Nama nama surga dan artinya
Nama nama surga dan artinya

8 Nama Nama Surga dan Artinya Serta “Calon Penghuninya”

Posted on

Sebelumtidur.com – Surga adalah tempat yang dikenal dengan segala kenikmatannya, tempat manusia manusia baik berkumpul. Tapi tau kah kamu kalau surga ada banyak pintunya? Nama nama surga dan artinya akan kita ulas disini beserta nama nama pintu surga yang menyertainya.

8 pintu surga dan penghuninya menurut para ulama surga didalamnya ada banyak pohon kurma dan anggur, sebagian lagi mengatakan bahwa surga adalah tempat yang rindang dengan banyak pohon pohon lebat yang menaunginya.

Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik yaitu surga dan tambahannya kenikmatan melihat Allah“. (Q.S. Yunus: 26)

Maka tidak seorang pun mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka, yaitu [bermacam-macam nikmat] yang menyenangkan hati sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.(Q.S. As-Sajdah: 17)

Nama Nama Surga dan Artinya

Bersyukur dengan nikmat yang telah diberikan Allah di dunia dan bersabar ketika menghadapi ujian. Sabar tidak muncul dengan sendirinya yaa, ada cara melatih kesabaran menurut Islam yang patut kamu pelajari. Yaa orang sabar masuk surga, ada pepatah seperti itu, yukk kita simak nama nama pintu surga,

1. Surga Firdaus

nama nama pintu surga
Nama nama pintu surga

Allah menciptakan surga firdaus diperuntukan bagi orang orang yang memelihara amanat yang dipikulnya, yaa kita tau sendiri bahwa setiap orang akan dimintai pertanggungjawaban atas beban yang ditanggungnya. Orang yang memelihara sholat akan masuk ke surga firdaus juga.

Sesungguhnya orang orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh bagi mereka adalah surga firdaus menjadi tempat tinggal.” (Q.S. Al Kahfi: 107)

Dan orang orang yang memelihara sholat. Mereka itu adalah orang orang yang akan mewarisi surga firdaus, mereka kekal di dalamnya(Q.S. Al Mu’minuun: 9-11)

Calon penghuni surga firdaus yang lainnya yaitu orang orang yang menghindari dari perbuatan sia sia seperti tidak memanfaatkan waktu dengan baik. Orang orang yang menjaga kemaluannya kecuali pada istri istri mereka juga akan diberi ganjaran surga firdaus.

2. Surga Adn

Yaitu surga ‘adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang orang yang bertakwa.” (Q.S. An Nahl: 31)

Pengen masuk surga ‘adn? Amal apa yang bisa dibanggakan dan bisa menjamin dirimu masuk ke surga ‘adn? Kalau merasa belu memiliki bekal yang cukup yukk kita perbaiki amal sehingga akan membawa diri ke surga, tentunya dengan ridho Allah semata.

Calon penghuni surga ‘adn diantaranya orang yang mencari keridhoan Allah, orang yang bertaubat, beriman, dan beramal sholeh, serta orang yang benar benar bertakwa.

3. Surga Darussalam

Nama nama surga dan artinya selanjutnya yaitu surga darussalam. Surga darussalam akan dihuni oleh orang yang kuat iman dan islamnya, orang yang memperhatikan ayat ayat Alquran serta mengamalkannya. Nahh ini bisa memberi pelajaran bagi kita kalau memahami ayat Alquran jangan setengah setengah tapi harus memahaminya secara kaffah dan mengamalkannya.

Dan Allah menyeru manusia ke Darussalam yaitu surga dan memimpin orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus(Q.S. Yunus: 25)

Menyiarkan agama Allah walaupun hanya 1 ayat. Yaa sebenarnya satu ayat memiliki makna yang luas dan diamalkan dengan sungguh sungguh.

4. Surga Na’iim

Surga na’iim diciptakan Allah untuk orang yang beriman dan beramal sholeh, orang yang bertakwa pun akan bisa masuk ke surga na’iim.

Sesungguhnya orang orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh, bagi mereka bakal mendapatkan surga yang penuh dengan kenikmatan.” (Q.S. Al Hajj: 56)

“Maka orang orang beriman dan mengerjakan amal sholeh ada di dalam surga yang penuh kenikmatan.” (Q.S. Al Luqman: 8)

Pada intinya orang ynag beriman dan beramal sholeh akan bebas memilih pintu surga mana yang ingin dia masuki.

