kegunaan internet dalam dunia perdagangan
kegunaan internet dalam dunia perdagangan

10 Manfaat Dan Kegunaan Internet Dalam Dunia Perdagangan

Posted on

Sebelumtidur.com Kegunaan internet dalam dunia perdagangan saat ini sudah banyak macamnya. Perdagangan secara online sudah marak digunakan. Puluhan website sudah banyak diciptakan untuk menjual barang secara online.

Di internet transaksi jual beli barang menjadi mudah dengan bantuan gambar dan spesifikasi yang turut dijelaskan pula untuk memberikan penjelasan yang akurat untuk barang yang dijual. Dunia perdagangan juga sudah terbiasa dengan kata reseller.

Reseller disebut juga sebagai distributor barang dari produsen agar mudah diterima oleh konsumen. Dengan begitu tugas produsen untuk memasarkan barangnya menjadi lebih mudah. Kadang reseller cukup mengoperasikan internet untuk membuat dagangannya laku keras.

Kegunaan Internet Dalam Dunia Perdagangan

Kegunaan internet dalam kehidupan sehari hari salah satunya yaitu kegunaan internet dalam dunia perdagangan. Berikut ini beberapa manfaatnya yang semoga saja bisa membantu Anda membuka pikiran tentang manfaat positif dengan adanya internet.

kegunaan internet dalam dunia perdagangan

1. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Bisa kita bayangkan berapa banyak pasang mata yang melihat postingan Anda di sosmed, facebook misal. Banyak sekali bahkan sampai berjuta-juta pasang mata melihatnya.

Orang dari berbagai penjuru dunia mencari barang serta informasi yang dibutuhkan melalui internet, jika Anda memasangnya di internet maka kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan orang yang membutuhkan barang jualan Anda.

2. Efektivitas Tempat

Dunia perdagangan prinsip efektif dan efisien sangat diperhatikan karena berbanding lurus dengan keuntungan yang akan diperoleh.

Dengan memanfaakan internet seorang pengusaha tidak membutuhkan banyak kantor untuk membuka tempat distribusi.

Cukup dengan mengendalikan barang produksi untuk sampai ke konsumen dengan media antar barang yang bisa kita atur lewat internet.

3. Efisiensi Biaya

Kegunaan internet sebagai media komunikasi akan membuat pengeluaran kantor dapat diminimalisir. Kenapa??

Karena tidak dibutuhkan lagi surat menyurat yang pengirimannya membutuhkan biaya, cukup dengan memfoto surat tersebut, atau men-scan nya lalu mengirim gambarnya ke orang yang dituju.

Cara tersebut akan menekan biaya akomodasi pengantaran surat. Selain itu dengan internet, pengusaha tidak membutuhkan banyak karyawan untuk mengelola toko nya. Dengan begitu biaya gaji karyawan dapat ditekan.

4. Harga Jual Yang Rendah

Dengan pengeluaran kantor yang dapat ditekan dengan penggunaan internet maka harga barang yang dijual pun akan lebih murah. Keuntungan yang diambil sudah cukup untuk memenuhi target yang harus dicapai perusahaan.

Harga jual yang rendah juga akan mempengaruhi kepuasan konsumen, konsumen yang puas berkesempatan besar untuk mengulang order yang pernah dibuat sebelumnya.

5. Memudahkan Pembeli

Pembeli atau konsumen akan merasa diberi kemudahan dalam pemesanan maupun dalam memperoleh informasi mengenai barang yang akan dia beli.

Ketika akan membeli barang maka konsumen tersebut cukup membaca keterangan yang telah dicantumkan pada iklan yang dipasang. Biasanya iklan disertai dengan kontak yang dapat dihubungi jika ada pertanyaan dari konsumen.

6. Mempermudah Transaksi Pembayaran

Pembeli yang sudah sepakan untuk membeli barang yang ditawarkan cukup mentransfer harga yang telah disetujui. Transfer dengan media internet atau e-banking sudah umum digunakan.

Pemilik tabungan tinggal mendaftarkan tabungannya ke e-banking sesuai dengan bank yang dia gunakan, biasanya bank sudah menyediakan fasilitas e-banking ini. Pembayaran dengan e-banking lebih cepat dan aman.

kegunaan internet dalam dunia perdagangan

7. Media Promosi

Internet yang di dalamnya ada website, sosial media, dan lainnya dapat membantu pengusaha dalam mempromosikan dagangannya.

Tidak hanya satu akun dalam setiap aplikasi sosmed tapi bisa 2-3 akun dalam satu aplikasi, sehingga ketika satu akun tidak dipilih oleh pembaca maka mungkin saja akun yang lain dibaca.

Semakin banyak akun yang dimiliki di sosial media maka semakin besar peluang untuk dagangan kita dapat dibaca dan ditemukan orang.

8. Menjadi Sarana Iklan

Untuk membuat produk yang dimiliki lebih dikenal banyak orang maka biasanya pada pembisnis menempelkan iklan pada website yang ramai dikunjungi banyak orang, bisa juga dengan mengiklankan lewat sosial media seseorang yang memiliki follower banyak.

Kegunaan internet dalam kehidupan sehari hari sebenarnya melekat selalu dengan diri kita karena tanpa disadari kita selalu mengoprasikan internet untuk menunjang kebutuhan kita.

9. Menciptakan Peluang Bisnis Internasional

Tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis yang dikelola dengan internet dapat menjangkau menjadi bisnis internasional. Semua orang terhubung dalam internet yang tentunya orang yang memiliki akun di suatu aplikasi sosial media yang kita juga ada di dalamnya.

Peluang bisnis internasional dimulai dari iklan atau promosi yang kita lakukan di laman internasional.

10. Memudahkan Komunikasi Bisnis

Kegunaan internet sebagai media komunikasi adalah fungsi yang utama. Dua orang atau lebih yang berkomunikasi tidak harus bertatap muka secara langsung, tapi juga bisa menggunakan media chatting. Media ini bisa mengirimkan text, vidoe, gambar, dokumen, serta peta lokasi.

Tidak akan direpotkan dalam hal komunikasi dengan media internet, asalkan perangkat yang kita gunakan sudah memadai dan jaringan serta kuota internet juga memadai.

 

Bagaimana tanggapan Anda tentang artikel kegunaan internet dalam dunia perdagangan??

Mungkin Anda memiliki opsi lain, ceritakan disini !!

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?