Cara menenangkan hati menurut islam
Cara menenangkan hati menurut islam

5 Cara Menenangkan Hati Menurut Islam, Tombo Ati 5 Perkara Dan Dalil

Posted on

Sebelumtidur.com – Hati. Tempat menentukan kebaikan dan keburukan. Hati sering gundah dan gelisah jadi perlu cara menenangkan hati menurut Islam. Cara menenangkan hati dan pikiran dirangkum menjadi 5 hal yang dapat dilakukan oleh setiap muslim.

Hati yang gelisah biasanya dikarenakan iman yang menurun, rasa keyakinan terhadap Allah SWT terkikis seiring berjalannya waktu. Hati yang gelisah ini perlu vitamin, perlu diobati dengan cara yang tepat agar hati jadi tenang dan kembali ke jalan yang diridhoi Allah SWT.

Cara menenangkan hati wanita dan laki laki dalam Islam sama saja, cuma hati wanita rasa sensitifnya lebih tinggi dari pada laki laki. Ketika mengalami masalah yang membuat hati merasa sakit kita bisa mengadu kepada Allah SWT. Setiap masalah yang ada sudah ada jalan keluarnya, menemukan solusi dari masalah yang dimiliki hanya waktu yang bisa menjawab.

“Hanya kepada-Mulah kami menyembah, dan hanya kepada-Mulah kami meminta pertolongan”. QS. Al Fatihah 5.

Cara Menenangkan Hati Menurut Islam

Ketenangan hati dan pikiran menjadi dambaan setiap orang dalam menjalani kehidupannya. Namun pada kenyataannya banyak sekali masalah yang dihadapi hingga susah untuk menenangkan hati. Beban pekerjaan, rumah tangga, ekonomi, keluarga, tetangga dan lainnya membuat kita semakin kepikiran.

Perlu adanya cara menenangkan hati dan pikiran yang benar-benar membuat kita menjadi tenang. Walaupun ada pepatah yang mengatakan bahwa masalah manusia tidak akan ada habisnya sebelum tanah mengubur dirinya (meninggal dunia).

Berikut ini cara menenangkan hati menurut Islam yang dapat dilakukan setiap orang.

1. Membaca Al-Qur’an Dan Maknanya

Cara menenangkan hati dan pikiran

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam, dalam kandungan Al-Qur’an terdapat semua jawaban dari setiap masalah yang dialami manusia. Terkadang manusia mengingkari jawaban tersebut merasa dirinya tidak membutuhkan dan akhirnya menjadi semakin gelisah.

Al-Qur’an firman Allah SWT  dengan perantara Malaikat Jibril yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia.

“Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” HR. Muslim

Membaca Al-Qur’an akan memberikan ketenangan akan lebih baik lagi bila membaca sambil memaknai isinya. Bukan hanya arti terjemah saja tapi mendalami makna dari bacaan Al-Qur’an. Mendalami Al-Qur’an membutuhkan guru yang tepat agar tidak salah menafsirkan.

2. Melaksanakan Sholat Malam

Sholat malam tidak setiap orang mampu melaksanakannya. Malam adalah waktu orang tidur dan akan ternyenyakkan dengan suasana kamar yang membuat orang malas untuk bangun. Sebenarnya sholat lebih baik dari pada tidur, namu dalam kadar tertentu, tidak serta merta sholat sepanjang malam tanpa tidur.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا 

“dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.” Q.S. Al-Israa: 79

Cara menenangkan hati wanita utamanya istri saat mengalami masalah rumah tangga dapat dilakukan dengan mengajaknya sholat tahajud bersama. Sholat tahajud paling baik dilaksanakan pada waktu sepertiga malam yang ketiga atau sekitar pukul 01.00 – sebelum subuh.

Semoga kita dimudahkan dalam melaksanakan sholat tahajud ini yaa sahabat sebelumtidur.com

3. Berkumpul Dengan Orang Sholeh

Teman adalah cerminan diri kita. Berkumpul dengan orang sholeh adalah salah satu cara menenangkan hati dan pikiran. Lalu orang sholeh itu yang seperti apa??

