cara mengatasi sakit perut saat haid
cara mengatasi sakit perut saat haid

7 Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid, Cepat Dan Aman

Posted on

Sebelumtidur.comCara mengatasi sakit perut saat haid memang diperlukan bagi seorang wanita yang sudah dewasa. Tidak sedikit wanita yang mengalami nyeri haid, bahkan saat haid datang wanita tidak dapat melakukan aktivitas apa-apa.

Gejala perubahan hormon pada wanita menyebabkan wanita mengalami haid. Seorang wanita akan mendapat haid pertama saat remaja usia sekitar usia 12 tahun. Biasanya saat haid datang akan timbul beberapa gejala yang menyertainya.

Sakit yang ditimbulkan diantaranya nyeri pada perut bagian bawah, kelelahan, mengalami pusing, kembung, depresi, dan ada juga yang mengalami nyeri pada payudara. Pada artikel kali ini kita akan membahas cara menghilangkan sakit perut saat haid.

Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan wanita mengalami kesakitan saat datang bulan. Terlepas dari semua itu ketika wanita hadi mengalami kesakitan maka mood nya akan menjadi buruk. Bisa saja dia marah-marah tanpa alasan yang jelas dan menjadi tidak sabar. Nahh kita akan bahas langsung cara menghilangkan sakit perut saat haid.

1. Cara mengatasi sakit perut saat haid dengan Berbaring

Berbaring dengan merebahkan diri di atas kasur atau cari cara agar bisa cepat tidur. Meluruskan punggung dan menenangkan diri akan mengurangi nyeri perut yang dialami saat haid. Gunakan bantal di bawah lutut untuk menyangga lalu tarik napas panjang dari mulut dan keluarkan secara perlahan dari hidung.

Berbaring tidak harus lurus tegap tapi juga bisa memiringkan badan dan agak sedikit menekuk lutut ke arah perut.

Buatlah pikiran menjadi tenang dan lepaskan semua beban pikiran yang ada. Rasa rileks akan membuat otak mensimulasikan untuk meredakan rasa sakit.

2. Cara mengatasi sakit perut saat haid dengan Air Hangat

masa tidak subur wanita setelah haid

Dalam bahasa jawa disebut juga dengan seko (menyeko). Yaitu dengan menuangkan air hangat yang cenderung agak panas ke dalam botol kaca atau ke alat kompres lalu taruhlah botol tersebut di atas perut.

  • Kompres perut dengan menggeser-geserkan botol ke atas dan ke bawah mengelilingi perut yang terasa nyeri.

Lakukan kegiatan seko selama perut masih terasa nyeri, tapi ingat air yang digunakan jangan terlalu panas, karena kalau terlalu panas akan membuat kulit perut menjadi iritasi jika tidak kuat dengan panasnya.

  • Mengompres perut akan membuat otot perut menjadi rileks dan tidak tegang lagi.

3. Cara mengatasi sakit perut saat haid dengan Kegiatan Relaksasi

Kegiatan relaksasi dapat dilakukan di tempat yang tenang dan tanpa suara, karena wanita haid cenderung emosi dengan suara yang gaduh. Duduk bersila dan menarik napas dalam-dalam lalu mengeluarkan secara perlahan. Latihan pernapasan ini akan membuat diri menjadi lebih tenang.

Lakukan gerakan yoga atau sedikit berjalan-jalan jika memungkinkan. Melakukan jalan kaki akan meregangkan otot kaki sehingga meningkatkan detak jantung dan aliran darah akan menjadi lebih lancar.

Beberapa pendapat mengatakan bahwa dengan yoga dan relaksasi akan membuat nyeri menjadi berkurang karena wanita merasa lebih tenang dari sebelumnya.

4. Cara mengatasi sakit perut saat hadi dengan Mandi Air Hangat

Selain mengompres dengan media air hangat kita dapat mandi dengan nyaman saat merasakan perut nyeri karena haid. Air hangat dapat memperlancar peredaran darah dan juga bisa meredakan rasa gatal atau sakit sekitar organ kewanitaan.

Mandi dengan air hangat tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, bagi wanita yang ada luka sayatan di tubuhnya lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan mandi atau berendam dengan air panas.

5. Cara mengatasi sakit perut saat haid dengan Minum Jamu

cara menghilangkan sakit perut saat haid

Cara mengatasi sakit perut saat haid dengan jamu banyak dipercaya secara turun temurun, tentunya minum jamu tidak hanya saat haid tapi masa tidak subur wanita setelah haid, juga hari-hari biasanya.

Dipercaya juga dengan minum jamu dapat mengurangi bau amis saat haid dan menjadikan organ kewanitaan lebih bersih.

Ramuan jamu yang dapat mengobati nyeri saat haid diantaranya ramuan kunyit, air asam jawa, dan juice berry. Selain itu ada beberapa bahan makanan juga yang dapat mengurangi nyeri saat haid, diantaranya air kelapa hijau, bawang putih, lengkuas, wortel, nunga cengkeh, dan daun beluntas.

6. Cara mengatasi sakit perut saat haid dengan Minum Madu

Madu adalah cairan yang dihasilkan dari lebah. Madu memiliki banyak sekali manfaat yang dapat membantu kesehatan manusia. Madu yang dikonsumsi haruslah madu asli bukan dengan campuran, karena kalau ada campurannya akan memiliki efek samping yang berbeda.

Bukan tambah sehat tapi malah menjadi sakit karena minum madu. Ingat yaa saat ini banyak sekali penipuan, jadi bisa saja madu yang palsu di reka-reka menjadi seperti asli.

Madu bisa dikonsumsi untuk meredakan nyeri perut saat haid. Konsumsi madi sebanyak 1 sendok makan dan lakukan 3 kali dalam sehari selama masa haid dan selama perut belum membaik.

Madu juga dapat diminum bersamaan dengan teh hangat atau air putih. Tinggal tambahkan saja madu ke teh atau air putih tersebut.

7. Cara mengatasi sakit perut saat haid dengan Mengkonsumsi Obat

Apabila cara yang alami belum membuahkan hasil maka cara menghilangkan sakit perut saat haid yang terakhir yaitu sebaiknya segera konsultasi ke dokter kandungan.

Sakit nyeri yang berlebihan saat haid beresiko wanita terkena kista. Mengkonsumsi obat pereda nyeri harus disertai resep dokter, hal ini berguna untuk menjaga dosis obat yang kita konsumsi.

Jenis obat yang dapat dikonsumsi saat nyeri haid diantaranya obat anti inflamasi non-sterosis (OAINS). Sebagian besar dokter menggunakan obat ini untuk mengatasi nyeri haid. Hati-hati juga kalau sakit perut bukan karena haid tapi tanda-tanda kehamilan.

Jenis obat OAINS yang bebas dijual dipasaran yaitu aspirin dan ibuprofen. Tetap konsultasi ke dokter yaa walaupun obat ini cukup aman.

 

Nahh bagaimana dengan artikel cara mengatasi sakit perut saat haid??

Semoga bermanfaat yaa  @_@

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?