kata mutiara bahasa jawa
kata mutiara bahasa jawa

11+ Kata Mutiara Bahasa Jawa Terlengkap Dan Terbaru Beserta Artinya

Posted on

Sebelumtidur.com – Kata mutiara bahasa Jawa memang memiliki arti yang mendalam, terkadang┬ákata bijak bahasa Jawa kuno ini kekuatan agar orang yang membacanya memiliki rasa yang tinggi dan mengikuti kata kata yang diucapkan.

Seberat apapun masalah yang dihadapi tapi jika disampaikan dengan kata bijak bahasa Jawa kromo yang halus akan membuat orang yang bersengketa menjadi bisa meredamkan emosi.

Kata mutiara bahasa Jawa yang diciptakan pada masa dahulu adalah bentuk dari kehalusan bahasa orang Jawa.

Orang Jawa pada zaman dahulu memiliki etika yang tinggi sehingga tidak akan menegur langsung orang yang bersalah atpi menasehatinya. Terkadang mengungkapkan cinta dengan bahasa Jawa juga membuat orang menjadi lebih merasa arti cinta.

Berikut ini kata mutiara bahasa Jawa beserta artinya:

Kata Mutiara Bahasa Jawa

Kata bijak bahasa Jawa kromo lainnya akan disajikan dalam artikel ini, yukk simak terus

Ojo gumunan, ojo getunan, ojo kagetan, ojo aleman, ojo geleman

Jangan mudah terkagum, jangan mudah kecewa, jangan mudah terkejut, jangan mudah disanjung, jangan mudah tergiur. Orang yang mudah terombang ambingkan akan merasa sakit ketika terjatuh.

Nek lagi rekoso ojo gresulo, lakonono wae dungo iku luwih becik

Ketika sedang susah jangan mengeluh, Hadapi saja, do’a itu lebih baik. Berdo’a dan berusaha adalah solusi menuju kesuksesan, jangan sering mengeluh karena itu hanya memutuskan harapan.

Ojo mabuk bondo, opo meneh mabuk dunyo, uripmu rekoso

Jangan tergila gila dengan harta, apa lagi mabuk kekuasaan dunia, hidupmu sengsara. Orang yang dibutakan dunia akan merasa hidup sendiri dalam kehidupan. Dunia tidak selamanya jadi mengejar dunia jangan sampai terlalu lalai.

kata bijak bahasa jawa kuno
Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno

Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelem ndalan

Tuhan akan memberi jalan bagi orang yang ingin berjalan menuju kebenaran. Setiap orang yang berusaha menemukan jalan kebenaran akan mendapatkan petunjuk dari Tuhan.

Nanging ora teges gampang pepes kentekan pangarep arep

Bukan berarti putus asa ketika kehabisan harapan, karena harapan selalu ada. Berharap pada Tuhan itu lah harapan yang utama karena berharap pada makhluk hanya akan membuat kecewa.

Kawulo mung sadermo, mobah mosik kersaning Hyang Kuoso

Setiap yang dilakukan hanyalah usaha dari manusia, setiap hasil akan diserahkan pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Berusaha terus entah hasilnya seperti apa, tapi hasil tidak akan pernah menghianati proses.

Aja mbedakake marang sepadha padha

Jangan membeda bedakan sesama manusia, maksudnya kita harus saling menghargai dan menghormati setiap kemampuan orang, baik kelebihan maupun kekurangan masing masing.

Manungsa mung ngunduh wohing pakarti

Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri, jika berbuat baik maka akan mendapat balasan yang baik tapi jika berbuat buruk maka akan mendapat balasan yang setimpal.

Ojo melik barang kang melok

Jangan mudah tergiur dengan kekayaan, semua memang membutuhkan uang tapi uang tidak dapat membeli kehidupan.

Golek sempurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati

Mencari kesempurnaan hidup di dunia maupun di akhirat, kita bertanggungjawab atas kehidupan kita sendiri, baik untuk kesejahteraan di dunia maupun keselamatan di akhirat.

Brojol saselaning garu

Berhasil selamat dari keadaan buruk berkat kecerdikan, jadi cerdiklah dalam menghadapi situasi sulit sehingga bisa selamat.

Kadang mripat isoh salah ndelok, kuping biso salah krungu, lambe isoh salah ngomong, tapi ati lan perasaan ora biso diapusi

Memang terkadang mata bisa salah melihat, telinga salah mendengar, mulut salah berbicara, tapi hati dan perasaan tidak dapat dibohongi. Semua kejujuran ada dalam hati kita, jika yang diucapkan berbeda dengan yang dirasakan berarti kita telah bohong terhadap diri sendiri.

Bagaimana sabahat sebelumtidur.com tentang kata bijak bahasa jawa kuno dan kata bijak bahasa jawa kromo ?? Mau puisi bahasa Jawa juga?? Semoga bermanfaat yaa. ^_^

 

Topik Bahasan:

Cari kata kata jowo tentang urip. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

2 thoughts on “11+ Kata Mutiara Bahasa Jawa Terlengkap Dan Terbaru Beserta Artinya

  1. Maturnuwun den mas….sanget nggenipun miyaraken kawruh seserepan lan daya pagripta….ing kasusastran jawi… .

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?