pasangan kita, maka pertengkaran atau masalah tidak akan terjadi dalam suatu keluarga. Kalaupun ada biasanya jarang atau sedikit.

4. Berikan Surpres/kejutan Kapan Saja

Memberikan surpres akan menghindari adanya kebosanan dan terciptanya romantisme tersendiri. Ketika romantisme tercipta sewaktu-waktu maka secara otomatis hubungan yang senantiasa harmonis akan terwujud pula. Ketika kita selalu melakukan hal ini, maka hubungan kita sampai setengah abad pun akan terasa bahagia dan menyenangkan sepanjang masa.

Beberapa surpres yang bisa anda berikan kepada pasangan Anda, sehingga tercipta momen-momen yang romantis, diantaranya: menciumnya tiba-tiba saat si do’i santai, mengirim sekotak kue atau cokelat yang berbentuk love ketika pasangan sedang bekerja, membuatkan kopi capuccino (jika si do’i suka) yag taburanya dibentuk love, memberikan hadiah yang dia butuhkan (misal baju, celana, dll) secara mendadak, memasakkan makanan kesukaanya setiap waktu, selalu dandan rapih, murah senyum dihadapanya, memberikan pijatan hangat dan lembut pada kaki atau punggung pada saat malam hari, pastikan selalu berbicara berdua saja tiap malam sebelum tidur tanpa gangguan apapun, selalu berusaha menemani makan pagi dan malamnya di do’i, setia menunggu kepulangannya walau sampai malam, ajak ke suatu tempat yang romantis.

5. Katakan Cinta

Katakan cinta kepada pasangan kita. Walaupun dulu pertama kali kita berhubungan cinta sudah terungkap, namun seiring dengan waktu yang sudah dilalui, terkadang tanpa sadar rasa itu pudar. Untuk mengembalikan gairah cinta kita, kita bisa selalu mengungkapkan perasaan cinta kita pada pasangan.

Dalam mengungkapkan cinta ini bisa dilakukan dengan bermacam-macam cara, misal sebagai contoh simpelnya saat kita mau tidur bisikkan di telinga si do’i, “I Love U“, saat do’i sedang santai atau duduk-duduk bisa bisikkan juga di telinganya. Bisa juga hal ini dilakukan pada acara pergi keluar, pilih tempat romantis dan pergi ke sana, bisa juga untuk mengadakan acara makan malam di luar dan memberikan surat cinta kepadanya tetapi dititipkan sama pelayan atau petugas sana, bisa juga pergi ketempat kenangan dahulu yang dikunjungi pertama kali, dan masih banyak caa lainnya.

Ungkapan cinta atau kata-kata cinta hanya 3 kata aja, jangan disepelekan. Ketika kita sering menyampaikan hal ini, maka rasa cinta yang kuat seperti pertama kali bertemu akan tetap tepelihara. Tidak perlu gengsi untuk melakukannya, karena hal ini dampaknya akan dirasakan bersama. Bahkan bagi pasangan suami istri, hal ini bisa jadi pahala lho dalam agama Islam.

6. Persembahkan Yang Terbaik

Selalu persembahkan yang terbaik buat pasangan kita, dalam segala hal. Lakukan segala hal dengan sempurna dengan sungguh-sungguh, jangan setengah-setengah. Karena kalau kita melakukan setengah-setengah maka hasilnya pun tidak maksimal.

Hal ini terutama yang berkaitan dengan penampilan diri, kegiatan memasak atau menyajikan makanan, merawat anak-anak. Penampilan diri saat di depan pasangan adalah hal penting yang harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Ketika kita berpenampilan yang baik, baik baju, wajah yang berseri-seri, murah senyum, maka pasangan kita pun juga akan senang melihat kita. Dalam hal memasak atau menyajikan makanan dilakukan dengan sebaik mungkin, masakan dibuat yang bumbunya pas sesuai selera pasangan kita, disajikan semenarik mungkin. Dalam hal merawat anak-anak, berikan yang terbaik buat anak-anak kita, baik dalam makannya, pakaiannya maupun dalam hal pola asuh kita terhadap mereka.

Demikianlah 6 tips menjaga hubungan tetap harmonis dan romantis yang bisa kita terapkan bersama-sama. Sehingga hubungan kita selalu berjalan dengan langgeng sepanjang masa. Baca juga tentang 6 macam sunnah rosul bagi suami istri menurut islam. Oh ya, tips ini boleh lho jika mau disharekan sama teman-temannya, saudaranya maupun kerabatnya. Dapatkan juga tips-tips jitu lainnya hanya di Sebelumtidur.com ya,, 🙂

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?