Orang sholeh yaitu orang yang senantiasa mengingat Allah SWT di waktu pagi dan petang, orang orang yang mengharap ridho Allah SWT, dan tidak lepas dari tuntunan agama Islam serta menggantungkan harapan mereka pada Allah SWT semata.

Perumpamaan teman yang shalih dengan yang buruk itu seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Berteman dengan penjual minyak wangi akan membuatmu harum karena kamu bisa membeli minyak wangi darinya atau sekurang-kurangnya mencium ban wanginya.

Sementara berteman dengan pandai besi akan membakar badan dan bajumu atau kamu hanya akan mendapatkan bau tidak sedap“. (HR.Bukhari & Muslim).

Hadist diatas bukan makna yang sesungguhnya, maksudnya penjual minyak wangi adalah orang yang baik akhlaknya sedangkan pandai besi adalah orang yang buruk perangainya.

Manfaat persahabatan dengan orang lain akan berlangsung sepanjang hayat bahkan sampai meninggal dunia. Nahh sahabat sebelumtidur.com teman seperti apakah yang saat ini Anda miliki??

Cara menenangkan hati dan pikiran

4. Berpuasa Sunnah

Puasa yaitu kegiatan menahan segala sesuatu yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Hal hal yang membatalkan puasa diantaranya makan, minum, muntah disengaja, berhubungan suami istri di siang hari, haid, nifas, dan lainnya.

Puasa adalah cara menenangkan hati menurut Islam yang paling ampuh, karena di dalam puasa seseorang akan menahan segala godaan hawa nafsunya. Menjalankan puasa juga bukan hal yang mudah kejujuran dan keikhlasan adalah kuncinya.

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya),

“Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.

Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.”” (HR. Muslim no. 1151)

Jadi jangan ragu yaaa untuk melaksanakan puasa sunah ^_^

5. Berdzikir Di Malam Hari

Dzikir artinya mengingat, dzikrullah artinya mengingat Allah SWT. Mengingat Allah SWT disetiap waktu apapun yang kita kerjakan tidak luput dari pandangan Allah SWT. Bahkan ketika daun berguguran Allah SWT pun mengetahuinya. Bagaimana dengan perbuatan kita??

Walaupun tidak ada orang yang melihat tapi ingat Allah SWT selalu mengawasi kita. Malaikat Rhokib dan Atid sudah ditugaskan untuk mencatat segala amalan kita dari bangun tidur sampai tidur kembali. Berikut ini beberapa firman Allah SWT yang memerintahkan kita untuk senantiasa mengingat-Nya.

فَاذْكُرُونِي أذْكُرْكُمْ ………..

“Berdzikirlah (Ingatlah) kamu pada-Ku, niscaya Aku akan ingat pula padamu! ” (Al–Baqarah :152)

اَلَّذِيْنَ يَذْكُرُونَ اللهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنوُبِهِم

“…Yakni orang-orang dzikir pada Allah baik diwaktu berdiri, ketika duduk dan diwaktu berbaring”.  (Ali Imran :191)

مَغْفِرَة وَأجْرًا عَظِيْمٌا

وَالذَّاكِرِيْنَ اللهَ كَثِيْرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللهُ لَهُمْ

Dan terhadap orang-orang yang banyak dzikir pada Allah, baik laki-laki maupun wanita, Allah menyediakan keampunan dan pahala besar”.   (Al-Ahzab :35)

Cara menenangkan hati wanita yang sedang dilanda gundah, maupun laki laki yang sedang mengalami kegalauan bisa melakukan dzikir kepada Allah SWT. Lakukan dzikir setelah sholat malam di saat suasana sunyi maka rasa dzikir itu akan lebih terasa dalam.

Bagaimana sahabat sebelumtidur.com tentang cara menenangkan hati menurut Islam ?? Sudah siap melakukan 5 perkara tombo ati ini. Semoga Allah senantiasa melindungi kita dari segala godaan syeitan yang terkutuk.

Share yukk .. (:

Topik Bahasan:

Cari cara menenangkan pikiran sebelum tidur menurut islam. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

One thought on “5 Cara Menenangkan Hati Menurut Islam, Tombo Ati 5 Perkara Dan Dalil

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?