8 pintu surga dan penghuninya
8 pintu surga dan penghuninya

5. Surga Khuldi

Kaum yang masuk dalam surga khuldi adalah mereka yang selalu mematuhi perintah Allah, perintah Allah sudah ada di dalam Alquran dan tertulis dengan jelas. Perintah yang jelas itu jangan sampai dilalaikan yaa.

Orang yang menjauhi larangan Allah juga akan masuk pada surga khuldi. Menjauhi godaan duniawi yang penuh dengan kenikmatan sesaat. Kuatkan iman yaa ketika merasa diri imannya lemah dan penuh dengan kebimbangan.

Katakanlah, apa siksa yang seperti itu yang baik atau surga yang kekal, yang talah dijanjikan kepada orang orang yang bertakwa, sebagai balasan dan kediaman kembali mereka(Q.S. Al Furqon: 15)

6. Surga Muqoomul Amiin

Nama nama surga dan artinya selanjutnya yaitu surga muqoomul amiin. Tidak sembarang orang mampu memasuki pintu surga ini, yaa, calon penghuninya adalah orang orang yang keimanannya telah mencapai tingkat muttaqin. Tingkat muttaqin adalah tingkatan ketakwaan seseorang yang paling tinggi.

Orang yang bertakwa yaitu orang orang yang meyakini Allah dengan sepenuh hati, menjauhkan diri dari perbuatan syirik dan patuh dengan segala perintah Allah.

Sesungguhnya orang orang yang bertawakal tinggal di dalam tempat yang aman yaitu surga (Q.S. Ad Dukhan: 51)

7. Surga Ma’wa

Surga ma’wa bagian dari 8 pintu surga dan penghuninya, yang kelak akan dihuni oleh orang yang beriman dan orang orang yang takut akan kebesaran Allah.

Orang yang menahan diri dari nafsu yang buruk serta mampu mengendalikan diri adalah orang yang dirindu surga ma’wa. Yaa orang yang paling kuat memang bukan orang yang mampu mengalahkan orang lain dengan kekuatan ototnya.

Orang yang kuat adalah orang yang mampu menahan dirinya dari marah dan terbujuk rayuan nafsu.

Maka sesungguhnya surga ma’wa lah tempat tinggalnya.” (Q.S. An Nazi’at: 41)

Adapun orang orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh, maka bagi mereka mendapat surga surga tempat kediaman, merupakan pahala pada apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. As Sajadah: 19)

8. Surga Daarul Muqoomah

Nama nama pintu surga yang terakhir kita bahas yaitu surga daarul muqoomah, surga ini diperuntukan bagi kaum yang sering berbuat kebaikan. Kebaikan yang dilakukan tidak mengharapkan pamrih dan imbalan.

Calon calon penghuninya juga termasuk dalam orang yang jarang melakukan salah. Kita paham sendiri yaa manusia memang tempatnya salah dan lupa tapi kalau berhati hati pasti bisa menghindari kesalahan.

Dan mereka berkata, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesedihan dari kami. SUngguh, Rabb kami benar benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang dengan karunia-Nya menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga), di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu.” (Q.S. Fathir: 34-35)

Bagaimana sobat sebelumtidur.com tentang nama nama surga dan artinya, sekaligus 8 pintu surga dan penghuninya?

Sepertinya kita sudah rindu dengan surga yaa, jangan sampai terlena dengan dunia yang fana, yukk terus beramal sholeh.

Topik Bahasan:

Cari nama nama surga, https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1832 W_v2LafgpU42xz2V4PxMBCmEcLPXkzrXtyXf0cMvnWZW4rRBGAQWeKxIH6EHmiw4 7a2c1bf7838f49cc3df520b7f09fa3729904d623&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme, https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1834 3mczL4zTtmjbZeik9KKV-vjH52AFo4YZeH4Lv9VnDKWjPsYHZm48oRsrrSHYxNKm 879361ba50eb974e9939c68d555ea44917c0ae36&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme, https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1840 MNQXn2KXunJ8X1GNBmQ0SUpA40Zz0QkbC2V01lkQUyPb0u-WcVYrE9ssp6FQaLBt 2caf7c46419d968431c9aaad0ef7d4639473556c&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme, Surga dan penghuninya. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

2 thoughts on “8 Nama Nama Surga dan Artinya Serta “Calon Penghuninya”

  1. Saya suka anak kecil hingga dewasa bisa belajar dgn ilustrasi gambar dan penjelasannya yg impel dan menarik i love you pull

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?