kebakaran hutan, kebakaran hutan sering terjadi di, kebakaran hutan di Indonesia

Kebakaran Hutan Sering Terjadi di Wilayah Indonesia

Posted on

Kasus kebakaran hutan sering terjadi di wilayah Indonesia, hampir setiap tahun kasus ini melanda Indonesia. Bahkan kebakaran hutan ini sudah menjadi permasalahan sejak pemerintahan Hindia Belanda.

Kasus-kasus kebakaran hutan yang telah terjadi selama ini seharusnya bisa kita jadikan sebagai pelajaran di kemudian hari. Dengan menengok kasus-kasus yang sudah terjadi di masa-masa silam bisa dijadikan referensi, bisa diteliti agar bisa dijadikan dasar pemikiran untuk melakukan upaya pencegahan di masa mendatang.

kebakaran hutan, kebakaran hutan sering terjadi di, kebakaran hutan di Indonesia

Kasus-kasus kebakaran hutan di Indonesia banyak terjadi di wilayah pulau sumatra dan Kalimantan. Adapun untuk kotanya tepatnya di Riau, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah.

Dengan terjadinya kasus-kasus kebakaran hutan yang terjadi pada wilayah yang sama bisa diambil langkah pemerintah dalam menanggulangi dan mewaspadai sebelum terjadinya kebakaran. Pemerintah pusat hendaknya bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam mengatasi masalah yang berulang ini.

Kebakaran Hutan yang Besar di Indonesia

Seperti halnya yang pernah terjadi pada tahun 1994/1995, adanya kerjasama antara negara Indonesia dengan negara Singapura dan Malaysia dalam menangani kabut asap yang telah meluas. Kerjasama tersebut berkaitan dengan penanganan kebakaran hutan dana lahan yang ada di Indonesia. Yah, tahun 1994 tersebut tercatat sebagai kebakaran besar yang melanda pulau Sumatra dan Kalimantan. Kebakaran ini terjadi akibat adanya kemarau panjang yang melanda Indonesia.

Namun tahun 1994/1995 tersebut bukanlah kebarakan terbesar di Indonesia. Dalam sejarah Indonesia, kebakaran terbesar terjadi pada tahun 1997/1998 yang terjadi hampir di seluruh pulau Sumatra dan Kalimantan. Kebakaran ini terjadi karena kekeringan dan gelombang panas yang melanda Indonesia. Besarnya kebakaran yang terjadi di tahun ini mengakibatkan lumpuhnya beberapa bandara, pelabuhan dan jalan raya di Sumatra dan Kalimantan, sehingga mengganggu roda perekonomian masyarakat. Kerugian tercatat sekitar USD 5 miliar.

Kini kebakaran hutan yang besar kembali melanda Indonesia yang berawal dari Riau, hingga meluas ke Sumatra dan Kalimantan. Sejak bulan July kemarin sampai saat ini dampak dari kebakaran hutan belum teratasi. Kali ini kabut asap pun telah menyebar ke Singapuran dan Malaysia. Dampak dari kebakaran hutan ini adanya kabut asap diduga akan terjadi sampai akhir bulan November mendatang. Karena musim kemarau akan diduga sampai akhir November.

Bencana kabut asap yang cukup lama terjadi di Indonesia ini mengakibatkan sekolah-sekolah di Kalimantan diliburkan, pelabuhan, jalan raya lumpuh. Tidak hanya sampai di situ, kali ini penduduk Kalimantan cukup banyak yang terkena ISPA. Untuk jumlah kerugian belum dihitung, karena pemerintah masih fokus dalam menangani kabut asap yang terus melanda Kalimantan.

Fakta di atas hanya memaparkan 3 kebakaran besar saja, belum kebakaran-kebaran yang terjadi tiap tahunnya di Indonesia. Melihat fakta-fakta kebakaran yang cukup besar di Indonesia ini sudah terlihat betapa besar kerugian tiap tahun yang diderita.

Peraturan Yang Belaku Di Indonesia

Untuk mencegah dan mengendalikan kebakaran hutan harus ada regulasi yang tegas dan memadai terhadap pelaku atau pihak-pihak yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan.  Peraturan yang telah dibuat tentang tindak pelaku kebakaran hutan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Peraturan yang telah dibuat diantaranya, UU No.41 Tahun 2001 Tentang Perlindungan Hutan, Permenhut No. 12/2009 tentang pengedalian Kebakaran hutan, Permen LH no. 10/2010 tentang Mekanisme Pencegahan Kerusakan Lingungan yang berkaitan dengan kebakaran hutan, Inpres no.16/2011 Tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

Wilayah-wilayah langganan kebakaran hutan ini juga perlu sebagai catatan penting dalam menindak lanjuti pengantisipasian. Pemerintah kota setempat seharusnya juga selalu siap dan waspada terhadap penyebab terjaidnya kebakaran hutan. Upaya preventif terhadap penjagaan hutan harus dilakukan dengan teliti.

Demikianlah paparan dari kami, Sebelumtidur.com terkait dengan kasus kebakaran hutan yang melanda Indonesia. Semoga bisa menjadi renungan bagi kita semua dalam upaya pelestarian lingkungan dan bagi pemerintah pusat maupun daerah dalam upaya pencegahan kebakaran hutan. Adanya pelajaran dari setiap peristiwa sehingga bisa memperbaiki upaya pencegahan dan menanggulangi kebakaran hutan.

Topik Bahasan:

Cari kebakaran hutan sering terjadi di wilayah, kebakaran hutan sering terjadi di, kebakaran hutan sering terjadi diwilayah, tahun berapakah negara kita menjadi langganan kebakaran hutan, wilayah indonesia yang sering mengalami kebakaran hutan adalah, hutan yang sering terbakar yaitu hutan di daerah, Kebakaran hutan sering terjadi di daerah, Kebakaran hutan sering terjadi di wilayah?, wilayah yang sering terjadi kebakaran hutan, daerah yang sering terjadi kebakaran hutan. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?