Cara Agar Cepat Tidur
Cara Agar Cepat Tidur

13 Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak, Bisa Tidur Dalam 3 Menit

Posted on

Sebelumtidur.com – Hampir semua orang pernah mengalami susah tidur. Jatuh tidur dengan cepat bisa disebut sebuah kemewahan untuk penderita insomnia. Cara agar cepat tidur dibutuhkan agar porsi tidur bisa tercukupi.

Ada beberapa teknik agar cepat bisa tidur. Trik ini mensiasati agar tubuh cepat merespon perintah otak untuk tidur.

Ada penelitian juga yang menunjukan bahwa kurang tidur memberikan efek buruk, seperti bermasalah pada berat badan, kemurungan jiwa, dan tidak bersemangat.

Dengan tidur yang cukup membuat aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan di hari esok akan bisa berjalan dengan lancar dan tentunya dengan tubuh yang fit. Cara agar bisa tidur nyenyak diciptakan juga untuk membantu penderita insomnia.

Cara Agar Cepat Tidur

Gaya hidup di jaman modern ini sudah banyak merusak pola tidur manusia. Sebagai contoh pekerja yang mendapatkan shift jaga malam, secara otomatis dia tidak akan tidur selama dia bekerja.

Hal ini akan mempengaruhi siklus pola tidurnya. Belum lagi misal shift nya berganti ganti siang dan malam pasti akan lebih susah untuk mengatur jam tidur.

Berikut ini cara agar bisa tidur nyenyak yang disajikan tim sebelumtidur.com diantaranya:

1. Matikan Gadget 30 Menit Sebelum Tidur

Cara Agar Cepat Tidur
Cara Agar Cepat Tidur

Banyak sekali pengaruh gadget dalam kehidupan sehari hari. Mendekatkan mereka yang jauh tapi juga bisa menjauhkan mereka yang dekat. Gadget berpengaruh besar terhadap kualitas tidur seseorang.

Pernah ada penelitian yang menunjukan bahwa perangkat elektronik bercahaya yang memancarkan radiasi optik dapat menurunkan hormon melatonin.

Gelombang cahaya panjang-pendek yang dihasilkan layar gadget mengakibatkan terhambatnya produksi hormon melatonin yang merupakan hormon penghasil rasa kantuk.

Lebih baik sahabat sebelumtidur.com segera mematikan gadget sebelum tidur yaa.

2. Matikan TV

Seperti cahaya pada gadget, TV juga memiliki gelombang cahaya yang sama. Selain itu acara di TV kadang membuat orang ingin menonton sampai larut malam. Ini harus dihindari agar otak bisa istirahat dengan tenang.

Tidur disaat TV menyala akan membuat otot badan dan otak bekerja walaupun kita merasa tidur. Otak selalu menjalankan aktivitasnya walaupun tidak sesibuk seperti saat terjaga.

Bayangkan saja otak kita tidak pernah istirahat sama sekali pasti akan membuat kita merasa lelah dan badan kurang fit.

3. Gunakan Penutup Mata

Ketika benar-benar tidak dapat tidur, menggunakan penutup mata adalah salah satu cara agar cepat tidur. Penggunaan penutup ini akan mencegah cahaya masuk ke mata sehingga akan membantu otak untuk merangsang tubuh agar beristirahat.

Jika cahaya datang dari luar kamar penggunaan penutup mata ini sangat tepat sekali, jadi Anda akan bisa tidur dengan nyenyak.

4. Fokuskan Pikiran Untuk Tidur

Cara Agar Cepat Tidur
Cara Agar Cepat Tidur

Lupakan segala kesibukan yang dijalani selama seharian. Fokuskan pikiran untuk beristirahat dan melupakan semua. Bisa juga melupakan semua kesalahan orang lain kepada kita agar kita bisa merasa tenang untuk tidur.

Pandanglah semua masalah akan dapat diselesaikan jika sudah waktunya nanti, berfikir sederhana dan tidak membuat diri kesulitan dengan semua yang terjadi dalam kehidupan. Dengan seperti itu maka kita dapat fokus untuk membuat diri kita tertidur.

5. Melakukan Gerakan Terapi

Lakukan penekanan atau pemijatan pada beberapa titik untuk mengatasi insomnia.

  • Titik yang pertama pada pergelangan tangan lurus dengan jari kelingking. Pemijatan pada titik ini akan membantu Anda untuk mendapatkan energi di sepanjang meridian tubuh dan memfungsikan kembali organ internal. Tekan titik tersebut selama 1 menit setiap merasa cemas.

 

  • Titik kedua yaitu dibawah pergelangan tangan kurang lebih 3cm di tengah tangan. Titik ini akan membantu proses penyembuhan iritabilitas yang disebabkan karena rasa cemas serta insomnia. Tekan titik ini selama kurang lebih 1 menit juga.

Cara yang paling ampuh adalah menterapi diri agar tetap enjoy dalam hidup titik titik di atas hanya pembantu saja, namun akan sangat berefek jika dilakukan dengan benar.

6. Gunakan Kasur dan Bantal Yang Nyaman

Salah satu teman pernah mengatakan bahwa gunakan tempat tidur hanya untuk tidur bukan untuk aktivitas lain, dengan begitu ketika menempati tersebut kita akan terbawa rasa untuk tidur.

Tempat tidur yang nyaman akan membuat Anda lebih cepat tidur. Fikirkan untuk mengganti sprei, kasur, bantal beserta sarung-sarungnya. Dengan begitu Anda akan merasa nyaman untuk berbaring.

