kata-kata cinta, kata-kata cinta dalam bahasa jawa, kata-kata romantis

20 Kata-Kata Cinta Dalam Bahasa Jawa Dan Artinya

Posted on

Kata-kata Cinta Dalam Bahasa Jawa dan Artinya – Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa daerah yang ada di Indonesia. Bahasa Jawa ini digunakan oleh orang Jawa khususnya Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Untuk daerah Jawa Barat sendiri biasanya menggunakan bahasa sunda (walau dibeberapa tempat juga tetap saja pakai bahasa jawa).

Bahasa Jawa sendiri yang dipakai di pulau Jawa ada beberapa macam, diantaranya ada bahasa jawa halus, bahasa jawa kasar dan ngapak. Contoh kata kata romantis bahasa jawa dalam artikel ini, pakai campuran saja ya.

kata-kata cinta, kata-kata cinta dalam bahasa jawa, kata-kata romantis

Selama ini kita mengenal yang namanya kata-kata cinta itu menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk anak muda zaman sekarang malah menggunakan bahasa Jepang, Mandarin. Kata orang Jawa, “wong ndeso, podo ngotani wae”, artinya, orang desa pada berlaku seperti orang kota, hehe,, 🙂

Mereka yang sudah menikah pun, orang-orang dewasa seringnya juga tidak menggunakan bahasa Jawa, minimal bahasa Indonesia. Padahal kesehariannya menggunakan bahasa Jawa giliran merayu menggunakan bahasa Indonesia. Walaupun sah-sah saja jika kita menggunakan bahasa Indonesia, namun tidak ada salahnya juga kita selalu menerapkan bahasa Jawa baik dalam keseharian maupun dalam segala momen penting sekalipun, asalkan orang yang kita ajak bicara paham.

Kata-kata cinta dalam bahasa Jawa ini tentunya hanya bisa digunakan buat kamu-kamu yang mempunyai pasangan sama-sama orang Jawa ya. Jika pasanganmu orang luar Jawa jangan sekali-kali mengungkapkan kata cinta menggunakan bahasa Jawa ya, karena bukannya nanti dapat respon positif dari pasangan, tapi malah mereka bingung, sambil membatin, “ini orang bicara apa?” hehe,, 🙂

Kata-kata Cinta Dalam Bahasa Jawa

Yup kawan, yuk mari kita simak kata-kata cinta dalam bahasa Jawa dan artinya sebagai berikut ini ya,

