Cara Sholat Taubat
Cara Sholat Taubat

Niat Dan Cara Sholat Taubat Lengkap Dan Benar Serta Waktu Yang Tepat

Posted on

Sebelumtidur.com – Memohon ampunan salah satu caranya dengan melaksanakan sholat Taubat. Tata cara sholat taubat harus diketahui dengan benar agar tidak salah dalam pelaksanaan. Seseorang yang merasa dirinya melakukan dosa besar hendaknya melakukan sholat Taubat.

Waktu sholat Taubat berbeda dengan sholat biasanya. Ada waktu tersendiri yang tepat digunakan untuk melaksanakan sholat Taubat. Terkadang pemilihan waktu ini bisa menentukan kualitas sholat yang dijalani.

Tidaklah seorang hamba melakukan dosa kemudian ia bersuci dengan baik, kemudian berdiri untuk melakukan shalat dua raka’at kemudian meminta ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuninya.” H.R Tirmidzi.

Cara Sholat Taubat

Waktu Sholat Taubat
Waktu Sholat Taubat

Sholat Taubat adalah sholat sunah yang dilakukan minimal sebanyak 2 rekaat. Taubat dan taubat nasuha keduanya sama, hanya berbeda pada kalimat penyebutan saja. Taubat artinya memohon ampun, sedangkan taubat nasuha artinya memohon ampun dengan sebenar-benarnya dan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Biasanya orang yang melaksanakan sholat Taubat adalah yang mengerjakan perbuatan dosa besar. Dosa besar tersebut diantaranya syirik, membunuh, berzina, memakan harta anak yatim, korupsi, dan lain sebagainya.

Tata cara sholat Taubat sama seperti sholat sunah lainnya. Rukun sholat juga sama hanya saja niat yang ditanamkan dalam hati adalah sholat Taubat untuk memohon ampun atas dosa yang diperbuat.

“Dan (juga) orang orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” Q.S. Ali Imron: 135.

Waktu Sholat Taubat Yang Tepat

Waktu sholat Taubat yang tepat memang tidak dikhususkan seperti halnya sholat Dhuha yang hanya bisa dikerjakan pada waktu matahari mulai naik sampai sebelum wholat Dhuhur.

Waktu sholat taubat boleh dikerjakan kapan saja ketika merasa dirinya berdosa dan harus memohon ampun kepada Allah SWT. Kapan saja dalam artian tidak boleh pada waktu waktu yang dilarang untuk mengerjakan sholat. Waktu yang dilarang mengerjakan sholat yaitu :

  1. Dari terbit fajar kedua sampai terbit matahari
  2. Dari terbit matahari sampai matahari sepenggalah naik
  3. Saat matahari berada persis di tengah tengah
  4. Dari sholat Ashar sampai matahari tenggelam
  5. Saat matahari mulai tenggelam sampai tenggelam sempurna

Pada waktu waktu di atas seseorang dilarang mengerjakan sholat Taubat maupun sholat yang lainnya. Jadi waktu waktu ini harus diperhatikan dengan baik.

Doa Setelah Sholat Taubat

Setelah selesai melaksanakan sholat Taubat selanjutnya yaitu duduk berdzikir dengan kusyu untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Bacaan yang baik untuk diucapkan yaitu istighfar minimal 100x. Bisa juga ditambah sholawat nabi.

Doa diakhir sholat Taubat sangat penting, jadikan hati menjadi kusyu dan ikhlas dalam sholat dan berpasrah terhadap dosa dosa yang telah diperbuat. Memohon ampun dengan bersungguh sungguh.

Cara sholat Taubat secara keseluruhan tidak berbeda dengan sholat sunah biasa kan sahabat sebelumtidur.com . Mari sahabat kita melaksanakan sholat Taubat di waktu sholat taubat yang tepat.

Terkadang kita sudah memiliki dosa segunung tapi tidak menyadarinya. Seperti pepatah yang mengatakan

“Gajah dipelupuk mata tak terlihat, semut di sebrang lautan tampak nyata”

Kesalahan kita yang sudah banyak tidak terlihat oleh diri kita sendiri tapi kesalahan orang lain yang hanya sedikit akan sangat terlihat di mata kita. Mari jadi orang yang jujur dengan keadaan diri. Jika bersalah mengakulah dan jika benar mengakulah. Itulah sikap yang baik dan patut dicontoh.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya).” QS. At Tahrim: 8

Share Yukk …  🙂

Advertisements

One thought on “Niat Dan Cara Sholat Taubat Lengkap Dan Benar Serta Waktu Yang Tepat

  1. Sangat inspiratif tapi sayang Do’a nya kok gk dimuat ya. Trus waktu yang tepat untuk melaksanakan Sholat Taubat nya yg masih belum jelas. Mohon untuk penjelasan yang lebih detail. Terimakasih, ini sangat bagus sekali.

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?