7. Rilekskan Tubuh Dan Pikiran Sebelum Tidur

Untuk membuat pikiran tenang salah satu tips yang bisa dilakukan yaitu dengan berhenti melakukan aktivitas yang menguras pikiran 30 menit sebelum tidur. Merilekskan tubuh selain untuk membuat otot menjadi santai tapi juga agar otak dapat beristirahat.

Pada sore hari jangan lupa untuk mandi, karena mandi bisa merilekskan badan. Bila perlu mandilah dengan menggunakan air hangat. Selain rileks dengan mandi juga dapat menghilangkan kuman dan kotoran yang membuat kita tidak nyaman.

8. Lakukan Terapi Pernapasan

Cara Agar Cepat Tidur
Cara Agar Cepat Tidur

Salah satu gerakan terapi dikembangkan oleh pakar kesehatan dr. Andrew Weil dari Universitas Arizona Amerika. Trik ini disebut dengan trik 4-7-8.

Cara melakukannya diawali dengan membuat nafas melalui mulut lalu menarik nafas melalui hidung selama 4 detik. Tahan nafas samapi 7 detik dan membuangnya lagi selama 8 detik diikuti suara hembusan tapi tidak bersiul.

Ulangi metode ini sampai 8 kali, cara ini bisa memberi rasa kantuk pada Anda karena kurangnya oksigen di otak.

9. Kurangi Asupan Kafein

Cara agar cepat tidur selanjutnya jangan konsumsi asupan kafein. Kafein terkandung pada minuman kopi maupun teh. Kandungan ini akan membuat Anda menjadi susah tidur.

Jadi lebih baik jangan konsumsi makanan yang mengandung kafein paling tidak 2 jam sebelum Anda tidur.

Kafein adalah zat yang membuat Anda terjaga karena akan meningkatkan detak jantung Anda, berbeda lagi ketika Anda minum kopi antara pukul 9-11 siang, ini dianjurkan karena pada jam itu biasanya orang mengantuk tapi keadaan harus bekerja.

10. Mengatur Jadwal Tidur

Jadwal tidur disebut juga dengan jam tidur yang merupakan ritme penting dalam siklus kehidupan manusia. Tubuh memerlukan istirahat 6-8 jam per hari sayangnya hal-hal di luar kontrol mengganggu pola tidur ini yang memungkinkan Anda untuk mengubah kebiasaan tidur baik sementara maupun permanen.

Mengubah jam tidur tidak semudah yang dibayangkan, sebagai contoh misal biasa bangun jam 7 pagi lalu ingin bangun lebih awal jam 5 pagi, jika dilakukan dalam sehari pasti terasa berat dan bertahan tidak lama.

Trik yang digunakan yaitu bangun 15 menit lebih awal dari biasanya. Jam 6.45 sudah bangun lakukan 3-4 hari, lalu hari berikutnya 15 menit lagi jadi jam 6.30 begitu seterusnya. Trik ini bisa memudahkan Anda untuk mengubah jam tidur.

11. Matikan Lampu

Cara Agar Cepat Tidur
Cara Agar Cepat Tidur

Dengan mematikan lampu maka suasana akan menjadi gelap, keadaan gelap tubuh akan mengeluarkan hormon melatonin. Hormon ini tidak serta merta membuat Anda tertidur tapi hormon ini membuka gerbang agar Anda bisa tidur.

Di dalam otak ada kelenjar pineal yang bertugas mengeluarkan hormon melatonin, kelenjar ini membutuhkan kegelapan untuk memproduksi melatonin. Yaa ini membuktikan bahwa otak adalah pengendali utama hidup kita.

12. Berwudhu Sebelum Tidur

Berwudhu dalam agama Islam disebut juga dengan bersuci dari hadast kecil.

“Apabila engkau hendak tidur, berwudhulah sebagaimana wudhu ketika hendak shalat. Kemudian berbaringlah miring ke kanan” H.R. Al Barra’ bin Azib

Dengan tidur dalam keadaan suci maka malaikat akan mendoakan kita, selain itu kita dapat berjaga-jaga seumpama kita tidak bangun lagi setelah tidur ini.

13. Kunjungi Dokter

Cara agar cepat tidur yang terakhir dibahas yaitu kunjungi dokter. Seseorang yang mengalami susah tidur yang berjangka panjang bisa disebut dia mengalami insomnia.

Ciri ciri orang yang mengalami insomnia diantaranya terbangun saat tidur, merasa tidak cukup istirahat, mengantuk di siang hari, merasa cemas,sulit konsentrasi, sering sakit kepala, dan gangguan pencernaan.

Jika insomnia menganggu aktivitas Anda di siang hari maka segeralah kunjungi dokter agar segera diketahui alasannya dan dapat ditemukan solusi yang tepat.

Ganguan tidur seiring berjalannya dengan usia yang semakin lanjut, tapi juga bisa menimpa anak anak dan remaja yang ingin tidur malam dan bangun terlambat di pagi hari.

Nahhh bagaimana sahabat sebelumtidur.com ?? Cara-cara di atas bisa juga untuk cara cepat tidur siang lohh, misalkan ingin istirahat lebih di siang hari. Cara agar bisa tidur nyenyakini tidak semua orang bisa cocok tapi setidaknya ada usaha untuk mengistirahatkan badan.

 

Pernah mengalami insomnia??

Butuh cara agar cepat tidur??

Ceritakan disini yaa..

Topik Bahasan:

Cari badan kurang fit tidur ga nyenyak pkiran cemaas, cara agar bisah tidur siang, cara membuat bayi tidur nyenyak walpun tidak mandi dalam sehari, tips cepat tidur menurut islam. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?