kewajiban anak terhadap orang tua setelah menikah
kewajiban anak terhadap orang tua setelah menikah

6 Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua Menurut Islam, Harus Dilakukan

Posted on

Sebelumtidur.comKewajiban anak terhadap orang tua menurut Islam selama anak tersebut masih hidup. Marilah sobat kita laksanakan semua perintah Allah SWT dengan hati yang ikhlas dan penuh dengan semangat.

Kewajiban anak terhadap orang tua dalam keluarga tidak terlepas dari bahaya yang akan datang ketika sobat melalaikannya. Orang tua adalah mereka yang telah membesarkan kita, mencurahkan kasih sayang serta memberikan apa saja yang dimiliki untuk kita.

Pengorbanan yang sungguh dalam pantasnya mendapat penghargaan yang tinggi. Walalupun sebagai anak kita tidak dapat membalas budi orang tua, tapi setidaknya kita berusaha memenuhi kewajiban anak terhadap orang tua menurut Islam.

Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua Menurut Islam

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang tua ibu bapaknya;

Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu.” Q.S. Lukman: 14

kewajiban anak terhadap orang tua menurut islam

Sobat sebelumtidur.com yang semoga selalu mendapat ridho Allah SWT, mari kita mengingat betapa susah dan payahnya ibu saat mengandung kita.

Kepayahannya terus bertambah, beban di perut yang semakin bertambah dan badan yang mulai cepat lelah.

Belum lagi saat dia akan melahirkan, nyawa dia taruhkan demi kita agar bisa menatap dunia. Kelahiran yang sangat menyakitkan, yang tentunya juga penuh perjuangan.

Bapak kita yang membiayai persalinan serta merawat ibu saat mengandung, semua biaya yang tidak murah itu dia keluarkan demi melihat anak yang dia tunggu-tunggu.

Kelahiran bukanlah akhir dari kepayahan tapi awal dari mengurusmu untuk tumbuh menjadi orang yang sukses.

Mereka rela lapar demi mengenyangkanmu, mereka rela tidak tidur demi menidurkanmu, mereka mendahulukan kesenanganmu di atas kesenangan mereka.

 

“Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “uf” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. QS. Al-Isra: 23-24

Kewajiban anak terhadap orang tua dalam keluarga sepatutnya dilaksanakan dengan sepenuh hati yaa sobat. Yukk kita simak dan kita laksanakan.

1. Taat Pada Orang Tua

Anak wajib mentaati orang tua dalam banyak hal termasuk didalamnya pengalaman hidup dan kearifan yang dilakukan orang tua.

“Tidak ada ketaatan dalam mendurhakai Allah. Sesungguhnya ketaatan itu ada hanya di dalam melakukan kebaikan”  H.R. Bukhari

Ketaatan yang dimaksud yaitu taat dalam hal kebaikan bukan keburukan yang menyimpang dari ajaran Islam. Sebagai contoh ketika Nabi Ibrahim menentang orang tuanya yang dia rasa menyimpang karena orang tuanya menyembah berhala.

Berhala yang mereka buat sendiri lalau mereka sembah sendiri. Itu perbuatan yang tidak dapat dibenarkan menurut Nabi Ibrahim sebelum beliau diangkat sebagai seorang nabi.

Beliau meluruskan jalan orang tua nya yang menuju kesesatan walaupun beliau dianggap menentang.

2. Mendoakan Orang Tua

Hayooo sobat sebelumtidur.com siapa yang belum hafal doa untuk kedua orang tua??? Kalau belum hafal tenang ini ada doanya.kewajiban anak terhadap orang tua setelah menikah

Doakan kedua orang tua setiap waktu beri mereka semangat ketika sudah berusia renta. Minimal setelah sobat selesai mengerjakan sholat wajib yang 5 kali sehari. Kebaikan itu nantinya akan kembali pada diri sobat.

Jika sering mendoakan nanti IngsyaAllah anak-anak sobat juga akan mendoakan sobat sebagai orang tuanya.

