cara mencuci baju yang benar dengan mesin cuci
cara mencuci baju yang benar dengan mesin cuci

Cara Mencuci Baju Yang Benar Dengan Mesin Cuci, Perhatikan Nomor 7

Posted on

Sebelumtidur.com – Mesin cuci adalah alat pembantu pekerjaan rumah yang memudahkan dalam proses mencuci pakaian. Moms harus tau nihh cara mencuci baju yang benar dengan mesin cuci supaya baju yang dicuci bersih maksimal tanpa merusak kain.

Selain cara mencuci moms juga harus tau nihh cara merawat mesin cuci yang benar karena jika cara mencuci baju yang benar dengan mesin cuci sudah dilakukan tapi mesin cuci dalam kondisi yang tidak baik maka bisa jadi pakaian yang dicuci akan terkena bakteri dari mesin cuci.

Jumlah mikroba yang beresiko menimbulkan infeksi yan gberhubungan dengan pencucian dengan mesin, rata-rata sekitar 10.000 organisme dari sepasang celana yang kotor. Kontaminasi juga bisa terjadi dengan pakaian lain yang mengandung banyak kuman.

Cara Mencuci Baju Yang Benar Dengan Mesin Cuci

Cara mencuci pakaian yang baik dan benar dengan mesin cuci dapat memperhatikan langkah-langkah dibawah ini, mungkin moms sudah melakukannya, atau jangan-jangan belum, yukkk langsung saja kita bahas selengkapnya..

1. Membaca Petunjuk Perawatan Pakaian

Cara mencuci baju dengan baik dan benar diawali dengan memperhatikan perawatan untuk masing-masing pakaian. Pakaian dari bahan sutra, cotton, rayon, dan lainnya memiliki perawatan yang berbeda.

Jadi sebelum memulai mencuci maka lebih baik baca dulu cara perawatan pakaiannya.

Membaca petunjuk ini cukup sekali saja saat awal pakaian mau di cuci, pakaian-pakaian baru yang sebelumnya belum pernah di cuci. Jika pakaian sudah berulang kali dicuci maka moms bisanya sudah paham dengan cara perawatannya.

2. Memilah dan Memisahkan Pakaian

cara mencuci baju yang benar dengan mesin cuci

Pada prinsipnya masih sama, perawatan masing-masing pakaian berbeda, jadi pilahlah pakaian yang akan dicuci. Sebagai contoh pisahkan antara sprei dengan celana jeans, pisahkan pakaian putih dan pakaian berwarna yang memungkinkan luntur.

Pemilahan tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup pisahkan pakaian dengan warna gelap dan terang, serta pilah pakaian dari bahan jeans. Pakaian dalam sebaiknya dicuci di luar tidak dengan mesin cuci.

3. Tutup Ritsleting Sebelum Mencuci

Salah satu yang penting diperhatikan pada cara mencuci baju dengan baik dan benar yaitu menutup ritsleting pada celana atau baju. Ritsleting terlihat sederhana tapi ini penting untuk diperhatikan

Ritsleting yang belum ditutup bisa menyangkut pada mesin dan menjadikan pakaian robek.

Kalau pakaiannya robek kan kita yang rugi yaa moms.

Jangan sampai moms bikin kecewa buat anggota keluarga yaa hanya karena pakaian mereka rusak dengan tidak sengaja.

4. Gunakan Detejen Secukupnya

Moms, pernah gak kita berfikir kalau semakin banyak deterjen maka noda akan semakin cepat hilang??

Padahal moms kalau penggunaan deterjen terlalu banyak akan mengakibatkan pakaian cepat rusak, tidak hanya itu, dengan deterjen yang berlebih akan membuat mesin menjadi cepat rusak juga. Jadi moms lebih baik gunakan deterjen sesuai takaran yaaa.

5. Bersihkan Noda Terlebih Dahulu

cara mencuci baju yang benar dengan mesin cuci

Si kecil mungkin bermain tanah atau lumpur yang menyebabkan pakaiannya penuh noda, nahh moms kalau seperti ini lebih baik pakaian si kecil dibersihkan dulu dari noda tanah maupun kotoran lain yang menempel, seperti saus, tinta, dan lainnya.

Beberapa jenis noda harus dibersihkan dengan mencuci manual, atau juga menggunakan air panas agar noda bandel bisa hilang. Jika moms mau menggunakan cairan pembersih noda perhatikan juga yaa takarannya.

Cara mencuci pakaian yang baik dan benar dengan mesin cuci akan mendapatkan hasil maksimal kalau moms mempraktekannya dengan tepat.

6. Sesuaikan Pakaian Yang Dicuci Dengan Kapasitas Mesin

Terkadang kita lelah jika harus mencuci 2 kali, atau jumlah pakaian kotor nanggung jika mau dicuci 2 kali. Terus kita masukin semua pakaian ke mesin cuci.

Padahal moms. melakukan hal tersebut berarti memasukan beban lebih besar dari kapasitas mesin. Pastikan jangan sampai melakukannya, karena kapasitas mesin sudah diatur dan jika berlebihan akan membuat mesin menjadi cepat rusak.

Mencuci jauh dibawah jumlah kapasitas mesin juga tidak disarankan, karena nanti mesin akan bergetar kencang saat pertengahan mencuci. Getaran yang kencang ini terjadi karena tabung di dalam mesin tidak seimbang.

7. Keluarkan Cucian Segera Setelah Selesai

Cucian yang sudah selesai sebaiknya segera diambil dari mesin cuci dan segera dijemur. Moms ini penting diperhatikan karena kalau cucian terlalu lama ditinggal di dalam mesin cuci maka akan mengakibatkan cucian menjadi berbau apek.

8. Gunakan Suhu Air Dengan Tepat

SUhu air akan mempengaruhi pembersihan noda pada pakaian. Pakaian yang kotor karena noda makanan bisa dibersihkan dengan air hangat yang dicampurkan saat mencuci di mesin.

Namun tidak semua pakaian cocok dicuci dengan air hangat, jadi segera ganti air ketika sudah selesai mencuci pakaian yang membutuhkan air hangat untuk membersihkan noda.

Contoh nihh moms, ketika mencuci pakaian dengan rajutan jangan menggunakan air hangat karena rajutan bisa rusak.

 

Nahh, Bagaimana cara mencuci baju yang benar dengan mesin cuci??? Sudah mempraktekan??

Share ceritamu disini ^_^

 

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?