bacaan dzikir malam
bacaan dzikir malam

101 Bacaan Dzikir Malam Insya Allah Mustajabah Paling Dicintai Allah

Posted on

Sebelumtidur.com – Berdzikir bisa disebut sebagai ibadah yang sepanjang masa. Berdzikir artinya mengingat, dzikrullah yaitu mengingat Allah SWT. Bacaan dzikir malam ini bisa membuat hati menjadi lebih nyaman untuk pengantar tidur.

Bacaan dzikir malam latin memudahkan orang yang belum bisa membaca Al Qur’an untuk mengetahui bacaan bacaan dzikir.

Bacaan dzikir malam hari bisa menjadi penghalau setan yang ingin mengganggu saat tidur. Dengan menjaga wudhu sebelum tidur dan ditambah dengan bacaan dzikir malam insyaAllah menjadi amalan yang paling dicintai Allah SWT.

Do’a do’a dzikir lebih baik dilantunkan sebelum tidur atau menjelang tidur. Dzikir ini bisa dibaca semuanya atau sebagian saja, intinya dzikir ini bisa meningkatkan rasa keimanan kita kepada Allah SWT.

Bacaan Dzikir Malam

Mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali kita pasti akan melakukan dzikir, baik disengaja maupun tidak. Tapi ada pula yang lupa dengan dzikir, lupa bahwa semua yang dilakukan itu dilihat oleh Allah SWT, berikut ini bacaan dzikir malam hari yang bisa membantu kita untuk terus mengingat Allah SWT.

  • Surat Al Ikhlas
bacaan dzikir malam latin
Bacaan dzikir malam hari

Seorang sahabat mendengar seseorang membaca surat Al Ikhlas secara berulang ulang, hingga suatu hari dia mendatangi Rosulullah SAW dan menceritakan yang dia dengar, kemudia beliau bersabda,

”Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya surat ini sebanding dengan sepertiga Al Qur’an”. (HR. Bukhari no. 6643)

Jika membaca 1x surat Al Ikhlas sama dengan sepertiga Al Qur’an berarti dengan membaca surat Al Ikhlas sebanyak 3x sama saja dengan menghatamkan Al Qur’an. Bukan kuantitas tapi kualitas dari bacaan tersebut. Wallahu’alam.

  • Ayat Kursi

Rosulullah SAW bersabda,

“Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi, sebab ayat kursi merupakan salah satu kalamullah sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi.” (H.R. At Tirmidzi)

Bacaan dzikir malam latin untuk ayat kursi yaitu:

Allahu laa ilaaha illa huwal hayyul qayyumu. Laa ta’khudzuhuu sinauw wa laa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi. Man dzal ladzii yasfa’u ‘indahu illaa bi idznih. Ya’lamumaa baina aidihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhithununa bi syai-in min ‘ilmihi illa bi maasyaa. Wasi’a kursiyyuhussamaawaati wal ardha. Wa laa ya uu dhuhu hifhuhumaa wahuwal ‘aliyyul azhim.

Ayat kursi yaitu ayat ke 183 surat Al Baqarah. Keutamaan jika membaca ayat ini yaitu ayat salah satu dalam Al Qur’an yang keagungannya melebihi bumi dan langit. Bisa dijadikan dzikir sebelum tidur. Bisa menjadi salah satu alasan masuk surga.

“Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai sholat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian.” (H.R An Nasai)

  • Dzikir Lahaula

لا إله إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ ولهُ الْحَمْدُ وهُوَ على كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

الحمدُ للهِ، وسبحانَ اللهِ، ولا إله إلا اللهُ، واللهُ أَكْبَرُ، ولا حَوْلَ ولا قُوَّةَ إلا بِاللهِ

Bacaan dzikir malam hari yang memiliki arti:

“Segala puji bagi Allah Tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata dan tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nya lah segala kerajaan/ kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian, dan Dia Maha mampu atas segala sesuatu, segala puji bagi Allah,

Maha Suci Allah, tiada sembahan yang benar kecuali Allah, Allah Maha Besar,  serta tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah”

Bacaan dzikir diatas menjadikan kita merasa pasrah atas usaha yang telah kita lakukan, semua yang akan memutuskan adalah Allah SWT semata. Sebagai manusia kita hanya berusaha dan berdoa, selebihnya Allah SWT yang mengatur.

  • Dzikir Saat Tiba Tiba Terbangun

“Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahu Laa Syariikalahu,Lahul Mulku, Walahul Hamdu, Wahuwa ‘Alaa Kulli Syai-in Qadiir. Alhamdulillaah Wasubhanallaahu Walaa Ilaaha Illallaahu Wallahu Akbar, Walaa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaahi”

kemudian ia berdoa “Ya Allah, Ampuni Aku” atau berdoa pasti dikabulkan doanya. Jika ia berwudhu dan shalat, pasti diterima shalatnya.” (HR. Al-Bukhari).

Hadits tersebut menjelaskan bahwa ketika tiba tiba kita terbangun dan mengucapkan bacaan dzikir malam hari maka akan diterima dan mengabulkan doanya. Waktu terbangun ini juga tepat jika ingin melaksanakan sholat tahajud. Waktu terbangun dengan tiba tiba saat tidur malam adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

Yukkk Berdzikir Mengingat Allah SWT .. :):)

Advertisements

2 thoughts on “101 Bacaan Dzikir Malam Insya Allah Mustajabah Paling Dicintai Allah

  1. Assalamualikum Wr. Wb.

    Mohon maaf, mungkin salah tulis, koreksi untuk Ayat Kursi bukan Albaqarah 183 tapi 255

    Jazakummullah khairan katsira

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?