kunci kesuksesan dalam islam
Kunci kesuksesan dalam Islam

Sukses Dunia Akhirat? Why NOT?

Posted on

Sebelumtidur.com – Mau hidup sukses dunia akhirat? “Kalau ngejar akhirat terus gimana sama hidup di dunia? Kan butuh makan juga !” Ini dia yang salah kaprah dari banyak orang. Kamu harus tau Kunci Kesuksesan Dalam Islam.

Memang semua orang menginginkan sukses dunia dan akhirat tapi semua itu hanya ada di mulut saja, belum ditancapkan dalam hati dan belum ditunjukan dalam tindakan. Sukses dalam Islam harus dimaknai dengan dalam agar tidak salah kaprah.

Ayat alquran tentang kesuksesan

“Hai orang-orang yang beriman, ruku’lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.” (Q.S. Al Hajj: 77)

Kunci Kesuksesan Dalam Islam

Nahh kali ini kita akan bahas sukses dalam Islam, apa saja itu dan bagaimana akan kita bahas disini !!

1. Menetapkan Niat Ibadah

sukses dalam islam
Sukses Dalam Islam

Menetapkan niat untuk menjadi sukses adalah langkah pertama untuk menuju kesuksesan itu sendiri. Niat itu akan menjadi penentu akhirnya nanti. Ingin sukses karena mau memamerkannya pada orang lain tentu sudah salah niat. Niatkan sukses untuk mencari ridho Allah.

“Sesungguhnya semua amalan yang dilakukan itu terjadi dengan niat, dan setiap orang mendapatkan apa yang dia niatkan.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Saat kita niatkan sukses dunia  akhirat maka semua yang akan dilakukan dilandasi dengan niat tersebut. Menuju akhirat yang baik maka dunia akan mengikutinya.

Jangan takut tentang apapun di dunia, karena dunia adalah tempat yang fana. Dan tempat kembali yang paling baik adalah surga Allah yang kita akan tinggal abadi di sana.

2. Menuntut Ilmu dengan Sungguh Sungguh

Menuntut ilmu tidak ada ruginya bagi seorang manusia. Untuk mencapai sukses dunia harus dengan ilmu, untuk sukses di akhirat juga harus dengan ilmu.

Menuntut ilmu hukumnya wajib untuk semua umat muslim di dunia. Seseorang yang memiliki ilmu akan sukses di bidangnya. Seperti perkataan yang disampaikan oleh Imam Syafi’i,

“Barangsiapa yang menginginkan kesuksesan dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan barangsiapa menghendaki sukses akhirat hendaklah diraihnya dengan ilmu.”

3. Silaturahmi dengan Sesama

Silaturahmi bisa dilakukan dengan memberi kabar setiap saat pada teman dan kawan kita. Di jaman modern saat ini sudah banyak aplikasi sosial media yang bisa membantu kita untuk bersilaturahmi. Fitur fitur media sosial memanjakan kita dan mempermudah untuk berkomunikasi dengan teman yang jauh.

Tapi apa cukup dengan media sosial saja? Tentu tidak. Kunjungilah dirinya dan sempatkan waktu untuk melakukannya. Yaa silaturahmi bisa memberikan kita pencerahan, saat ada banyak orang yang bilang “kurang piknik” mungkin sebenarnya itu kamu kurang berkunjung ke tempat saudaramu.

“Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi.” (HR Imam Bazar, Imam Hakim)

4. Selalu Bersyukur

ayat alquran tentang kesuksesan
Ayat Alquran tentang kesuksesan

Bersyukur adalah rasa yang ada dalam hati untuk berterima kasih pada Allah atas nikmat yang dia berikan. Bersyukur selain bisa dipakai untuk kunci kesuksesan dalam Islam ternyata dengan bersyukur juga bisa menjadi kunci kebahagiaan dalam keluarga.

Hidup di dunia harus dengan bersungguh sungguh, bekerja dengan baik dan selalu menyertainya dengan tindakan agama, maka hidup di dunia bisa digenggam. Dalam hidup hanya ada 2 hal yang perlu dilakukan yaitu bersyukur dan bersabar.

Syukur saat diberi nikmat dan sabar saat diberi ujian,

“Jika kamu bersyukur pasti akan aku tambah (nikmat-Ku) untukmu dan jika kamu kufur maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih” (QS Ibrahim: 7)

5. Mendoakan Saudara Sesama Muslim

Kalau boleh tanya kapan nihh terakhir mendoakan sesama saudara? Alhamdulillah kalau sudah setiap hari dan menjadi kebiasaan.

Sebenarnya doa itu adalah cermin yang akan berbalik pada diri kita, jadi perbanyak mendoakan orang lain agar diri kita menjadi orang baik seperti doa doa yang telah dipanjatkan untuk saudara.

Apalagi mendoakan saudara muslim yang sudah meninggal, kasian mereka yang sudah tidak bisa beramal lagi, jadi berdoalah agar mereka mendapat tempat terbaik disana, dan doakan agar diringankan siksanya jika dia sedang disiksa.

6. Mulai Berubah

Yaa ini kunci sukses dalam Islam yang sesungguhnya. Kamu harus berubah, jangan stag di satu posisi dan menikmatinya sampai terlena.

Orang yang mau sukses berarti harus berubah untuk menjadi lebih baik. Contoh, biasanya tidak pernah sholat dhuha, mulai sekarang sholat dhuha, minimal banget 2 rekaat per hari. Sholat dhuha bisa melancarkan rejeki, rejeki sehat dan sempat.

Rejeki memang sudah diatur dari sana (dari Allah) tapi juga harus mengusahakannya. Berubah untuk memulai menjadi pribadi yang lebih baik dan pribadi yang lebih terbuka sehingga menerima perubahan.

Sekaligus memanfaatkan perubahan tersebut menjadi peluang yang bisa diambil kesempatan untuk sukses.

7. Doa Setiap Waktu

“Inilah the power of doa”

Berdoa setiap waktu tanpa mengenal kata nanti. Bangun tidur berdoa dan bersyukur karena masih bisa bangun dari tidur, bayangkan aja kalau tidur terus gak bangun di esok harinya. Mau beraktivitas berdoa lagi dan memasrahkan semua yang dilakukan karena beribadah kepada Allah.

Saat mau tidur pun begitu, berdoa agar esok bisa terbangun lagi dan bisa mengais rejeki lagi dimudahkan segala rencananya.

”Katakanlah: ”Bahwasanya aku hanyalah seorang manusia seperti kamu, diwahyukan kepadaku bahwasanya Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa, maka tetaplah pada jalan yang lurus menuju kepada-Nya dan mohonlah ampun kepadaNya. Dan kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang mempersekutukanNya.” (QS Fushshilat : 6).

 

Begitu yaa sobat sebelumtidur.com tentang kunci kesuksesan dalam Islam, praktekan selalu agar kamu bisa sukses dunia akhirat. Aamiin Aamin Yaa Robbal’alamin.

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?