Macam macam waqaf dan contohnya
Macam macam waqaf dan contohnya

7 Macam Macam Waqaf dan Contohnya, Disertai Cara Membacanya

Posted on

Sebelumtidur.com – Sobat sudah terbiasa membaca Alquran kan, nahh pasti tau kalau dalam bacaan Alquran ada tanda tanda kecil selain dari harokat yang menyertai huruf hijaiyah. Tanda tanda kecil ini bermakna berbeda beda. Kali ini kita akan membahas Macam Macam Waqaf dan Contohnya yaa.

“Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.(Al-Ma’idah: 15-16).

Sesuai firman Allah diatas kita harus membaca dan memaknai tentang bacaan bacaan yang ada di Alquran. Tanda waqaf dan contohnya harus diperhatikan, begitu juga dengan tanda washal.

Macam Macam Waqaf dan Contohnya

Mempelajari Al Quran memang tiada habisnya bahkan saat ini ada Metode menghafalkan Alquran semudah tersenyum. Mau coba?

Waqaf artinya adalah berhenti. Jadi dalam membaca Alquran kalau ada tanda baca waqaf berarti harus berhenti, baik itu berhenti sejenak atau berhenti keseluruhan dan melanjutkan kembali. Letak tanda waqaf bervariasi, bisa ditengah ayat, diawal ayat, bisa juga di akhir ayat. Yukk sekarang simak tanda waqaf dan contohnya,

1. Waqaf Saktah

Tanda waqaf saktah yaitu (ساكته) tanda waqaf (س) yang artinya cara membaca waqaf saktah berhenti sejenak tanpa bernafas. Ketika menemukan tanda ini berarti harus  berhenti tapi tidak boleh menarik nafas. Tanda waqaf saktah hanya ada 4 saja di dalam Alquran. Salah satu contohnya yaitu:

Pengertian Macam-Macam Tanda Waqaf dan Contohnya

(Q.S. Yaasin: 52)

Ketika ada tanda tersebut berarti membacanya waqiilamarr (berhenti sejenak tanpa nafas lalu lanjut membaca) raaqii.

2. Waqaf Jaiz

Tanda dari waqaf jaiz yaitu (ج) artinya boleh berhenti dan juga boleh melanjutkan, tergantung dari kekuatan nafas yaa, misal nafas sudah mulai habis lebih baik berhenti kalau masih panjang nafas bisa langsung. Contoh bacaan:

Pengertian Macam-Macam Tanda Waqaf dan Contohnya

(Q.S. Az Zukhruf: 35)

Ada dua tanda waqaf jaiz disana, bisa berhenti bisa juga lanjut.

3. Waqaf Lazim

Tanda dari waqaf lazim yaitu (م) yang artinya harus berhenti. Waqaf ini disebut juga dengan waqaf sempurna. Kenapa? karena letak dari waqaf ini selalu diakhir kalimat, jadi kalimat bisa sempurna. Selain itu juga tidak ada tanda penghubung dengan kalimat selanjutnya, Contoh bacaan:

Pengertian, Macam-Macam, Tanda Waqaf dan Contohnya

(Q.S. Al Anam: 20)

Pada baris pertama kita lihat ada tanda (م) jadi harus berhenti menjadi abbnaaaa ahum lalu dilanjut dengan alladzii

4. Waqaf Waslu Ula

Tanda waqaf waslu ula yaitu (صلى) artinya diutamakan melanjutkan, jadi ketika membaca Alquran menemukan tanda tersebut lebih baik dilanjutkan membaca dan tidak berhenti di tanda ini. Tapi boleh juga berhenti ketika nafas benar benar habis, walaupun dilanjutkan itu lebih utama. Contoh bacaan:

Cara berwaqaf cara waqaf

(Q. S. Az Zukruf: 44)

Ada tanda waqaf waslu ula jadi bisa dibaca waliqoulikawasaufa …. melanjutkan lebih baik.

5. Waqaf Waqfu Aula

Tanda waqaf waqfu Aula yaitu (قال) artinya diutamakan berhenti, berhenti lebih baik pada tanda (قال), termasuk dalam tanda waqaf jadi lebih baik berhenti yaa. Contoh bacaan:

Jenis atau macam-macam waqaf beserta contohnya

(Q.S. Al Maidah: 38)

Ada tanda waqaf bisa dibaca minallah berhenti lalu melanjutkan bacaan wallahu….

6. Waqaf Mu’anaqah

Tanda waqaf mu’anaqah yaitu  (.’. ….  .’.) artinya berhenti disalah satu tanda titik tiga tersebut, Ingat tidak boleh berhenti dikedua tanda cukup satu saja yaa danjuga tidak boleh melewatkan keduanya dengan membaca terus, harus berhenti di salah satu tanda.

Tanda titik tiga ini pasti berpasangan, yaitu ada dua, jadi kalau menemukan tanda titik tiga pasti selanjutnya ada tanda itu lagi, cara membaca waqaf mu’anaqah benhenti di salah satunya.

. Contoh bacaan:

Cara mewaqafkan lafadz al qur'an

(Q.S. Al Baqarah: 2)

Bisa berhenti dengan laaroibafiih atau laaroib tapi tidak boleh berhenti di keduanya yaa.

7. Waqaf Laa Washal

Tanda dari waqaf laa washal yaitu (لا) yang artinya tidak boleh berhenti. Jadi ketika membaca Alquran menemukan tanda ini harus berhenti yaa, contohnya yaitu:

Pengertian, Macam-Macam, Tanda Waqaf dan Contohnya

(Q.S. An Nahl: 32)

Ada tanda (لا) diantara huruf nun dan ya, jadi diwaqaf menjadi Thoyyibin, berhenti lalu lanjut membaca yaquuluu…

 

Begaimana sobat sebelumtidur.com tentang macam macam waqaf dan contohnya? sudah mulai paham yaa,

Yukk belajar Alquran dengan baik dan jangan lupakan tanda waqaf dan contohnya yaa, cara membaca waqaf juga diperhatikan.

Selamat mencoba….. :):)

Topik Bahasan:

Cari contoh tanda waqof QoFa. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

8 thoughts on “7 Macam Macam Waqaf dan Contohnya, Disertai Cara Membacanya

  1. Ada yg salah tulis di waqof laa washol. Harusnya tidak boleh berhenti, bukan harus berhenti

  2. Biasanya saya menemukan titik tiga tapi hanya satu buah saja dalam suatu kalimat. Itu sebaiknya bagaimana?

  3. Aku pikir ayat pertama di nomer 1 itu surah Al Qiyamah ayat 27😅kalau Yassin ayat 52 bkn yang itu😅 Afwan klo ane salah

  4. Assalamualaikum kak, bisa di kasih QS apa dan ayat berapa? Yang hanya ada satu wakaf muroqobah? Karena biasanya selalu dua kak. Coba di teliti lagi kak, mungkin tidak sengaja tak terlihat oleh kakak. Terimakasih, wassalamualaikum

  5. Assalamualaikum kak mimim. Punten coba di lihat lagi tulisannya saya rasa banyak yang keliru, termasuk penulisan materi dan contoh. Maaf jika saya salah silahkan di ingatkan. Wassalamualaikum

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?