  1. Aku tresno kowe saklawase, yang artinya aku cinta kamu selamanya. Waw, so sweat.. 🙂
  2. Pokok’e, mung sliramu seng tak sayang, artinya Pokonya hanya kamu seorang yang kucinta.
  3. Witing tresno jalaran soko kulino, artinya jatuh cinta karena terbiasa.
  4. Tresno iku dudu mung nggo donalan, kabeh mau amargo kahanan, artinya jatuh cinta itu bukan untuk permainan, namun semua itu karena keadaan.
  5. Jeroning ati kangenku setengah mati, artinya di dalam hati aku sangat rindu sampai setengah mati.
  6. Ra kepetuk sak wetoro rasane pengen weruh sliramu, artinya tidak bertemu sebentar saja ingin melihat kamu.
  7. Saben dino aku tansah ngalamun, mikir sliramu seng ayu dewe, artinya setiap hari aku selalu melamun memikirkan kamu yang paling cantik sendiri.
  8. Mung sliramu seng tak enteni, artinya hanya kamu yang aku tunggu.
  9. Rino wengi aku tansah kelingan sliramu, artinya siang malam aku selalu teringat dirimu.
  10. Ati iki nelongso ditinggal marang sliramu, artinya hati ini terluka remuk ditinggal kamu pergi.
  11. Senadyan aku sengit banget karo kowe, tapi roso ning ati ora iso di apusi. Roso sayang iki mung kanggo sliramu, artinya walaupun sebenarnya aku sangat membencimu. Tetapi, perasaan di hati tidak bisa di bohongi. Rasa sayang yang ada didalamnya hanya untukmu.
  12. Jenenge seneng kui ono umure. Koyo to mati. Yen wes entek umure, rasah mbok getuni. Ikhlash wae, insya Allah Allah bakal paringi ganti sik luwih apik, Artinya, setiap cinta ada umurnya. sebagaimana kematian. Ketika sudah habis umurnya, tak bisa lagi diperpanjang. Iklashkan saja, Allah pasti ganti yang lebih baik.
  13. Anggere aku nyawang sliramu, Rasane, kabeh macem roso bungah ning alam dunyo mandeg deg ono ing ngarep netraku, Artinya ketika aku melihatmu, aku lihat semua ujung kebahagiaan  di dunia ini telah terhenti di mataku.
  14. Sik jenenge roso tresno sik tenanan, yo kuwi sik marakne ati tambah semangat. Marakne tenang ning pikirane awake dewe , Artinya cinta sejati itu yang menghidupkan api semangat didalam hati, dan menghadirkan ketenangan di dalam alam pikir kita.
  15. Nek seneng tenan-nan kui di jogo awake, atine, lan kesucianne. Ndang di ajak ijab, dudu dijak rono rene pacaran ra jelas, Artinya kalau kamu cinta beneran ya dijaga badannya (fisiknya), perasaannya, dan juga kesuciaannya. Segera diajak menikah, bukan luntang lantung hanya di ajak pacaran kesana kemari.
  16. Sakwise aku ketemu karo sliramu. Ra ono liyo, aku mung kepengen urip bareng awakmu, sak entek wektu ku ing dunyo iki. Artinya, Ketika aku bertemu denganmu. Yang aku mau hanya menghabiskan waktu bersamamu sampai ujung usiaku.
  17. Aku ora pernah ngerti opo kui tresno, kajaba sak bare ketemu karo sliramu, Artinya, Aku nggak pernah tau cinta itu apa, kecuali setelah bertemu denganmu
  18. Mbangun kromo ingkang satuhu, boten cekap bilih ngagem sepisan roso katresnan. Hananging butuh pirang pirang katresnan lumeber ning pasangan uripmu siji kui, Artinya pernikahan yang sukses tidak membutuhkan jatuh cinta, tetapi berkali kali jatih cinta pada orang yang sama
  19. Jaman isih tresno, aben dino di takokno. Saiki wes ra seneng, aben dino mung matur cacate lan nisto, Artinya ketika dulu masih cinta, setiap hari di hubungi / ditanyain. Sekarang sudah tak lagi cinta, setiap hari hanya nyari kekurangannya dan memberinya hinaan.
  20. Pengenku, Aku iso muter wektu. Supoyo aku iso nemokne kowe lewih gasik. Ben Lewih dowo wektuku kanggo urip bareng sliramu, Artinya, Aku berharap, aku bisa memutar waktu kembali. Di mana aku disitu bisa lebih awal menemukan dan mencintaimu lebih lama.

Demikianlah kata-kata cinta dalam bahasa Jawa dan artinya. Kalau kamu ada ide, tolong ditambahkan di kolom komentar ya kak. Atau ada kata kata dalam bahasa indonesia yang kamu ingin kita bahasa jawakan, silakan tinggalkan kata katanya di kolom komentar ya.

Ada salah dan kelirunya, mohon maaf. Sharekan ke lewat facebook atau twittermu ya, dapatkan juga tips-tips yang bermanfaat hanya di Sebelumtidur.com.

Topik Bahasan:

Cari bahasa jawa dan artinya, kata kata cinta bahasa jawa, kata mutiara cinta bahasa jawa halus dan artinya, kata kata bahasa jawa cinta, kata bijak bahasa jawa tentang cinta, bahasa jawa kangen sama kamu, kata kata romantis bahasa jawa halus, kata cinta bahasa jawa, bahasa jawa aku cinta kamu, kata kata cinta bahasa jawa halus dan artinya. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

One thought on “20 Kata-Kata Cinta Dalam Bahasa Jawa Dan Artinya

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?