fungsi hati pada ikan, hati pada ikan, organ tubuh ikan

Inilah 7 Fungsi Hati Pada Ikan Yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on

Inilah 7 Fungsi Hati Pada Ikan Yang Perlu Kamu Ketahui – Ikan adalah binatang yang tidak asing lagi bagi kita. Semua orang, dari berbagai kalangan baik dari semua umur, anak-anak sampai tua, kalangan kaya, miskin, pasti sudah pernah makan ikan. Selain rasanya enak, manfaat bagi kesehatan juga banyak lho.

Nah, saking dekatnya ikan pada kita semua, tak ada salahnya pada kesempatan ini kita sama-sama mempelajari hewan yang satu ini, terutama organ ikan yang bernama hati dan fungsinya.

fungsi hati pada ikan, hati pada ikan, organ tubuh ikan

Hati pada ikan hampir sama keberadaannya juga seperti hati pada manusia. Hati ikan merupakan organ penting yang mensekresikan bahan untuk proses pencernaan. Hati berukuran besar, lebih besar dari organ dalam lainnya. Organ ini merupakan suatu kelenjar yang kompak berwarna merah kecoklatan. Posisi hati berada pada rongga tubuh bagian bawah di belakang jantung dan di sekitar usus depan.

7 Fungsi Hati Pada Ikan Yang Perlu Kamu Tahu

Tahukah kamu, ternyata keberadaan organ hati pada ikan sangatlah penting. Organ hati pada ikan ini memiliki beberapa fungsi penting yang tidak bisa digantikan oleh organ lainnya. Sepeti apa pentingnya? Yuk simak sebagai berikut ini.

  1. Menghasilkan empedu. Empedu ini adalah salah satu enzim yang akan membantu dalam proses pencernaan makanan, terutama dalam memecah lemak. Empedu disimpan dalam suatu kantung, biasa disebut sebagai kantung empedu. Kantung empedu terletak di bagian depan hati. Kantung empedu ikan berwarna kehijau-hijauan dan mempunyai saluran yang menghubungkan kantung empedu dengan usus.
  2. Membantu daya absorsi lemak di usus dan mengubah zat yang tidak dapat larut dalam air menjadi zat yang dapat larut dalam air.
  3. Tempat metabolisme karbohidrat yang mencakupi sintesis, penguraian dan perubahan antar bentuk pada karbohidrat di dalam ikan.
  4. Menghancuran sel darah pada ikan. Seperti halnya pada hati manusia juga mengganti sel darah merah yang telah rusak dengan sel darah yang baru.
  5. Mempertahankan kimia darah yang sesuai pada tubuh ikan. Dalam darah ini yang terdiri dari eritrosit (sel darah merah), trombosit, hematrokit, leukosit (sel darah putih dan trombosit diatur keberadaan kimianya agar bisa bekerja dengan baik sesuai dengan perannya masing-masing.
  6. Menawarkan dan menghilangkan racun. Hati berfungsi untuk membuang dan membersihkan racun atau limbah-limbah dalam tubuh ikan. Seperti apa ceritanya? singkatnya, sirkulasi darah dalam tubuh, yang terdiri dari oksigen dan nutrisi dicerna dikirim ke berbagai organ dalam tubuh melalui darah, selanjutnya darah mengangkut produk-produk limbah dari sel ke ginjal dan hati. Lha di sinilah hati berperan.
  7. Berperan dalam mengatur kadar nitrogen dalam proses ekskresi.

Yah, itulah 7 fungsi hati pada ikan yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa memberikan ilmu dan manfaat tersendiri ya. Jika Kamu peduli pada ilmu dan teman-temanmu, bisa lho disharekan ke mereka, bisa juga lho ke saudara dan tetanggamu juga. Jangan pernah bosan untuk terus berbagi ilmu, karena kata pak Ustadz berbagi ilmu itu dapat pahala, hehe,, 🙂

Oya, Sebelumtidur.com mengucapkan, selamat tidur, selamat beristirahat ya. Semoga hari ini kita lebih baik dari hari kemarin.

Topik Bahasan:

Cari fungsi hati pada ikan, fungsi hati ikan, fungsi usus pada ikan, Fungsi Jantung pada ikan, apa fungsi hati pada ikan, fungsi hati bagi ikan, hati ikan mas, fungsi kantung empedu pada ikan, manfaat hati ikan, fungsi hati pada ikan mas. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?