3. Menjauhkan Hal Yang Tidak Disukai Orang Tua

Sebagai anak yang setiap hari bertemu dengan orang tua, kecuali mereka yang tidak dirawat orang tua dari kecil, pastinya mengerti dan paham betul dengan hal-hal yang disukai maupun yang tidak disukai oleh orang tua.

Jangan sekali-kali mencoba memancing kemarahan orang tua dengan melakukan hal yang tidak disukai orang tua.

Cobalah menjaga perasaannya dan terus mendekatkan diri pada mereka, melalui kedekatan ini akan membuat sobat lebih mudah ketika menyampaikan pendapat.

4. Menafkahi Orang Tua Jika Mampu

Kewajiban anak terhadap orang tua dalam keluarga salah satunya yaitu menafkahi orang tua. Kondisi ini tidak memaksa tapi hendaknya dilakukan. Saat sobat sudah memiliki penghasilan yang cukup maka alangkah lebih sisihkan penghasilan tersebut untuk orang tua.

Orang tua pasti sangat senang ketika ikut menyicipi penghasilan anaknya. Mungkin beberapa orang tua tidak mengharapkan ini tapi jika diberi pun mereka pasti akan merasa senang.

Kamu dan hartamu milik ayahmu” H.R. Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majah

Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua Setelah Menikah

Memang tidak seperti biasanya, ketika seorang anak sudah menikah maka kewajiban anak terhadap orang tua setelah menikah akan bertambah dan sedikit berbeda. Sobat sebelumtidur.com wajib mengikuti ini agar tidak terjerumus pada kedurhakaan.

kewajiban anak terhadap orang tua menurut islam

5. Mengajak Istri Untuk Menjaga Ibunya

Semakin lama orang tua kita akan menjadi lemah dengan usia yang terus menggerogoti. Dulu kita yang selalu ditimang dan dimanja, tapi tenang, orang tua tidak butuh dimanja apalagi ditimang. Mereka hanya butuh pengertian kita untuk menyayangi mereka dan tidak melupakan mereka walaupun kita sudah menikah.

Anak laki-laki yang sudah menikah wajib mengajak istrinya untuk ikut menjaga orang tuanya, karena pada dasarnya orang tua suami adalah orang tua istri juga.

Ketika keputusan menikah sudah diambil berarti harus siap dengan segala kondisi yang dimiliki calon suami maupun calon istri.

Di masyarakat pada umumnya antara istri dengan mertua banyak masalah. Mertua merasa anak laki-lakinya direbut istri, sedangkan istri merasa suaminya masih bergantung pada ibunya. Ini adalah kondisi psikologis perempuan yang harus dipahami. Tidak boleh menyalahkan tapi harus diberi pengertian pada masing-masing.

6. Berlaku Adil Untuk Orang Tua Dan Suami Atau Istri

Kewajiban anak terhadap orang tua menurut Islam selanjutnya yaitu berlaku adil. Berlaku adil bukanlah hal yang mudah. Tidak setiap orang bisa melaksanakan, apalagi yang berhubungan dengan pasangan kita dan orang tua kita. Terkadang sikap seseorang berubah setelah menikah. Perubahan ini karena ada andil dari pasangan.

Pasangan yang baik pasti tidak akan menjauhkan diri dan pasangan dari orang tua nya. Kebutuhan istri dan kebutuhan orang tua harus dipenuhi dengan adil oleh seorang suami.

Diriwayatkan bahwa Aisyah R.A bertanya kepada Rosulullah SAW, “Siapakah yang berhak terhadap seorang wanita?” Rosulullah menjawab: “Suaminya” (apabila sudah menikah), Aisyah R.A bertanya lagi, “Siapakah yang berhak terhadap seorang laki-laki?” Rosulullah menjawab: “IbunyaH.R. Muslim.

Sudah kewajiban anak terhadap orang tua setelah menikah yaitu berlaku adil agar kerukunan rumah tangga selalu menyertai dan ridho Allah pun didapat dengan ridho dari orang tua. Aamiin.

 

Nahhh, itu tadi ulasan tentang kewajiban anak terhadap orang tua menurut Islam, sudahkah kita melakukannya??

Share yukk ==>

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?