wisata alam di yogyakarta dan sekitarnya
wisata alam di yogyakarta dan sekitarnya

5 Wisata Alam Terbaru Di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Sebelumtidur.com – Menikmati wisata alam terbaru di Jogja tinggal pilih mau yang di gunung, pantai, atau yang menantang adrenaline?? Masih mikir-mikir mau wisata di Jogja?? Sudah tak usah banyak mikir karena Jogja penuh kenangan penuh wisata alam yang bikin kamu terkenang, ehh ciee.

Objek Wisata Alam Di Jogja

Wisata alam di Yogyakarta dan sekitarnya yang banyak diserbu oleh pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota bisa kamu simak disini. Setidaknya sebelum tidur bisa bayangin dulu tuhh rasanya berwisata di Jogja, siapa tau kalau pas ada yang ngajakin maen kita udah siap tuh.

Kan gak lucu juga misal diajak maen tapi kitanya malah melongo karena ndak tau tempat apaan yang mau dituju itu. Tenang gaess, Jogja tidak sekejam itu, kecuali buliian temen-temen kalau kamu belum kenal Jogja.

1. Embung Batara Sriten

wisata alam di yogyakarta dan sekitarnya

Siapkan tenaga untuk berwisata ke tempat ini. Jalanan menanjak dan berliku-liku menuju Pegunungan Baturagung Utara.

Nama embung ini bukanlah nama dewa atau dewi yang umum digunakan. Sebutan Embung Batara Sriten diberikan karena lokasi embung ini berada di Pegunungan Baturagung Utara yang kemudian disingkat menjadi Batara, tepatnya di wilayah Padukuhan Sriten.

Puncak Tugu Magir menyuguhkan pemandangan 360 derajat wilayah-wilayah di sekitarnya yang berlokasi lebih rendah.

Sejauh mata memandang terlihat bentangan Kota Klaten dengan Rawa Jombor, Kota Jogja dengan Merapi, dan deretan pegunungan Gunungkidul hingga berlanjut ke wilayah Wonogiri yang tertutup kabut tipis.

2. Gua Rancang Kencono

wisata alam terbaru di jogja

Gua Rancang Kencono adalah gua pada masa purba yang mempunyau ruang yang luas dan lapang dengan pohon klumpit. Pohon klumpit ini menjadi daya tarik tersendiri karena usianya yang diperkirakan sudah lebih dari 2 abad.

Tempat ini pernah menjadi tempat persembunyai dan pertemuan Laskar Mataram yang akan mengusir Belanda. Karena digunakan untuk merancang strategi demi tujuan mulia maka gua ini dinamakan Gua Rancang Kencono.

Gua Rencang Kencono disebut salah satu wisata alam terbaru di Jogja. Saat malam menjelang, Gua Rancang Kencono yang disinari samar cahaya bulan terlihat mistis sekaligus eksotis.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk temen-temen yang hobi nongkrong. Wisata Gua Rancang Kencono sepenuhnya dikelola oleh masyarakat Desa Wisata Bleberan.

3. Gunung Ireng

wisata alam terbaru di jogja

Hayooo angkat tangan bagi kalian yang suka hunting sunrise !! Kalian harus kunjungi Gunung Ireng, karena gunung ini disebut-sebut sebagai salah satu lokasi paling strategis buat nonton matahari terbit.

Gunung Ireng memiliki mitos yaitu katanya bukit ini dibentuk oleh Raden Bratasena yang terkenal kuat dan sakti. Raden Bratasena marah karena melihat monyet-monyet bermain di gunung berapi.

Lalu dia menendang monyet-monyet tersebut dan mengenai bebatuan. Bebatuan menumpuk-numpuk hingga terbentuklah Gunung Ireng ini.

Gunung Ireng yang merupakan objek wisata alam di jogja kita harus melestarikannya, jadi kalian jangan pernah coba-coba untuk merusak atau berbuat mesum di lokasi wisata Gunung Ireng. Gunung cantik jangan dikotori dengan ulah kalian yaa.

4. Pemandian Tirta Budi

wisata alam terbaru di jogja

Yang suka ambyur-ambyuran.. Yang suka maen air tapi males ke laut.. Wisata alam terbaru di jogja yang bernama Pemandian Tirta Budi bisa dijadikan salah satu pilihan destinasi yang tidak mengecewakan.

Pemandian Tirta Budi sering disebut juga dengan Blue Legoon karena airnya yang jernih dan berwarna kebiru-biruan yang unik mampu menarik perhatian banyak orang.

Objek wisata alam di jogja Blue Legoon ramai dikunjungi banyak orang ketika akhir pekan atau hari libur, jadi disarankan kalau niatnya mau mencari ketenangan di wisata ini kalian harus datang di luar hari-hari itu.

5. Pantai Wedi Ombo

wisata alam terbaru di jogja

Penyebutan nama pantai ini memiliki arti yaitu wedi dalam bahasa Jawa artinya pasir dan ombo yang berarti luas atau lebar. Hal tersebut sesuai dengan lokasi wisata pantai ini.

Pantai Wedi Ombo memiliki hamparan pasir yang sangat luas. Berkeliling di pantai ini membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi tenang gaess kalian tidak bakal capek karena pemandangan yang disajikan bikin mata melek dan terus pengen berjalan.

Salah satu rahasia yang mau dicritakan yaitu kalau pas dateng ke pantai ini coba dehh kalian jalan terus ke arah timur atau arah ke kiri kalau kalian menghadap ke pantai.

Disana kalian bakal nemuin karang besar pemecah ombak. Pas air laut dateng dan kena karang itu beehhhh pemandangannya cantik bangett, kalian juga bisa maen air disana yaa sekedar mandi boleh lahh.

Tapi kalian juga harus inget, jangan sendirian kesana, harus ada temen karena untuk keselamatan kalian juga sihh.

Lokasi Pantai Wedi Ombo yang sudah mepet ke kabupaten Wonogiri membuat wisata alam di Yogyakarta dan sekitarnya menjadi lebih terkenal di berbagai daerah. Pengunjung pantai ini mulai dari kota Jogja sendiri, Klaten, Wonogiri, Solo, dan dari berbagai daerah lainnya.

Dari informasi di atas, Mana wisata alam terbaru di jogja tempat favoritmu Gaess?

 

 

Advertisements

2 thoughts on “5 Wisata Alam Terbaru Di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?